Viral  

Xiaomi Bawa Teknologi RAMDISK ke Dalam Platform Ponsel Pintar

Immaku.com – Sekarang ini, kebutuhan akan kapasitas RAM di smartphone Android semakin hari semakin meningkat. Smartphone Android dengan kapasitas RAM 8GB di jaman sekarang adalah hal yang biasa saja. Bahkan ada beberapa model smartphone Android yang hadir dengan kapasitas RAM mencapai 16GB.

Berbicara mengenai RAM pada prosesor, ada berita cukup menarik datang dari salah satu perusahaan teknologi asal Tiongkok, Xiaomi. Baru – baru ini Xiaomi dikabarkan telah membawa teknologi RAMDISK ke dalam platform ponsel pintar.

Apa itu RAMDISK?

Sedikit berita, RAMDISK adalah teknologi dimana RAM dapat dijadikan sebagai penyimpanan virtual sementara. Laba menggunakan teknologi ini ialah akses terhadap acara atau software yang dijalankan semakin cepat.

Hal tersebut dapat terjadi lantaran kecepatan akses pada RAM lebih cepat dibanding dengan penyimpanan internal yang digunakan pada smartphone. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat membaca artikel perihal RAMDISK di sini.

Bukan teknologi baru

Teknologi RAMDISK sudah lama digunakan pada komputer, akan tetapi baru kali ini teknologi tersebut diterapkan di sebuah platform smartphone. Dengan Mode Uji Coba RAMDISK yang baru diperkenalkan ini, pengguna Mi 10 Ultra dapat menggunakan RAM LPDDR5 16 GB.

Sebagai contoh, smartphone Xiaomi Mi 10 Ultra menggunakan RAM LPDDR5 dan UFS 3.1 untuk penyimpanan internal. Kecepatan RAM pada perangkat ialah 44GB/s sedangkan kecepatan baca dan tulis UFS 3.1 masing-masing berada pada 1700 + MB/s dan 750 +MB/s.

Untuk menggunakan Mode Uji Coba RAMDISK pada smartphone Mi 10 Ultra, anda harus pergi ke bagian “Instalasi Kecepatan” di Game Center dan masuk ke mode Uji Coba Game untuk menginstal-nya. Sinkron klaim perusahaan, penginstalan game Peace Elite dalam mode ini membutuhkan waktu sekitar 10 detik, yang sekitar 100 persen lebih cepat dari mode penginstalan normal.

Baca Juga :  New Link Mundia Video Zambia Full No Sensor

Didukung beberapa game populer

Ketika ini, lebih dari 10 game populer telah medukung teknologi ini, termasuk QQ Speed, Glory of the King, dan Peace Elite. Kalau tidak lagi diharapkan, anda dapat dengan mudah menghapus game dari perangkat Anda dan itu akan dihapus tanpa meninggalkan file yang terfragmentasi atau memperlambat ponsel.

Namun, perlu diketahui bahwa saat baterai ponsel habis atau perangkat di-restart, game yang diinstal melalui mode RAMDISK ini akan hilang sebab disimpan di dalam RAM. Tapi, Xiaomi juga memberikan opsi untuk mentransfer game yang diinstal pada RAM ke memori flash di smartphone.