Viral  

Ulasan Anime A-Channel: Kisah Sekelompok Gadis SMA

Saat ingin melepas penat dunia nyata, terkadang aku lebih menyukai untuk menonton anime bertemakan slice of life, sebab tema ini ialah tema yang tidak terlalu berat dengan cerita tapi dapat dinikmati secara perlahan tanpa perlu paham konteks apapun. Dari sinilah biasanya aku berulang kali menemui anime slice of life cute girls doing cute things. Walaupun aku tidak membencinya, hanya saja jarang sekali yang benar-benar menarik perhatian aku secara penuh. Biasanya anime cute girls doing cute things hanya menjadi tontonan sampingan yang aku lakukan saat mengerjakan hal lainnya. Namun sekalinya aku menemui anime yang benar-benar pas dengan selera aku, maka aku eksklusif terfokus dan agar dapat lebih menikmatinya.

Beberapa anime slice of life yang sempat menarik perhatian aku ialah Azumanga Daioh, Kiniro Mosaic, Nichijou, Non Non Biyori, sampai K-On! Menonton anime itu terasa nyaman dan benar-benar melepas penat kehidupan aku, sebab aku dapat melihat sebuah kehidupan yang menarik dalam bentuk animasi. Kali ini aku mencoba melepaskan penat dengan menonton A-Channel! dan aku pikir anime ini ialah bentuk literal dari apa yang dapat kalian nantikan di sebuah anime slice of life, yaitu “kehidupan nyata para karakter”.

Anime A-Channel! sendiri adalah adaptasi anime dari komik dengan judul yang sama. Komik tersebut dibuat oleh bb Kuroda dan telah diserialisasikan melalui majalah komik Manga Time Kirara Carat semenjak tahun 2008. Adaptasi animenya sendiri diproduksi oleh Studio Gokumi pada trend semi 2011 dan sebuah OVA dirilis 1 tahun setelah penayangannya. Apakah #kaoreaders sedang mencari anime slice of life lainnya? Mari simak ulasan berikut ini dan mungkin saja anime ini dapat menjadi daftar tontonan selanjutnya!

Baca Juga :  Saints Row: How to Get the Ant Car | All Vehicle Locations

Premis cerita

A-Channel
© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Tooru Ichii ialah seorang siswi yang baru saja diterima di SMA kawasan sahabat terdekatnya Run Momoki bersekolah. Bergembira dengan akibat penerimaannya, Tooru bergegas menuju rumah sahabat terdekatnya untuk memberitakan akibat penerimaannya. Tanpa terduga, Tooru memasuki kamar Run di waktu yang tidak sempurna. Secara tidak eksklusif ia melihat Run memeluk seorang perempuan yang tidak dikenalinya. Melalui pertemuan yang tidak terduga ini, akhirnya Tooru berkenalan dengan sahabat Run ketika ini mirip Nagisa dan Yuuko. Inilah kisah empat siswi SMA yang menikmati kehidupan SMA-nya

Kisah Keseharian Siswi SMA

A-Channel
© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

A-Channel bukanlah anime yang luar biasa ataupun unik dari anime slice of life lainnya. Namun anime ini ialah contoh yang rupawan untuk menggambarkan slice of life dalam bentuk aslinya. Yaitu “cerita kehidupan para karakter”. Nir ada karakter yang pintar ataupun murid pindahan. Ini hanyalah anime mengenai keseharian siswi SMA biasa yang berkumpul bersama dan menikmati masa mudanya. Sebut saja momen mirip; karaoke bersama, nongkrong di luar, jalan-jalan ke mall atau festival, berkunjung ke rumah sahabat, dan pergi ke pantai. Semuanya ada dan dapat kalian temui sepanjang durasi anime ini. Nir ada momen yang unik ataupun menarik, semua ialah momen sederhana yang dapat kalian harapkan dari sekelompok siswi SMA biasa.

Sebab sebegitu sederhananya, kalian dapat mencicipi anime ini ialah refleksi dan singkatan kehidupan seorang siswi yang diringkas menjadi sebuah anime 20 menitan. Mulai dari bangun tidurnya, bersekolah, sampai nongkrong di restoran, kalian dapat menantikan setiap momen itu. Tapi bukan berarti ini terasa membosankan, malah itulah yang membuat seru dan menyenangkan. Karenanya penonton tidak perlu berekspektasi lebih. Kalian sudah paham akan momen-momen ini baik itu di dunia nyata maupun di anime lainnya. Di sini kalian hanya perlu merilekskan diri dan menikmati kisah para siswi ini.

Baca Juga :  Cara Beli Bensin Pakai Aplikasi MyPertamina
A-Channel
© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Meskipun ceritanya cukup sederhana, setidaknya komedi ringan yang dibawakan anime ini sangatlah rupawan untuk menawarkan senyuman pada diri aku. Tawa akan keseruan berteman bersama teman-teman ialah momen yang rupawan dalam pertemanan. Mengenai pertemanan, anime ini juga memiliki empat karakter protagonis yang cukup umum juga.

Mengenali Para Siswi

A-Channel
© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Keempat protagonis dalam anime ini tidaklah unik maupun spesial. Semuanya cukup standar dan apa yang kalian harapkan dari desain karakternya. Kalian akan menemui Tooru, si pintar yang selalu bersemangat, Run yang lambat tanggap, Yuuko, si pemalu serta penakut, dan juga Nagisa, si ternormal. Namun sebab kestandarannya itulah, terkadang karakter di sini tidak mudah terkenang dan lebih terasa mirip statis. Apalagi dalam anime ini, mereka semua hampir tidak memiliki perkembangan karakter. Penonton tidak akan menemui sosok Run yang menjadi lebih cepat tanggap ataupun Yuuko yang seketika mampu percaya diri. Sekalipun ada perkembangan karakter yang ada hanyalah minor dan hanya terjadi pada Tooru saja. Model saja saat momen kenaikan kelas yang membuat Tooru persoalan tapi tidak hingga pada titik Tooru menjadi lebih berdikari atau mencari sahabat baru.

Jadi jangan terlalu berharap kalian akan menemui pesan moral atau kehidupan di anime ini. Tapi apa yang kalian akan temui dari keempat protagonis ini ialah karakternya. Seiring waktu penonton akan lebih mengenali setiap karakter di sini. Semakin mengenali karakter ini kalian menjadi lebih tersenyum dengan setiap kegiatan yang mereka lakukan.

A-Channel
© Kuroda bb, Hobunsha/A Channel Committee,MBS

Untuk dapat menyederhanakannya, karakter di sini cukup baik secara desain dan perkembangannya pun baik juga. Hanya saja perkembangan karakternya tidaklah terlalu hebat dan menarik. Ya standar sajalah. Namun satu hal yang membuat cerita dan karakter disini semakin serasi ialah dari visual anime ini.

Baca Juga :  Linktree di Jamin Puas Video Bacol Full HD Terbaru Download Apk Gila

Ulasan anime A-Channel! berlanjut ke halaman berikutnya.