Manga  

Tidak Sebanding Dunia Nyata, Naoki Yoshida Akui Kurang Tertarik dengan Metaverse

Belakangan ini kita mungkin sudah acapkali mendengar soal Square Enix yang berusaha berbagi teknologi blockchain, NFT, dan juga Metaverse sebagai fokus urusan ekonomi baru. Walaupun telah ditentang oleh banyak fans di seluruh dunia, mereka sepertinya tetap menaruh kepercayaan besar akan potensi dari proyeknya tersebut. Meski begitu, dalam tim Square Enix sendiri ada juga yang memiliki pandangan berbeda, salah satunya mirip Naoki Yoshida yang mengaku kurang tertarik dengan Metaverse.

Director dibalik Final Fantasy XIV tersebut mengungkapkan pendapatnya lewat sesi wawancara dengan majalah mingguan Shukan Bunshun, yang mana dia membahas lebih dalam soal praktik baru Square Enix. Dia secara terang mengatakan jika ilham Metaverse sebenarnya terdengar seru, tapi di ketika yang sama tidak ada hiburan di dalamnya dan bagaimana sistem tersebut tidak mampu menggantikan keseruan sesungguhnya yang mampu dirasakan di dunia nyata.

Meski pendapatnya memang sempurna sasaran, tapi di ketika yang sama absolut ada sebagian orang yang tidak mampu mendatangi suatu lokasi khusus mirip di Jepang misalnya sebab keterbatasan biaya atau hal lain. Dari sanalah ilham untuk menikmati semacam tur di lokasi khusus dengan Metaverse mungkin mampu jadi solusi terbaik dan dapat memberikan pengalaman berbeda. Tapi di sisi lain, Metaverse tentu punya banyak keterbatasan dan belum mampu dipandang sebagai platform yang matang di era sekarang.

Melihat bagaimana Square Enix yang baru-baru saja menjual studio barat mereka untuk melakukan investasi ke Blockchain, NFT dan juga Metaverse, apakah menurut kalian Final Fantasy XIV mampu menjadi game yang mampu mengusung konsep serupa? Kecil kemungkinannya memang, tapi kita tidak akan pernah tahu apalagi kalau sudah berafiliasi dengan pihak atasan.

Baca Juga :  Boruto Episode 246 English Subbed

Pastikan untuk mengikuti perkembangan isu game lainnya di Immaku.com.