Anime  

[Tech Evolution] Misaka Mikoto, Karakter Anime ‘Moefikasi’ Dari Teknologi Senjata Militer Canggih Railgun – Immaku.com ID

Immaku.com ID Railgun, sebuah teknologi militer canggih yang tentu saja berupa senjata. Tahukah kamu bahwa teknologi ini ternyata menginspirasi lahirnya karakter anime bernama Misaka Mikoto? Yuk, disimak pembahasannya!

Railgun baru dikembangkan dan diuji coba oleh angkatan militer laut Amerika Serikat sekitar 16 tahun yang lalu. Sebuah senjata kemiliteran canggih ini sebenarnya memang belum terlalu umum dipakai pada dunia militer secara luas.

Teknologi senjata militer Railgun yang pertama kali dikembangkan oleh Amerika Serikat.
via U.S. Navy photo

Lalu, apa hubungan antara teknologi Railgun dengan karakter anime bernama Misaka Mikoto ini? Pada dasarnya adalah Mikoto merupakan karakter anime dengan kekuatan esper yang cara kerjanya sama seperti Railgun.

Bahkan, jika kamu mencari kata ‘Railgun’ di google maka akan muncul banyak sekali artikel/gambar berupa Railgun asli dan Misaka Mikoto di sana. Yuk, berkenalan dengan keduanya!

Misaka Mikoto adalah karakter utama dari Toaru Series. Lebih tepatnya dia adalah salah satu heroine dari seri Toaru Majutsu no Index, dan di cerita sampingannya yang berjudul Toaru Kagaku no Railgun dia adalah karakter utamanya.

Anime ini memang anime lawas yang sudah ada sejak tahun 2008, sedangkan novel ringannya rilis pertama kali pada tahun 2004. Karena itu, terasa sekali keoriginalan dari tokoh Mikoto yang membuatnya menjadi sangat populer.

Misaka Mikoto dari Toaru Series, Toaru Majutsu no Index dan Toaru Kagaku no Railgun.
via Original (screenshot)

Di serinya sendiri dia memiliki latar belakang sebagai anak berumur 13-14 tahun. Dia bersekolah di SMP Tokiwadai, sekolah elit khusus wanita. Di sekolahnya, Mikoto sangat dihormati dan populer dalam berbagai hal.

Karena bersekolah di SMP elit, banyak yang menganggap dirinya sebagai seorang ‘tuan putri’ yang elegan. Padahal sebenarnya Mikoto adalah tipe cewek tomboy dan juga barbar, serta memiliki selera kekanak-kanakan. Diperlihatkan juga ketika bersama orang yang dia suka, seringkali sifat tsundere-nya muncul.

Baca Juga :  Potion Permit Siap Dirilis Bulan September 2022

Railgun atau meriam rel pada dasarnya adalah meriam yang menembakkan peluru tidak dengan proses ledakan oleh mesiu, melainkan menembak secara elektris. Pelurunya sendiri nanti akan meluncur dari laras berupa dua logam rel yang dialiri oleh listrik, mengakselerasi proyektil kecepatan tinggi dengan memanfaatkan arus elektromagnetik.

Akselerasi yang dihasilkan oleh proses tadi mampu membuat proyektil peluru melesat dengan kecepatan hingga 9.100 KM/jam. Tembakan tanpa bahan peledak ini bisa lebih dari 7,5 kali kecepatan suara (7 mach). Sungguh kekuatan mengerikan yang mampu menembus apapun.

Teknologi senjata militer Railgun pada kapal perang Amerika Serikat kelas Zumwalt.
via U.S. Navy photo

Meskipun demikian, senjata ini rupanya telah dihentikan pengembangannya pada kapal perang Amerika Serikat kelas Zumwalt. Ini terjadi karena konsumsi listriknya yang terlalu tinggi. Di sisi lain, laras dari Railgun hanya mampu bertahan setelah 12 kali tembakan saja dan setelahnya harus diganti.

RajaBackLink.com

ADVERTISEMENT

Selain Amerika, Rusia dan Tiongkok juga memiliki teknologi ini dalam militer mereka. Tidak mengherankan, karena Railgun sebenarnya sudah ada sejak sebelum perang dunia II, hanya saja dengan kekuatan yang lebih lemah. Dan penggunaannya dihentikan karena masalah yang sama dengan yang telah disebutkan.

Misaka Mikoto di dalam animenya merupakan seorang esper ber-level paling tinggi, yaitu level 5. Di antara banyaknya esper yang ada, hanya 7 orang yang mampu mencapai tingkatan tersebut. Kekuatan Mikoto secara sederhananya adalah mampu menghasilkan dan memanipulasi listrik (Electromaster).

Namun karena level-nya yang tinggi, dia mampu mengembangkan kekuatannya menjadi lebih besar, salah satunya adalah Railgun. Di animenya yang membahas banyak hal tentang sains, Mikoto mampu menembakkan ‘Railgun’ dengan memanfaatkan Gaya Lorentz.

Posisi tangan Mikoto setelah menembakkan Railgun nya.
via Original (screenshot)

Gaya Lorentz adalah gaya yang ditimbulkan oleh muatan listrik yang bergerak atau oleh arus listrik yang berada dalam suatu medan magnet. Kamu bisa lihat gambar di atas adalah bagaimana posisi tangan Mikoto setiap kali dia selesai menembakkan Railgun-nya.

Baca Juga :  Review Singkat 12 Anime Baru Summer 2022 Dari Episode Pertamanya

Mulanya dia membayangkan sepasang rel, lalu membuat medan magnet di sepanjang rel imajinernya itu, seperti kaidah tangan kiri yang pernah diajarkan di sekolah dulu. Dan sebagai proyektilnya dia biasa menggunakan sebuah koin arcade, bisa juga menggunakan benda lain.

Hubungan di Antara Keduanya

Setelah melihat penjelasan tadi, apakah kamu masih menanyakan hal ini? Dilihat dari cara kerja kekuatannya, inilah alasan kenapa Mikoto disebut sebagai moefikasi dari teknologi militer Railgun. Moefikasi mudahnya adalah proses yang merubah suatu benda menjadi karakter anime.

Bahkan di animenya sendiri, Misaka Mikoto adalah seorang esper level 5 peringkat 3 dengan julukan Railgun, diambil dari serangan khasnya tadi. Meskipun begitu, bila dibandingkan dengan yang asli, Railgun-nya Mikoto tidak terlalu kuat.

via Original (screenshot)
via Original (screenshot)

Railgun yang dihasilkan Mikoto memiliki kecepatan 3 kali kecepatan suara saja, berbeda sekali dengan senjata aslinya. Kecepatan supersonik ini juga menyebabkan gesekan yang membuat hilangnya energi kinetik dan menghasilkan panas, menumpuk ke tingkat yang menyebabkan sebagian besar proyektil meleleh.

Proyektil koin yang dia gunakan menjadi meleleh akibat proses tadi setelah sekitar 50 meter meluncur. Namun, bisa saja lebih dari itu jika menggunakan proyektil yang lebih besar. Meskipun demikian, tetap kalah jauh jika dibandingkan Railgun asli yang bisa melesat hingga sekitar 160 KM.

Railgun milik Mikoto jika dibandingkan dengan teknologi senjata militer aslinya.
via Original (screenshot)

Bagaimanapun, kedua Railgun tadi sama-sama memiliki kekuatan dahsyat. Baik di anime maupun di dunia nyata sebagai senjata, keduanya mampu menembus target dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dan dari kedua hal tadi juga memiliki cara kerja yang unik serta menarik untuk diikuti.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera nonton Toaru Series untuk kamu yang sudah menyimak tapi belum menontonnya! Banyak hal sains dan teknologi keren yang dibahas di sana, yang tentunya berhubungan dengan dunia nyata. Terima kasih sudah menyimak.