Komik  

Sumber Kekuatan Doctor Fate di Black Adam!

Ini sumber kekuatan Doctor Fate di Black Adam. Tinggal kurang dari sebulan lagi, kita akan segera mampu melihat penampilan perdana live action Doctor Fate di film Black Adam. Sebagai bagian dari Justice Society versi DCEU, bersama Cyclone, Atom Smasher, dan Hawkman, Doctor Fate ialah karakter yang cukup membuat penggemar penasaran. Sebab di komiknya sendiri dia ialah sosok superhero penyihir yang sangat misterius. Mulai dari latar belakangnya hingga sumber kekuatannya.

Secara spesifik, Warner Bros. sendiri telah mengonfirmasi bahwa Doctor Fate yang akan muncul di Black Adam ialah versi Kent Nelson. Di DC Comics, Kent ialah Doctor Fate pertama yang terkenal sangat sakti. Hal yang sama juga sempat terlihat sekilas di trailer Black Adam. Di mana dia mampu menggandakan diri, terbang, dan bisa menahan kekuatan powerful Black Adam. Sebab dia baru akan muncul di DCEU, mari kita bahas sumber kekuatan Doctor Fate yang pada akhirnya membuat dia sakti mandraguna!

Menerima Kesaktian Dari Nabu

Meskipun ada sedikit penyesuaian di DCEU, tetapi kemungkinan besar sumber kekuatan Doctor Fate masih tetap sama mirip di komiknya. Muncul pertama kali di komik More Fun Comics #55 (1940), kisah origin Kent bermula ketika dia tidak sengaja bertemu dengan Nabu. Sebagai entitas kuno dari Planet Cilia, Nabu lantas menunjuk Kent sebagai agen baru dari kelompok penyihir Lords of Order untuk melawan kejahatan di alam semesta. Hal ini ditandai dengan penyerahan tiga artefak sakti, yaitu kalung, jubah, dan helm.

Tiga artefak sakti inilah yang kemudian memungkinkan Doctor Fate untuk mengeluarkan banyak sekali macam jenis sihir mandraguna, di antaranya:

  • Amulet of Destiny: Sekitar tahun 2030 sebelum masehi, Dewa Anubis awalnya menciptakan kalung sakti ini untuk para firaun, sebelum akhirnya jatuh ke tangan Nabu. Ketika menggunakan Amulet of Destiny, Doctor Fate bisa mengeluarkan sinar mistik Eldritch Blast yang sangat mematikan. Dia tidak mudah terdeteksi oleh penyihir lain dan kebal terhadap pengendalian pikiran. Dalam suatu kisah disebutkan juga bahwa di dalam Amulet of Anubis terdapat pocket universe yang terpisah dengan universe utama.
  • Cloak of Destiny: Nabu sengaja menawarkan jubah saktinya ini agar Doctor Fate kebal terhadap banyak sekali macam sihir. Termasuk sihir kekacauan dari para agen Lords of Chaos. Dalam beberapa kesempatan Doctor Fate juga pernah menggunakan Cloak of Destiny untuk melindunginya dari api.
Baca Juga :  Ada 3 Variant Thor di Love and Thunder?

  • Helm of Fate: Poly penyihir yang percaya bahwa helm ciptaan Nabu ini ialah artefak tersakti di alam semesta. Ada berbagai kehebatan yang Doctor Fate dapatkan ketika mengenakan Helm of Fate. Mulai dari meningkatnya kecerdasan hingga ke tingkat pengetahuan gaib. Kemudian cosmic awareness yang memungkinkan Doctor Fate untuk mengetahui apa yang terjadi di alam semesta. Hingga kemampuan mengendalikan elemen api, air, tanah, dan udara.

Ada lebih banyak lagi sihir yang mampu Doctor Fate keluarkan dengan mengombinasikan kekuatan dari ketiga artefak ini. Misalnya mirip kemampuan terbang, teleportasi dan telekinesis.

Artefak Doctor Fate di DCEU

Berdasarkan apa yang terlihat dari banyak sekali promosi film Black Adam, Doctor Fate memang mengenakan tiga artefak mirip di komiknya. Ad interim warna emasnya masih sama, bedanya hanya terletak pada desain dan juga pemakaian artefaknya. Di DCEU, Helm of Fate terlihat mempunyai bentuk yang tidak simetris dan tidak mempunyai lubang untuk mata. Desain ini secara tidak eksklusif mengisyaratkan bahwa kemampuan cosmic awarness Doctor Fate sangat luar biasa. Cloak of Destiny juga tidak jauh berbeda, dengan bagian atas yang menempel eksklusif dengan bahunya.

Yang paling berbeda dari ketiga artefak ini ialah Amulet of Destiny. Sebab mirip yang mampu kita lihat pada poster di atas, posisinya pindah ke bagian pinggang dan lebih terlihat mirip sabuk. Batu permata emas di tengahnya seakan menegaskan bahwa Doctor Fate masih mampu mengeluarkan sinar mistik Eldritch Blast. Penyesuaian ini mungkin sengaja DCEU lakukan untuk membedakan Doctor Fate dengan Doctor Strange di MCU yang memang menggunakan kalung sakti sebagai salah satu kekuatannya.

Itulah pembahasan mengenai sumber kekuatan Doctor Fate, baik di DC Comics maupun DCEU. Meskipun ada sedikit penyesuaian desain, tetapi tidak sedikit yang menganggap kostum Doctor Fate di film Black Adam ini ialah yang terbaik. Apalagi yang akan memerankan karakternya ialah aktor veteran Pierce Brosnan. Jangan lewatkan aksi Doctor Fate bersama Justice Society of America (JSA) dan Black Adam, ketika filmnya tayang di bioskop pada tanggal 21 Oktober nanti.

Baca Juga :  Sutradara Hengkang, Begini Nasib House of the Dragon!