Viral  

Sering Nonton Film? 6 Fakta Unik Bioskop Ini Mungkin Belum Kamu Tahu

Siapa nih yang hobi banget bolak balik ke bioskop untuk menonton film terbaru atau untuk healing dan nongkrong saja?

Tidak bisa dipungkiri, pergi ke bioskop sudah jadi hobi yang sulit untuk dihentikan oleh banyak orang. Apalagi nonton bioskop terasa kurang lengkap, tanpa ditemani dengan popcorn dan cola. Starter pack yang wajib banget untuk dibeli ini, memang bikin nonton film terasa lebih enjoyable.

Sadara atau tidak, ternyata rasa dan aroma popcorn yang kita beli di bioskop terasa lebih kuat dan enak dari produk serupa yang dijual di luar. Hal inilah yang bikin kita sulit melawan nafsu untuk tidak boros saat nonton. Apalagi harga untuk bundle popcorn dan cola yang ditawarkan cukup terjangkau.

Tak hanya soal popcorn, pernahkah kamu berpikir kenapa sih kursi bioskop identik banget dengan warna merah? Pertanyaan-pertanyaan tadi, jadi salah satu hal unik dari bioskop yang bikin penasaran banget.

Makanya, kali ini Bacaterus akan membahas fakta-fakta unik tadi secara lebih rinci. Untuk kamu yang sudah penasaran, informasi lengkapnya bisa dibaca di bawah ini.

1. Kursi Bioskop yang Identik dengan Warna Merah

fakta unik bioskop_Kursi Bioskop yang Identik dengan Warna Merah_

Hal unik pertama mengenai bioskop dan paling sering ditanyakan adalah mengenai kursi yang digunakan. Banyak yang bertanya, kenapa sih kursi di berbagai bioskop kebanyakan berwarna merah?

Banyak teori nyeleneh mengenai hal ini, padahal jawabannya sangatlah simpel lho. Pertama, pemilihan warna merah untuk kursi sebenarnya hanya untuk menyamarkan kotoran yang ditinggalkan pengunjung. Pemilihan warna ini juga berhubungan dengan mata.

Fyi, mata memiliki sel kerucut yang bekerja saat terang dan sel batang yang bekerja saat cahaya redup. Alasan kedua dari pemilihan warna ini adalah karena warna merah dianggap sebagai warna netral yang mudah memudar di mata. Alasan ketiga, pantulan cahaya dari warna merah tidak akan begitu jelas, terutama dalam ruangan yang gelap.

Baca Juga :  Inilah 5 Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2022 Untuk Pemula

2. Kenapa Kursi Huruf I dan O Tidak Ada?

fakta unik seputar bioskop_Kenapa Kursi Huruf I dan O Tidak Ada_

Kalau pertanyaan satu ini mungkin jarang banget disadari oleh banyak orang. Kenapa kursi huruf I dan O tidak pernah ada di bioskop? Tentu saja, hal ini bukan karena huruf I dan O dianggap sebagai huruf yang keramat di Indonesia.

Kursi I dan O memang sengaja dihilangkan di berbagai bioskop di dunia, alasannya karena kedua huruf ini ditakutkan bikin para pengunjung bioskop merasa bingung. Apa sih yang bikin bingung?

Sebenarnya banyak orang yang bingung saat membaca deret dan nomor kursi. Banyak pengunjung yang kesulitan untuk membedakan huruf I dan O dengan angka 1 dan 0.

Memiliki bentuk yang mirip, kedua huruf ini kadang bikin para penonton sulit untuk menemukan tempat duduknya. Makanya kursi huruf I dan O sengaja dihilangkan hanya untuk memudahkan para penonton.

Baca juga: Inilah Tempat Duduk di Bioskop yang Paling Enak dan Nyaman

3. Serba-Serbi Popcorn Bioskop

fakta unik bioskop_Serba-Serbi Popcorn Bioskop_

Hal lain yang bikin penasaran soal bioskop adalah misteri mengenai popcorn. Menjadi starter pack paling umum tiap nonton film, banyak yang penasaran kenapa sih popcorn bioskop kok lebih harum dan enak?

Jawabannya karena popcorn yang dibuat sudah diberikan campuran ekstrak kelapa dan kanola. Zat aditif inilah yang bikin aroma serta rasa popcorn di bioskop lebih mengundang selera. Apalagi untuk kamu yang berniat berhemat hingga diet, popcorn bioskop memang sangat sulit untuk dihindari.

Menonton film sambil ngemil memang terasa lebih seru. Apalagi jika film yang diputar ada film romantis, komedi hingga aksi yang bikin emosi terkuras. Kehadiran popcorn dan minuman secara tidak langsung bisa menambah energi.

Hal lain yang kadang bikin kesel, kenapa sih harga popcorn bioskop kok lebih mahal? Alasannya karena pihak bioskop harus mendapatkan pemasukan lain selain dari tiket bioskop.

Baca Juga :  Series Comic Soredemo Ayumu wa Yosetekuru Chapter 168 Free Read Online

Pemasukan dari tiket bioskop biasanya harus dibagi dengan distributor dan pembuat film. Makanya harga makanan dan minum bioskop agak mahal karena penjualan F&B dijadikan sebagai penghasilan utama bioskop.

Nah, kalau kamu ingin tahu bagaimana caranya untuk memesan camilan untuk menemanimu menonton film di bioskop, Bacaterus punya artikel Cara Memesan Makanan di Bioskop yang bisa bantu kamu.

4. Pembersihan Bioskop yang Super Kilat

fakta unik bioskop_Pembersihan Bioskop Super Kilat_

Hal lain yang mungkin jarang disadari oleh para pengunjung bioskop adalah waktu membersihkan studio sangatlah singkat.

Sebenarnya waktu singkat ini bukan karena cleaning service bioskop malas-malasan dan tidak memperhatikan kebersihan studionya. Justru mereka harus bekerja ekstra cepat, tepat dan teliti karena jadwal pemutaran film yang sangat ketat.

Dalam high season seperti musim liburan, bioskop akan sangat sibuk karena membludaknya pengunjung dan film-film terbaru yang sudah dinantikan. Makanya para cleaning service ini harus bekerja ekstra cepat agar jadwal pemutaran film tidak terhambat.

Biasanya pembersihan film ini dilakukan oleh dua hingga tiga cleaning service agar waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Sebenarnya hal ini sangat disayangkan, karena terkadang para pengunjung masih menemukan sisa popcorn dan lainnya di lantai. Padahal kebersihan seharusnya jadi salah satu prosedur paling penting.

Mungkin perusahaan bioskop bisa mencari cara-cara yang efektif agar kebersihan di studio bisa lebih ditingkatkan dan bikin penonton semakin nyaman.