Anime  

Review Serial Moon Knight Episode 4 (2022): Marvel Rasa The Mummy!

Sebuah persembahan apik dan menghibur dalam Moon Knight episode 4. Diawali dengan petualangan bergaya Indiana Jones dan kemudian ditutup dengan salah satu plot twist yang berubah drastis, membuat episode kali ini menjadi salah satu tayangan paling ‘mind blowing

Sinopsis Moon Knight episode 4

Setelah Khonshu memutar kembali langit, Steven (Oscar Isaac) dan Layla (May Calamawy) akhirnya menemukan kawasan yang diduga menjadi makam Ammit. Di permukaan, area tersebut terlihat kosong. Menandai bahwa Harrow (Ethan Hawke) dan kelompoknya berada di dalam makam.

Oscar Isaac dan May Calamawy
via Disney+

Mereka berdua bersiap untuk masuk ke dalam makam demi mencari ushabti Ammit, sebuah artefak yang digunakan untuk mengurung roh makhluk hidup. Steve (dan Marc) kali ini tidak lagi ditemani oleh Khonshu yang telah dikurung dalam sebuah ushabti.

Mereka terpisah, dimana Layla bertemu dengan Harrow yang menjelaskan relasi Marc dengan kematian ayahnya. Sedangkan Marc menemukan ushabti Ammit dalam sebuah sarkofagus kuno milik Alexander Agung, sampai akhirnya ia ditembak oleh Harrow.

Petualangan dicampur horror

Perjalanan Marc dan Layla berlanjut setelah mereka mengetahui dimana letak makam Ammit, dan mencari cara untuk mencegah Harrow menghidupkan kembali Ammit. Tapi kali ini, Marc tidak lagi memiliki kekuatan Moon Knight setelah Khonshu dikurung di ushabti.

May Calamawy sebagai Layla
via Disney+

Setelah sebelumnya dihadapkan dengan Mesir modern, kali ini Moon Knight menghadirkan nuansa klasik Mesir. Mulai dari awal episode berjalan, Marvel menghadirkan latar petualangan ala padang pasir yang erat dengan makam Firaun, mumi, dan artefak kuno.

Tak lupa nuansa horror yang masih terasa, meski tak sekuat episode sebelumnya. Dipadukan dengan plot yang sebagian besar mengingatkan pada Indiana Jones (atau Tomb Raider, mengingat Layla memiliki peran sangat besar dalam episode kali ini).

Baca Juga :  Mari Intip Video Teaser Perdana Kamen Rider Black Sun

Sampai akhirnya terungkap bahwa makam Ammit yang menyimpan ushabti sebenarnya ialah makam Alexander the Great atau Aleander Agus yang telah lama hilang. Bukannya seorang firaun Mesir, tapi ia ialah seorang kaisar Makedonia yang dipercaya jauh dari peradaban Mesir.

makam Alexander Agung
via Disney+

Menarik untuk dilihat apa yang akan menjadi jembatan antara Alexander yang seharusnya lebih dekat dengan peradaban Romawi dan terhubung dengan dewa-dewa Mesir kuno, termasuk Ammit dan Khonshu.

Metamorfosa Marc dan Steven

Episode keempat masih menawarkan Steven dan Marc yang masih bertengkar mengenai siapa yang seharusnya mengendalikan tubuh mereka. Dan kali ini, Steven membawa pengaruh besar dengan pengetahuannya terhadap Mesir kuno.

Layla dan Steven
via Disney+

Perkembangan dari pertentangan mereka yaitu bagaimana Steven mulai memberanikan diri mengungkapkan rasa Sukanya terhadap Layla. Ini ditandai dengan keberaniannya untuk mencium Layla.

Dan momen ini mendapat balasan dari Marc, dan mengendalikan tangan Steven untuk meninju mukanya sendiri. Konflik yang komedik, tapi di sisi lain membangun fase baru dalam dinamika antara Marc dan Steven yang sebelumnya hanya mampu berbicara melalui cermin.

Oscar Isaac dalam Moon Knight episode 4
via Disney+

Dan keduanya saling melengkapi, dimana Marc bertindak sebagai si petarung dan Steven sebagai otak. Tapi bukan hanya dua orang, mengingat Marvel sudah banyak menawarkan teaser mengenai kepribadian ketiga, Jake, dalam episode ini dan episode sebelumnya.

10 menit terakhir yang menghebohkan

Dan tentu saja yang membuat heboh ialah 10 menit terakhir yang menawarkan vibes berbeda dibandingkan episode Moon Knight terdahulu. Sebuah alur yang mungkin datang tak disangka-sangka di tengah plot yang intens dalam episode ini.

Saat berhadapan dengan Harrow, Marc tertembak dan terbangun di sebuah kawasan yang terlihat mirip sebuah rumah sakit jiwa! Mengindikasikan bahwa seluruh petualangannya menjadi Moon Knight, pertemuannya dengan Khonshu dan Layla hanyalah imajinasinya saja.

Baca Juga :  Serial Loki Memulai Proses Syuting Pada Juni 2022 Untuk Musim Keduanya
Marc dan Harrow di Moon Knight episode 4
via Disney+

Dalam fasilitas tersebut, ada banyak wajah familiar yang terlihat pada tiga episode pertama. Termasuk Layla yang menjadi salah satu ‘pasien’ yang sama dengan Marc. Sedangkan Harrow terlihat mirip seorang dokter, lengkap dengan kumis klimis tipis dan tongkat bantu jalannya.

Marc mencoba melarikan diri, dan menemukan sebuah sarkofagus yang berisikan Steven. Ini menandai pertemuan fisik perdana antara Marc dan Steven, walaupun keduanya masih berwajah Oscar Isaac.

Saat keduanya melarikan diri, mereka menemukan satu lagi sarkofagus yang meronta-ronta untuk dibuka. Kemungkinan besar ini berisikan Jake Lockley, salah satu kepribadian Marc yang sebelumnya sudah pernah disinggung dalam episode sebelumnya.

Bagian akhir dari episode kali ini menyimbolkan lebih banyak mengenai penyakit mental yang dialami oleh Harrow. Meski tentu saja ada lebih banyak plot lainnya yang mampu dikaitkan dengan kisah Marc dan Steven dalam akhir serial ini.

Oscar Isaac sebagai Marc Spector di Moon Knight episode 4
via Disney+

Sampai akhirnya ditutup dengan Steven dan Marc bertemu Tawaret, dewi kelahiran dan kesuburan Mesin berwajah kuda nil. Akankah menjadi karakter penting untuk ‘kelahiran’ kembali Marc atau secara simbolis membantu Marc dan Steven mendamaikan karakteristik mereka berdua?

Episode keempat terbilang rupawan, baik dalam bentuk plot, pengkarakteran, serta segala hal yang berafiliasi dengan dinamika dan persoalan mental dari sang protagonis, sang avatar Khonshu yang kali ini terbebas dari pengaruh Khonshu.

Tak ketinggalan, Oscar Isaac yang semakin rupawan dalam memerankan Marc maupun Steven. Bahkan saat keduanya berteriak, Oscar membedakan cara berteriak antara Marc dan Steven sesuai dengan kepribadian mereka masing-masing.

Secara keseluruhan, Moon Knight episode 4 membawa MCU ke arah baru dengan gugusan cerita dan kisah antara Marc dan Steven serta segala hal yang berafiliasi dengan dewa-dewa Mesir di MCU. Menetapkan fakta yang mungkin tak terbantahkan: episode 4 dari setiap serial MCU menghadirkan kejutan yang tak disangka-sangka.

Baca Juga :  New Azərbaycan Doğma Link Mind Better Me Childhood Trauma Test

Aliran: Aksi

Pengarah adegan: Mohamed Diab

Penulis: Alex Meenehan, Peter Cameron, Sabir Pirzaba

Pemeran: Oscar Isaac, Ethan Hawke, May Calamawy

https://www.youtube.com/watch?v=j0uyXyFwFcY

Rekomendasi TV Series

9/10

Summary

Secara keseluruhan, Moon Knight episode 4 membawa MCU ke arah baru dengan gugusan cerita dan kisah antara Marc dan Steven serta segala hal yang berafiliasi dengan dewa-dewa Mesir di MCU. Menetapkan fakta yang mungkin tak terbantahkan: episode 4 dari setiap serial MCU menghadirkan kejutan yang tak disangka-sangka.