Viral  

Review Serial Moon Knight Episode 2 (2022): Pertarungan Steven vs Marc

Moon Knight episode 2 melanjutkan kisah Steven dengan segala ketidaktahuannya mengenai pahlawan bertopeng yang ada di dalam dirinya. Mengungkap banyak sekali misteri mengenai kepribadiannya, episode kali ini juga menyelami lebih dalam mengenai persoalan mental yang dialami Steven.

Sinopsis Moon Knight episode 2

Untuk mengetahui siapa sebenarnya Marc, Steven Grant (Oscar Isaac) mencari kawasan penyimpanan barang-barang Marc. Akhirnya ia mengetahui jati dirinya saat bernama Marc, yaitu seorang pembunuh bayaran. Ia lalu berbicara dengan Marc melalui cermin, sekaligus menjelaskan perihal tubuhnya sebagai avatar dari Dewa Bulan Mesir, Khonshu.

Steven dan Marc
via Disney+

Tak ingin menyerahkan tubuhnya, ia lalu ketakutan dan bertemu dengan Layla (May Calamawy) yang ternyata ialah istrinya. Sedangkan Steven tidak mengingat segala hal mengenai Layla maupun pernikahannya. Saat detektif datang, Layla yang panik membawa artefak scarab kabur.

Detektif tersebut menangkap Steven, dan membawanya kepada Harrow (Ethan Hawke). Pada ketika Harrow menanyakan perihal eksistensi scarab, Layla datang membawa scarab tersebut. Steven dan Layla akhirnya melarikan diri saat dikejar oleh monster ciptaan Harrow.

Khonsu dan Ammit

Moon Knight episode 2 masih tetap menghadirkan plot yang intens dan setia dengan genre horror yang ditawarkan pada keseluruhan serial ini, setidaknya pada dua episode pertama. Sedang episode kedua membahas lebih dalam mengenai misteri mengenai Marc dan Moon Knight.

Dua nama yang paling berpengaruh pada keseluruhan serial ini ialah Khonshu dan Ammit. Marc menyebutkan bahwa Khonshu telah menyelamatkan nyawanya. Sehingga ia menjadi pelayan dan mengabdi kepada Khonshu sekaligus bertindak sebagai avatarnya.

Khonshu di Moon Knight
via Disney+

Selain itu, ia bertujuan untuk menyelesaikan misi yang diinginkan Khonshu, yaitu mengambil kembali scarab, artefak berbentuk kumbang dari Harrow. Kalau Marc tidak berhasil, maka Khonshu akan menjadikan Layla sebagai avatarnya.

Baca Juga :  Link Baca Manhwa Operation True Love Sub Indonesia

Di sisi lain, penonton juga diajak lebih dekat mengenal sosok Harrow serta apa yang ingin dilakukannya bersama artefak scarab tersebut. Ia ingin menghidupkan kembali Ammit, dan scarab tersebut adalah satu-satunya item yang diperlukan.

Bahkan, kisahnya dibuat lebih kompleks setelah Harrow mengungkapkan bahwa ia adalah avatar terdahulu dari Khonshu. Ia merasa penghakiman yang dilakukan Khonshu terlambat, sehingga ia memilih untuk mengabdi kepada Ammit dan menciptakan “surga di bumi”.

May Calamawy sebagai Layla
via Disney+

Episode ini diakhiri dengan Marc yang masih mengambil alih tubuh Steven. Dan ia lalu membuka jendela menawarkan bahwa mereka sedang berada di Mesir. Kemungkinan besar akan menjadi latar dari episode selanjutnya sampai final.

Selain pertarungan antara Steven/Marc vs Harrow, satu lagi yang patut ditunggu ialah penggambaran serial ini mengenai Mesir. Mengingat Mohamed Diab sebagai sutradara menjanjikan Mesir yang berbeda dibandingkan dengan penggambaran stereotype Hollywood lainnya.

Munculnya Mr. Knight

Satu hal yang mungkin menjadi highlight dari episode kali ini ialah kemunculan Mr. Knight. Masih sama menjadi avatar Khonshu, namun ia adalah bagian dari tubuh yang dikendalikan oleh Steven, alih-alih Moon Knight saat tubuhnya dimiliki oleh Marc.

Mr Knight di Moon Knight episode 2
via Disney+

Steven yang enggan menyerahkan tubuhnya kepada Marc akhirnya berubah dengan kekuatan dari Khonshu, tapi kali ini mengenakan kostum yang lebih rapi. Dibandingkan dengan kostum layaknya assassin di zaman kuno, Mr. Knight mengenakan setelan jas sekaligus topeng berwarna putih.

Di dalam komiknya, persona superhero Mr. Knight adalah kepribadian alternatif dari Moon Knight. Bukannya mengalahkan musuh dengan membabi buta, Mr. Knight acapkali berkonsultasi dengan polisi mengenai kejahatan dan beroperasi layaknya detektif yang main halus.

Tapi jangan salah, Mr. Knight masih menerima kekuatan super yang diberikan oleh Khonshu. Terlihat bagaimana ia mampu meremas bumper kendaraan beroda empat dengan mudah, sampai meninju monster tanpa kesusahan.

Baca Juga :  Download Spotify Premium Mod Apk Unlocked All Fitur Terbaru
serial Moon Knight episode 2
via Disney+

Lebih jauh, ini menawarkan pandangan dari Steven mengenai sosok pahlawan yang lebih ramah dan bertindak tanpa membabi buta layaknya Marc. Tentu saja, Steven yang tidak berpengalaman tak mampu mengalahkan monster serigala tersebut, dan membiarkan Marc mengambil alih tubuhnya dan menjelma Moon Knight.

Eksistensi Mr. Knight menjadi tambahan yang baru dan menyegarkan dari episode kedua yang tak kalah intens dibandingkan dengan episode perdana. Menarik untuk dilihat bagaimana Marvel akan membawakan Moon Knight maupun Mr. Knight bertemu dengan superhero MCU lainnya.

Mind games dan kepribadian ganda

Mungkin satu hal yang membuat episode kali ini berbeda ialah Diab menggali lebih dalam mengenai persoalan mental yang dialami oleh Steven. Meski belum dijelaskan di serial ini, seri komiknya menyebut Marc mengalami dissociative identity disorder atau kepribadian ganda yang akan terjadi stress berat masa kecil.

Oscar Isaac
via Disney+

Steven dan Marc bagaikan dua orang yang saling bertolak belakang, namun berada dalam satu tubuh. Ada karakteristik yang kontras dari Steven yang pengecut dan introvert ini berbanding terbalik dengan Marc yang kasar dan penuh kemarahan.

Memiliki kepribadian dan pengalaman yang berbeda, Marc dan Steven saling bertarung untuk mampu menguasai kesadaran tubuhnya. Menariknya, keduanya mampu berkomunikasi dengan cermin. Apakah ini menyiratkan makna tersembunyi?

Belum lagi dengan perdebatan antara Steven dan Harrow perihal bagaimana ia ingin menciptakan dunia yang lebih baik dengan menghidupkan kembali Ammit. Ia menjelaskan bahwa Ammit akan menghukum seseorang bahkan saat belum melakukan kejahatan.

Steven dan Harrow
via Disney+

Perdebatan ini membawa layer yang lebih kompleks pada Harrow sebagai main villain dari serial ini. Menggambarkan bagaimana ia ingin membuat dunia tanpa kejahatan, meski harus melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Mungkin episode selanjutnya akan mengungkap latar belakang dari cita-cita Harrow tersebut.

Baca Juga :  Viral Video Portal Zacarias Human Tap on Twitter

Secara keseluruhan, Moon Knight episode 2 tetap membawakan intensitas tinggi dengan persoalan mental dari kepribadian ganda yang menjadi tema utama karakter ini. Dua episode yang apik memperkenalkan karakter Moon Knight dan Mr. Knight dengan empat episode aksi selanjutnya yang patut ditunggu.

Aliran: Aksi

Pengarah adegan: Mohamed Diab

Penulis: Jeremy Slater

Pemeran: Oscar Isaac, Ethan Hawke, May Calamawy

Rekomendasi Serial TV

Summary

Secara keseluruhan, Moon Knight episode 2 tetap membawakan intensitas tinggi dengan persoalan mental dari kepribadian ganda yang menjadi tema utama karakter ini. Dua episode yang apik memperkenalkan karakter Moon Knight dan Mr. Knight dengan empat episode aksi selanjutnya yang patut ditunggu.