Manga  

Review .hack//G.U. Last Recode Versi Nintendo Switch, Tidak Lebih dari Port Biasa!

Tantangan terbesar dalam membuat remaster dari game jadul selalu terletak dari relevansi judulnya di era sekarang. Bagi Bandai Namco dan CyberConnect2 ini sudah menjadi pertimbangan serius lewat .hack//G.U. Last Recode. Ini ialah bundle versi remaster dari tiga seri game original .hack//G.U. dari era PlayStation 2 yang juga mendapat tambahan bonus episode keempat. Menyusul rilisnya di PlayStation 4 dan PC, kini gamenya juga sudah tersedia di Nintendo Switch.

Sebagai franchise terpenting bagi CyberConnect2 sekaligus yang sangat berperan dalam mempopulerkan genre dunia virtual dalam game, tentu saja ada potensi emas jika franchise ini dapat kembali seutuhnya di masa mendatang. Hingga ketika itu tiba, pastinya perjuangan promosi serta menjangkau basis pemain baru lewat versi remaster ini sangat penting. Lalu apakah rilis gamenya di Nintendo Switch membawa perubahan signifikan atau membuatnya jadi versi terbaik yang mampu didapat di pasaran? Jawabannya sudah kami rangkum pada review berikut.

Jalan Cerita

Membawa tema dunia dalam game jauh sebelum genrenya booming lewat Sword Art Online, .hack//G.U. mengambil setting di dunia virtual dari sebuah game MMO bernama “The World” yang kebetulan baru saja dirilis ulang setelah sempat mengalami kehancuran server. Game ini terkenal sebab kebebasan yang diberi ke PK alias Player Killer untuk melakukan aksi sesuka mereka sampai menimbulkan perseteruan dengan pemburu PK.

Dalam gamenya sendiri kau akan berperan sebagai pemain bernama Haseo, yang berambisi menemukan PK dengan julukan Tri-Edge sebab bertanggungjawab atas kelumpuhan sahabat dekatnya sampai mengalami koma di dunia nyata. Sayangnya perjuangan Haseo gagal sampai karakternya terbunuh dan harus mengulang dari Level 1 lagi, dari sinilah petualangan dia yang sesungguhnya dimulai demi mampu mendapat kekuatan cukup untuk melawan Tri-Edge sembari menguak rahasia The World.

Baca Juga :  Apotheosis Chapter 922 Bahasa Indonesia

Premis yang ditawarkannya sudah menjadi salah satu kelebihan .hack//G.U. semenjak dulu, sebab game ini berhasil menciptakan setting dunia dengan konsep world-building solid. Dalam gamenya kau bahkan diberi semacam akses interaksi yang cukup nyata mirip forum isu atau game untuk melihat peristiwa baru yang tengah terjadi di dunia nyata maupun The World. Jadi meski kontribusinya tidak selalu besar pada keseluruhan jalan game, kau sebagai pemain akan selalu dibuat imersif dan terlibat lebih dalam pada dunianya.

Meski begitu, kami masih butuh waktu untuk membiasakan diri dengan Haseo sebagai karakter utama. Dia tentu saja ialah sosok yang badass dan punya keyakinan baja, tapi di awal permainan pembawaannya memang jauh lebih lemah serta mungkin terkesan terlalu edgy bagi sebagian pemain. Tapi untungnya pacing cerita .hack//G.U. selalu berkembang ke arah yang lebih membuat perasaan dan perlahan membuat Haseo jadi sosok karakter utama ideal, belum lagi ditambah perkembangan cerita yang semakin dipenuhi plot twist dan karakter menarik untuk diselami.

Masih Terlihat Menawan

Terlepas dari statusnya sebagai game PS2, harus kami akui jika versi remaster ini berhasil membuat .hack//G.U. terlihat mirip game RPG modern. Mengesampingkan tekstur beberapa karakter dan objek yang masih terlihat kotak-kotak, secara keseluruhan gamenya punya art direction solid yang dipadu dengan banyak cutscene dramatis, sesuatu yang sudah menjadi kelebihan CyberConnect2 semenjak dulu memang.

Tapi mengesampingkan kualitas grafisnya, bagian terpenting bagi kami ialah performa dan kabar baiknya .hack//G.U. Last Recode berjalan mulus di Nintendo Switch. Sepanjang jalannya sesi permainan kami tidak menemui persoalan mirip texture pop-in, fps yang tiba-tiba turun, atau freeze. Secara keseluruhan kami tidak mendapati banyak perbedaan dengan versi PS4 dan PC, jadi bagi kau yang ingin memainkannya secara portable tidak perlu khawatir akan potensi kualitas port yang buruk.

Baca Juga :  There’s Love Hidden in Lies Chapter 79 English Bahasa Indonesia Webtoon

Gameplay yang Tergoda Zaman

Kualitas grafis terutama ceritanya memang masih jempolan, hanya saja kebanggaan yang sama tidak mampu kami beri pada gameplaynya sendiri. Ini sebab .hack//G.U. mengsung sistem combat yang sudah usang dan malah berujung terlalu repetitif. Gameplaynya sendiri dikemas dalam format action RPG dengan kombinasi agresi spesial dan Rangeki yang cukup flashy, hanya saja kau tidak akan mencicipi banyak perbedaan pada gameplay loop bahkan meski sudah memasuki episode 3 maupun 4. Nir begitu membantu juga ketika tahu jika desain dungeon dalam gamenya sangat hambar dan tidak memberi kesan eksplorasi yang seru.

Dari sini kau mampu benar-benar melihat jika .hack//G.U. ialah game yang lebih berfokus pada cerita sedangkan gameplay mampu dikatakan sebagai filler. Bukan yang terburuk memang, tapi kami memang jauh lebih mengharapkan adanya ekstra tantangan serta gameplay dengan variasi lebih. Kau bahkan juga disuguhkan dengan opsi tingkat kesulitan Cheat yang memberi akses ke armor dan senjata terkuat sehingga memudahkan jalannya progress, sebuah mode yang memang sengaja dikhususkan bagi mereka yang lebih peduli pada cerita di gamenya.

Konklusi

Pada akhirnya impresi kami tidak berubah sama sekali dari ketika memainkan .hack//G.U. Last Recode di PS4 dulu. Gamenya secara keseluruhan membawa perombakan dan konten yang sama, termasuk juga kualitas port yang sama-sama optimal tanpa satupun persoalan teknis. Kami punya rasa cinta kuat pada cerita dan karakter dalam seri ini, semua kecuali gameplaynya yang memang sudah tergoda zaman. Kalau CyberConnect2 memang berencana untuk berbagi seri .hack baru di masa mendatang, maka cita-cita terbesar kami tentu lebih tertuju pada desain gameplay yang jauh lebih dirombak dan punya identitas kuatnya sendiri.

Baca Juga :  Mahoutsukai Reimeiki Episode 5 English Subbed

.hack//G.U. Last Recode mampu eksklusif dimainkan di PlayStation 4 (backward compatible juga di PS5), Nintendo Switch, dan PC via Steam. Untuk sementara pihak CyberConnect2 belum memiliki proyek baru yang tengah disiapkan, tapi mereka pernah mengonfirmasi jika .hack ialah franchise yang sangat penting dan sangat terbuka dengan potensi ekspansi baru di masa mendatang.

Pastikan untuk mengikuti perkembangan isu game lainnya di Immaku.com.

The Review

.hack//G.U. Last Recode

PROS

  • Cerita sampai karakter memorable
  • Konsep world-building yang solid
  • Grafis yang masih nyaman dipandang
  • Kualitas port solid

CONS

  • Gameplay yang tergoda zaman
  • Desain dungeon dan beberapa area yang terlalu hambar
Immaku.com