Viral  

Posisi Kedua Lengan Yang Benar Dalam Lompat Jauh Adalah

Posisi Kedua Lengan Yang Benar Dalam Lompat Jauh Adalah – Pengertian lompat jauh secara umum adalah olahraga atletik yang ditandai dengan melompat ke depan dan ke atas, melayang di udara sejauh mungkin, dan gerakan mendarat. Lompat jauh dimulai dengan mendorong dengan satu kaki dan membangun kekuatan untuk mencapai sejauh mungkin saat mendarat.

Olahraga ini tidak hanya digemari di Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu kejuaraan kompetensi kelas dunia, termasuk olimpiade internasional. Ketika saya masih sekolah, tentu saja

Posisi Kedua Lengan Yang Benar Dalam Lompat Jauh Adalah

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang lompat jauh, berikut lebih jelasnya mengenai pengertian lompat jauh menurut para ahli, jenis gaya, aturan, dll. Ayo, berikan pendapatmu.

Kelas 07 Smp Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Siswa 2016

Lompat jauh, menurut Djumidar, merupakan jurus vertikal yang berangkat dari titik tumpu untuk mencapai kecepatan horizontal.

Sedangkan menurut Aip Syarifudin, lompat jauh diartikan sebagai gerakan mendorong dengan satu kaki, dengan pusat gravitasi tubuh melayang di udara sebanyak-banyaknya, lalu mendarat. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mencapai jarak terjauh dari titik tumpu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan untuk mencapai jarak yang dapat dijangkau. Lompatan yang dihasilkan diukur dari tanah hingga pendaratan pertama di lubang pasir.

Selain membahas tentang pengertian lompat jauh, mari kita bahas asal usul salah satu olahraga tersebut. Lompat jauh pertama kali diperkenalkan dengan nama di Olimpiade di Yunani kuno

Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Sejarah Awal Mulanya

Lompat jauh pertama kali muncul sebagai olahraga di Olimpiade, 13 abad yang lalu, pada tahun 708. Sebelumnya, mereka hanya berkompetisi dalam lompat jauh. Dalam catatan sejarah, peserta Sparta melakukan lompat jauh sejauh 7,05 meter.

Penampilan olahraga ini diyakini dapat melatih ketangkasan para pendekar untuk menghindari rintangan seperti parit atau tebing. Peserta lompat jauh hanya boleh menggunakan short sprint start di olimpiade. Saat itu, para pelompat juga diminta membawa beban seberat 1-4,5 kg di masing-masing tangan, atau biasa disebut halter.

Secara historis, salah satu pelompat jauh Olimpiade kuno yang paling terkenal adalah Chionis, yang dapat melompat lebih dari 7 meter 5 cm. Lompat jauh menjadi semakin populer, dan sejak 1896 selalu dimasukkan dalam kompetisi Olimpiade.

Lompat jauh pertama kali diadakan di Indonesia pada Olimpiade pada tahun 776 SM. Namun, perkembangan kompetisi lompat jauh baru dimulai sekitar tahun 1869. Karena tahun ini, atletik menjadi bagian dari Olimpiade modern. Kemudian, pada tahun 1928, Olimpiade lompat jauh mulai diikuti oleh para atlet putri.

Baca Juga :  [TTS] Minuman Sopan Santun (Teka-teki MPLS MOS) Ini Jawaban yang Benar

Soal Pjok Kelas 8

Lompat depan adalah gerakan dalam lompat jauh yang dilakukan dengan berlari secepat mungkin untuk mencapai kecepatan tertinggi sebelum melakukan push off. Jarak awal ini dimulai dari 40-45 m pada lintasan lari. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

Teknik titik tumpu merupakan gerakan yang sangat penting dalam cabang atletik lompat jauh, karena menentukan hasil lompat jauh yang sempurna. Penyeimbangan dilakukan dengan mendorong papan ke belakang dengan kaki terkuat dan mengubah kecepatan dari horizontal ke vertikal agar tetap berada di udara sebanyak mungkin. Beberapa elemen yang perlu diperhatikan dari teknik stacking ini adalah:

Strategi terbang adalah sikap tubuh selama terbang, yang dilakukan setelah atlet meninggalkan tumpuan. Ada dua metode dari teknik floating ini, diantaranya:

Teknik pendaratan lompat jauh atletik harus diusahakan sebersih mungkin dan badan atau lengan jangan sampai jatuh. Pendaratan dimulai dengan posisi sendi tumit dan kaki, gerakan ini harus dilakukan dengan dua kaki. Dalam metode ini yang penting kaki turun bersamaan, kemudian pinggul bergerak maju, agar badan tidak jatuh dan tidak berakibat fatal bagi atlet.

Lompat Jangkit [lengkap]: Pengertian, Teknik, Sejarah, Lapangan, Dan Peraturan

Jenis gaya ini paling mudah karena saat terbang di udara, atlet hanya perlu menggerakkan kedua kaki hingga menekuk dan terlihat jongkok. Gaya ini harus dilakukan dengan tepat dan tegas. Saat badan melayang, posisikan seperti orang berjongkok, dengan badan agak miring. Kemudian posisi tangan melompat ke belakang badan sambil mengatur pendaratan dengan benar.

Setelah membahas pengertian lompat jauh, perbedaan teknik dan gaya dalam olahraga atletik ini, mari kita lihat juga beberapa peraturan yang perlu anda ketahui. Berikut beberapa di antaranya:

Panjang lintasan lompat jauh minimal 40 meter, atau bisa disesuaikan dengan taktik atlet. Rata-rata dilakukan pada jarak 13-45 meter. Lebar lintasan 1,22 m – 1,25 m. Kemudian jalur awalan harus dibatasi kiri dan kanan dengan garis putih selebar 5 cm.

Papan start dalam olahraga atletik ini biasanya berbentuk persegi panjang dan terbuat dari kayu. Atau Anda bisa menggunakan bahan lain yang setara, seperti plastisin yang dicat putih. Ukuran papan repelling ini biasanya panjang 1,21m, lebar 19,8cm dan tinggi 10cm. Papan boarding dipasang setidaknya 1 m dari lokasi pendaratan. Sementara itu, jarak papan pendaratan minimal 10 m di sisi terjauh kotak pendaratan.

Baca Juga :  Download Car Simulator 2 Mod Apk Terbaru Untuk Android

Lompat Jauh: Sejarah, Tahapan, Teknik, Pengertian Dan Gaya

Area pendaratan untuk lompat jauh harus memiliki lebar minimal 2,75 m dan panjang 9 m-10 m dari garis start hingga akhir area lompat. Selain itu, tangki pendarat harus diisi dengan pasir berkualitas baik dan tidak ada kerikil tajam. Permukaannya rata atau sejajar dengan papan pendorong.

Jika lebih dari 8 orang berpartisipasi dalam kompetisi lompat jauh, setiap peserta mendapat tiga lompatan. Kemudian direkrut 8 peserta dengan hasil lompatan tertinggi. Jika lompatan terjadi di posisi ke-8 dengan hasil yang sama, setiap pelompat memiliki tiga peluang lagi untuk melompat. Namun, jika kompetisi terdiri dari hingga 8 peserta, masing-masing dapat melompat sebanyak 6 kali.

Dalam perlombaan atletik lompat jauh, pemenang tidak hanya ditentukan dari hasil lompat terjauh, tetapi juga dari cara para peserta cabang olahraga masing-masing. Jika ada peserta dengan hasil atau jumlah yang sama, pemenang akan ditentukan dengan memberikan kesempatan kedua kepada semua peserta dengan jumlah yang sama.

Dalam olahraga lompat jauh, selain aturan umum seperti yang telah dibahas di atas, biasanya ada aturan khusus yang sedikit berbeda dari satu kompetisi ke kompetisi lainnya. Berikut adalah aturan lompat jauh untuk Olimpiade:

Lkpd Lompat Jauh Worksheet

Biasanya ada 12 peserta Olimpiade yang lolos untuk mengikuti kompetisi. Setiap kontestan melakukan tiga lompatan dan 8 kontestan peringkat tertinggi diundi. 8 kontestan kembali melakukan lompatan 3 detik, berdasarkan lompatan terpanjang diukur untuk menentukan pemenang. Jika ada pelompat dengan nilai yang sama, pemenang akan ditentukan oleh siapa yang melakukan lompatan terbaik pada lompatan kedua.

Lompat jauh bukan hanya tentang awalan, melayang dan mendarat. Peserta wajib melakukan lompatan dengan tata cara dan ketentuan sesuai aturan. Berikut beberapa pelanggaran lompat jauh:

Atlet yang menolak atau melompati garis akan dihitung sebagai pelanggaran. Lompatan sebaiknya dilakukan tepat di belakang garis batas, namun usahakan berada sedekat mungkin dengan garis tersebut untuk mendapatkan hasil lompat jauh yang terjauh. Kesalahan ini biasanya terjadi karena peserta hanya fokus pada kecepatan lari tanpa memperhatikan batas lompatan.

Panitia pertandingan biasanya melakukan 3 panggilan kepada para atlet sebelum giliran mereka. Namun, jika o tidak muncul setelah beberapa kali penggunaan, maka akan dianggap didiskualifikasi, karena dianggap meremehkan kompetisi.

Macam Macam Teknik Dasar Yang Harus Dilakukan Dalam Lompat Jauh

Panjang dan lebar alas kotak biasanya 1,22 m x 20,22 cm. Jadi jika seorang atlet menolak untuk melampaui kotak atau melompat keluar kotak, itu dianggap sebagai pelanggaran.

Baca Juga :  Cara Menanam Daun Bawang Sendiri di Polybag atau Pot

Juga merupakan pelanggaran untuk membuat tumpuan dengan 2 kaki dalam lompat jauh. Peserta harus mendorong hanya dengan satu kaki. Kesalahan seperti ini sering dilakukan oleh peserta yang tidak konsentrasi atau tidak mengerti aturan penunjang lompat jauh.

Pelompat jauh yang mendarat di luar pasir juga melakukan pelanggaran dan tidak akan mendapat poin. Seperti sebelumnya, kesalahan seperti ini dilakukan oleh pemain yang kurang fokus atau kurang menguasai teknik lompat jauh.

Dalam lompat jauh, Anda tidak hanya dapat mengandalkan kekuatan dan kecepatan, tetapi juga keakuratan tekniknya. Sekalipun peserta melompat dengan jarak terjauh dari peserta lain, ia dapat dianggap gagal jika melakukan pelanggaran, seperti menyentuh benda di luar kotak pasir saat mendarat. Bahkan menyentuh dengan jari saja sudah merupakan pelanggaran dan lompatan dinyatakan tidak sah.

Pembelajaran Lompat Jauh Canva Pages 1 8

Faktor terpenting keberhasilan peserta lomba lompat jauh adalah mereka harus mengeksekusi teknik dengan benar. Jika Anda melakukan teknik dengan baik dan benar, Anda bisa melompat jauh tanpa melakukan pelanggaran. Sebaliknya, meskipun peserta melakukan lompatan jarak terjauh, dianggap tidak sah jika melakukan pelanggaran atau tidak mengikuti tata cara lompat jauh.

Kecepatan dan kekuatan juga menjadi faktor penting dalam lompat jauh karena mempengaruhi daya dorong ke depan yang sangat kuat bagi seorang atlet. Kecepatan dan kekuatan, keduanya harus berjalan beriringan karena keduanya dibutuhkan untuk terbang lebih lama dan melompat.

Dalam olahraga lompat jauh, kondisi lintasan tidak begitu penting. Karena panjangnya lintasan, tolakan yang baik dan arah kecepatan angin dapat mempengaruhi jarak lompatan yang dilakukan oleh peserta.

Oleh karena itu, dalam pertandingan lompat jauh, seringkali diperlukan perhitungan kecepatan angin yang berhembus terlebih dahulu. Kecepatan angin maksimum yang diperbolehkan dalam acara lompat jauh adalah 20 meter per detik. Jika melebihi ketentuan tersebut, kompetisi dapat dibatalkan atau ditunda terlebih dahulu.

Cara Melakukan Lompat Jauh Dari Tahapan Awal Hingga Pendaratan Yang Baik Dan Benar

Hal lain yang tidak kalah penting dan juga mempengaruhi lompat jauh adalah kondisi fisik peserta itu sendiri. Wajib bagi peserta

Teknik awalan dalam lompat jauh, teknik dalam lompat jauh, kesalahan dalam lompat jauh, cara lompat skipping yang benar, lompat tali yang benar, sebutkan gaya dalam lompat jauh, cara lompat tali yang benar, posisi ayunan lengan saat melakukan lari jarak jauh adalah, cara lompat jauh yang benar, gaya dalam lompat jauh, macam gaya dalam lompat jauh, posisi menyusui yang benar