Viral  

PNS Wajib Tahu Syarat Dari MenPAN RB Agar Tunjangan PNS Naik


Immaku.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (RB”>MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas mengaku kerap mendapat pertanyaan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) terkait alasan Reformasi Birokrasi (RB) bagi PNS yang belum diangkat.

Alasannya, PNS ingin RB-nya dinaikkan agar tunjangan kinerja PNS juga bisa meningkat.

Nilai RB merupakan nilai reformasi birokrasi yang diukur dari output proses, outcome dan sebagainya.

Sah… MANFAAT GURU Grup Ini Akan Segera Cair di MARET 2023, Ini Penjelasan Lengkapnya

Menurut Anas, jika kenaikan skor RB menjadi langkah bagi PNS untuk menaikkan tunjangan kinerja, maka dampaknya akan kecil bagi masyarakat ke depan karena hanya akan menggugurkan dampak pada internal birokrasi.

Untuk peningkatan tunjangan kinerja PNS, ukurannya tidak hanya nilai RB di KemenPAN RB saja, tetapi ada rencana seperti apa yang sudah ditetapkan pemerintah.


Berdasarkan indikator yang telah ditetapkan pemerintah yang mendorong nilai BPR naik sehingga Tunjangan Kinerja dapat meningkat sebesar 40%, 60%, dan 80%.

Yuk Intip Besaran Tunjangan Hari Raya PNS dan Gaji ke-13 Berdasarkan Jabatan Aparatur Sipil Negara

Karena tunjangan kinerja merupakan salah satu BPR, kini reformasi birokrasi atas arahan Presiden Joko Widodo pasca RB “MenPAN RB Abdullah Azwar Anas menjabat difokuskan pada BPR yang berdampak.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, KemenPAN fokus pada tiga reformasi birokrasi yang berdampak, yakni RB pada kemiskinan, penanganan investasi, dan yang ketiga adalah digitalisasi.

Menurut RB “MenPAN RB, Tunjangan Kinerja PNS dapat meningkat dengan ketentuan sebagai berikut:

Pak MenPANRB Mohon Dengarkan Suara HONORER: Puluhan Tahun Melayani PNS…

1. Tata kelola kemiskinan

Jika manajemen program dan pengentasan kemiskinan baik di daerah tempatnya bekerja, maka RB akan meningkat.

Baca Juga :  Teknik Analisis Masalah dan Riset Pasar Untuk Menjadi Konsultan Bisnis Yang Harus Anda Ketahui

2. Penanganan investasi

CPNS 2023 Akan Dibuka Pertengahan Tahun Ini? Berikut Bocoran Prediksi Departemen Prioritas Kementerian PAN dan RB

Jika pelayanan investasi di bidang pelayanan penanaman modal, pbg di bidang Pekerjaan Umum (PU), iklim pelayanan dan pelayanan umum lainnya baik, maka investasi pasti akan meningkat.

Dampak dari peningkatan investasi adalah tersedianya banyak lapangan pekerjaan, dengan tersedianya lapangan pekerjaan maka angka kemiskinan akan berkurang.

3. Digitalisasi

Luar Biasa! Ternyata Ini Gaji Perangkat Desa 2023, DPR Dukung Kesejahteraan…

Menurut Anas, digitalisasi menjadi salah satu prioritas KemenPAN RB. Sebab, jika digitalisasi berjalan, pelayanan pasti akan lebih cepat, transparan, dan akuntabel.

Sehingga dapat mempercepat proses kerja yang lama menjadi lebih singkat.
Penanganan prioritas berikutnya adalah inflasi dan belanja e-catalog domestik.

Sebab, jika e-catalog berjalan dengan baik dampaknya akan jelas.

BUKAN GURU! Tenaga Honorer Ini Dapat Gaji Fantastis di Tahun 2023 Mulai Rp 4 Juta Hingga Rp 5 Juta Per Bulan

Dengan e-catalog berjalan dengan baik, produk dalam negeri dan lokal akan mudah dibeli dan proses pengerjaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan cepat dirasakan oleh masyarakat terkait dampak dari program pembangunan pemerintah.

Jika dampak pembangunan infrastruktur lebih cepat dinikmati masyarakat, maka birokrasi akan mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa ketiga syarat tunjangan PNS tersebut dapat naik diatas, sehingga syarat tersebut tidak dapat dipisahkan dari apa yang disebut dengan pelayanan publik. Jika pelayanan publik semakin baik ke depan, maka BPR akan naik. ***