Viral  

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Jenis, Tujuan & Manfaat

Literasi merupakan bagian dari parameter untuk menilai sistem pembelajaran dan siswa yang diberikan di sekolah. Apa pengertian literasi? Mungkin ini menjadi pertanyaan ketika mendengar kata literasi.

Pengertian literasi selalu mengalami revolusi dalam perkembangannya sesuai perkembangan zaman. Ada banyak variasi untuk mengekspresikan literasi, seperti literasi komputer, literasi sains, literasi media, literasi sekolah, dan sebagainya.

Dalam ulasan berikut Immaku.com akan dibahas mengenai pengertian literasi beserta tujuan, manfaat, jenis, dan prinsip literasi.

Definisi Literasi

Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Literasi berasal dari kata literature yang merupakan bahasa latin aslinya. Dimana literatus artinya orang yang belajar. Secara umum, literasi merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebut keterampilan dan kemampuan seseorang ketika membaca.

Seiring dengan perkembangan zaman, literasi tidak hanya mengacu pada membaca tetapi juga berbicara, menulis, menghitung, dan memecahkan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi adalah kemampuan seseorang dalam berbicara.

Menurut Education Development Center (EDC), pengertian literasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi yang dimilikinya. Dalam hal ini kemampuan yang dimaksud bukan hanya kemampuan membaca dan menulis saja.

Sedangkan menurut UNESCO, pengertian literasi adalah seperangkat kemampuan kognitif seseorang dalam menulis dan membaca yang dipengaruhi oleh kompetensi. Kompetensi yang dimaksud dalam hal ini adalah kelembagaan, konteks kebangsaan, bidang akademik, pengalaman, dan nilai-nilai budaya.

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian literasi cukup beragam karena berkembang dari waktu ke waktu. Berikut ini adalah pengertian literasi menurut beberapa ahli:

Elizabeth Sulzby

Elizabeth Sulzby pada tahun 1986 menyatakan definisi literasi sebagai kemampuan berbicara bahasa seseorang. Dimana keterampilan berbahasa digunakan dalam berkomunikasi, baik berbicara, membaca, menulis, maupun menyimak dengan berbagai cara.

Singkatnya, definisi literasi Elizabeth Sulzby adalah kemampuan individu untuk membaca dan menulis.

Jack Good

Jack Goody menyatakan bahwa literasi adalah kemampuan individu untuk menulis dan juga membaca.

Harvey J.Graff

Pada tahun 2006 Harvey J. Graff mengemukakan definisi literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca dan menulis.

Alberta

Definisi literasi menurut Alberta adalah kemampuan untuk menambah keterampilan, pengetahuan, menulis, membaca, dan berpikir kritis saat memecahkan masalah. Selain itu, literasi juga merupakan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Literasi diharapkan mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat dan mampu mengembangkan potensi lingkungan sekitar.

Merriam – Webster

Seorang ahli bernama Merriam-Webster juga mengemukakan pengertian literasi. Dimana pengertian literasi dinyatakan sebagai kualitas literasi atau kemampuan dalam diri individu.

Baca Juga :  Yamaha XMAX - Harga, Review, dan Spesifikasi Terbaru 2019

Kemampuan yang dimaksud meliputi menulis, membaca, menggali ide, dan memahami sesuatu secara visual.

Institut Literasi Nasional

Definisi literasi menurut Lembaga Literasi Nasional adalah kemampuan seseorang untuk menulis, membaca, berbicara, memecahkan masalah, mengandalkan keterampilan yang dibutuhkan dalam masyarakat dan pekerjaan.

Definisi yang dimaksud memberikan makna literasi yang cukup kontekstual. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan, yaitu pengertian literasi cukup bervariasi tergantung keahlian yang dibutuhkan untuk sesuatu.

Tujuan Literasi

Tujuan Literasi

Setelah Anda memahami apa itu literasi, Anda pasti akan memiliki gambaran tentang tujuan literasi. Berikut adalah beberapa tujuan yang dimiliki literasi:

  1. Berperan dalam meningkatkan pengetahuan di masyarakat dengan membaca berbagai hal yang cukup bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Membantu meningkatkan kemampuan individu untuk menilai dan memberikan pendapat kritis atas karya tulis.
  3. Mendorong dalam meningkatkan pemahaman individu pada saat menarik kesimpulan dari informasi yang diperoleh atau dibaca.
  4. Mengembangkan dan menumbuhkan budaya literasi di masyarakat luas.
  5. Berperan dalam mengembangkan dan menumbuhkan karakter dalam diri individu.
  6. Membantu meningkatkan nilai kepribadian individu dengan kegiatan menulis dan membaca.
  7. Berperan dalam meningkatkan kualitas penggunaan waktu seseorang agar lebih bermanfaat.

Manfaat Literasi

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa literasi memiliki berbagai tujuan. Namun, literasi tidak lepas dari manfaat yang diberikan kepada individu dan masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan diperoleh seseorang dari literasi:

  1. Menjadikan kinerja otak seseorang lebih optimal. Hal ini dikarenakan dengan literasi otak sering digunakan dalam kegiatan membaca dan menulis.
  2. Memperoleh wawasan baru dan informasi penting.
  3. Menambah koleksi kosakata seseorang.
  4. Membantu meningkatkan kemampuan seseorang dalam bidang verbal.
  5. Membantu meningkatkan kemampuan seseorang untuk menganalisis
  6. Membantu meningkatkan kemampuan berpikir seseorang.
  7. Berperan dalam membuat keterampilan interpersonal seseorang menjadi lebih baik.
  8. Menjadikan kemampuan seseorang dalam merangkai kata menjadi lebih baik dan bermakna.
  9. Membuat fokus dan konsentrasi seseorang meningkat.

Jenis Literasi

Setelah mengerti pengertian literasi Tentu Anda akan paham bahwa definisi literasi bisa bermacam-macam. Keanekaragaman makna literasi juga terkait dengan jenis-jenis literasi. Meskipun definisi literasi cukup jamak, namun tetap mengacu pada kemampuan yang dimiliki oleh individu.

Berikut beberapa jenis literasi beserta penjelasannya:

1. Literasi Dasar

Literasi dasar merupakan kemampuan dasar yang dimiliki seseorang dalam menulis, membaca, menyimak, dan berhitung. Literasi dasar memiliki tujuan agar kemampuan membaca, berkomunikasi, menulis, dan berhitung menjadi lebih optimal.

2. Literasi Perpustakaan

Definisi literasi keuangan perpustakaan adalah kemampuan untuk membedakan dan memahami karya tulis. Dimana tulisan yang dimaksud meliputi nonfiksi dan fiksi. Selain itu, literasi perpustakaan juga diartikan sebagai kemampuan memahami penggunaan indeks dan katalog.

Baca Juga :  Cara Mudah Mematikan Fitur OK Google Pada Android

Literasi perpustakaan ini juga mencakup kemampuan memahami informasi saat melakukan penelitian dan penulisan.

3. Literasi media

Literasi media adalah kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai macam media. Dimana media yang dimaksud meliputi media cetak, media elektronik, media digital, dan lain sebagainya.

Selain itu, dalam literasi media juga diharapkan seseorang mampu memahami bagaimana menggunakan setiap media yang tersedia.

4. Literasi Visual

Definisi literasi visual adalah pemahaman atau kemampuan untuk menafsirkan dan memberi makan informasi visual. Maksud dari informasi visual adalah informasi dalam bentuk gambar atau visual.

Literasi visual ini muncul dari pemikiran bahwa sebuah gambar juga dapat dibaca. Dengan demikian sebuah gambar dapat digunakan untuk komunikasi dalam proses membaca.

5. Literasi Teknologi

Literasi teknologi adalah kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi. Dimana teknologi yang dimaksud meliputi perangkat lunak dan perangkat keras.

Selain itu, literasi teknologi juga diartikan sebagai kemampuan untuk mengetahui cara menggunakan internet dan mengetahui etika dasar penggunaan teknologi.

Prinsip Literasi

Dalam sebuah pendidikan terdapat beberapa prinsip yang cukup penting untuk mengembangkan literasi. Berikut beberapa prinsip penting literasi menurut Kylene Beers tahun 2009:

1. Jadilah Seimbang

Setiap siswa atau mahasiswa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sekolah dituntut menerapkan prinsip keseimbangan dengan menggunakan strategi membaca dan variasi membaca.

2. Bahasa Lisan

Prinsip literasi yang kedua adalah menunjukkan bahwa bahasa lisan sangat penting. Setiap siswa atau mahasiswa harus mampu melakukan diskusi tentang informasi. Dalam pembahasan yang dimaksud memungkinkan adanya perbedaan pendapat.

Dengan demikian siswa atau mahasiswa dapat mengemukakan pendapatnya dan melatih diri berpikir kritis.

3. Pentingnya Keanekaragaman

Keanekaragaman adalah sesuatu yang patut dirayakan dan diapresiasi di setiap lembaga pendidikan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan buku-buku dengan tema yang cukup bervariasi.

Diutamakan menyediakan buku-buku bertemakan kekayaan budaya Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar pelajar atau mahasiswa dapat lebih mengenal budaya bangsa dan ikut serta melestarikannya.

4. Berlangsung pada kurikulum

Pada dasarnya program literasi harus diterapkan pada semua siswa. Pelaksanaan program keaksaraan tidak harus bergantung pada kurikulum tertentu. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa literasi adalah wajib untuk semua bidang studi.

Baca Juga :  Rekomendasi Film dan Serial Terbaru Netflix April 2022

Telah dijelaskan sebelumnya tentang beberapa jenis literasi secara umum. Namun, ada berbagai jenis literasi lagi jika mengacu pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam gerakan literasi nasional setidaknya ada 6 jenis literasi.

Berikut penjelasan beberapa jenis literasi menurut versi Kemendikbud:

1. Literasi baca tulis

Jenis literasi versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pertama adalah literasi, yaitu keterampilan dan pengetahuan membaca, mencari, mengolah, menulis, dan memahami informasi. Kemampuan ini bertujuan untuk memberikan analisis dan umpan balik.

Selain itu, literasi juga menggunakan teks tertulis dalam mencapai tujuan, berpartisipasi dalam lingkungan sosial, dan mengembangkan potensi.

2. Literasi Sains

Literasi sains adalah keterampilan dan pengetahuan ilmiah untuk dapat mengidentifikasi pertanyaan, menjelaskan fenomena ilmiah, memperoleh pengetahuan baru, dan menarik kesimpulan berupa fakta.

3. Literasi berhitung

Literasi numerik adalah kemampuan atau keterampilan untuk menggunakan, menafsirkan, memperoleh, dan mengkomunikasikan berbagai simbol dan angka matematika.

Selain itu, literasi berhitung juga merupakan kemampuan untuk dapat menganalisis informasi dalam bentuk tabel, grafik dan bagan untuk memutuskan sesuatu.

4. Literasi keuangan

Literasi keuangan adalah keterampilan dan pengetahuan untuk mengimplementasikan keterampilan, pemahaman, motivasi, pemahaman konsep dan risiko dalam konteks keuangan.

Tujuan dari literasi keuangan ini adalah untuk mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat secara finansial. Selain itu, untuk mendapatkan keputusan yang efektif di bidang keuangan. Dengan demikian literasi keuangan memiliki peran penting dalam masyarakat.

5. Literasi budaya

Definisi literasi Budaya adalah keterampilan dan pengetahuan untuk berperilaku dan memahami budaya Indonesia. Selain literasi budaya, yang terkait dengan Indonesia adalah literasi kewarganegaraan.

Literasi kewarganegaraan merupakan suatu keterampilan atau pengetahuan untuk memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara.

6. Literasi Digital

Literasi digital adalah keterampilan dan pengetahuan dalam menggunakan media digital, jaringan dan alat komunikasi untuk memperoleh, menggunakan, membuat informasi, mengevaluasi dan menggunakannya dengan baik dan benar.

Komunikasi merupakan kegiatan yang dibutuhkan dan dilakukan setiap hari oleh setiap orang. Seiring dengan perkembangan zaman, komunikasi banyak dilakukan secara digital. Oleh karena itu, literasi digital diperlukan untuk menumbuhkan komunikasi dan interaksi

Definisi literasi membaca dan menulis cukup bervariasi karena banyak manfaat yang dimilikinya. Literasi merupakan hal yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya tujuan literasi adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pendidikanpengetahuan dan keterampilan masyarakat.

Baca juga:

Awalnya diposting 08-12-2022 14:30:38.