Viral  

Pengertian Finansial Tujuan Dan Fungsinya

No ratings yet.

Immaku.com – Finansial adalah salah satu kata yang bersumber dari Bahasa Inggris. Apabila diartikan, finansial mempunyai arti keuangan. Namun, di dalam kamus KBBI, finansial diartikan sebagai suatu hal yang berurusan dengan keuangan.

Kalau kita teliti lebih dalam lagi, untuk membahas dinansial sendiri tak hanya sekedar perihal kondisi keuangan yang ada didalam lingkup yang besar.

Finansial adalah bagaimana kita individu, organisasi, dan juga negara. Mulai dari cara pengelolannya, peningkatan, alokasi, pemberdayaan, perhitungan risiko, dan juga prospek masa depan yang berkaitan dengan keuangan.

Jenis-Jenis Finansial

Ketika memperlajari dan memahami mengenai finanasial, tentu kita juga akan mengetahui banyak sekali jenis finansial itu sendiri. Berikut ialah beberapa jenis finansial yang perlu dicarmati:

Kondisi finansial individu mampu dilihat berdasarkan pendapatan atau gaji yang mereka punya. Kemudian, bagaimana kondisi keuangan mereka mampu memenuhi segala aspek kebutuhan orang tersebut.

Finansial individu biasanya juga akan melihat kondisi keuangan seseorang dalam jangka yang pendek, menengah, dan panjang.

Jenis finansial selanjutnya ialah finansial suatu perusahaan. Dimana finansial jenis ini ialah kondisi keuangan yang ada pada suatu perusahaan, baik itu perusahaan yang masih berskala kecil, menengah, sampai perusahaan besar.

Baca Juga: Cara Menginstal Software Investasi Bibit

Begitupun dengan perusahaan milik pemerintah. Sebuah perusahaan yang mempunyai kondisi finansial sehat akan memiliki kondisi finansial yang stabil.

Fungsi Finansial

Dari penjelasan di atas, kita sudah memahami apa itu finansial dan juga jenis-jenisnya. Berikut ini kita akan membahas perihal fungsi dari finansial. Baik untuk perusahaan, individu, maupun lembaga lainnya.

Sebab finansial menjadi salah satu aspek yang cukup penting dalam kehidupan individu, urusan ekonomi, atau negara. Dibawah ini ialah penjelasan selengkapnya.

Baca Juga :  Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Saham

Fungsi utama dari finansial ialah sebagai sarana perencanaan keuangan. Ketika kita mempunyai dana dalam jumlah yang besar. Baik itu secara individu, perusahaan, maupun pemilik urusan ekonomi.

Sebagai insan biasa yang acapkali masih melakukan kekhilafan. Termasuk juga khilaf dalam hal penggunaan keuangan yang tidak terkendali dengan baik dan sesuai agenda.

Keuangan atau finansial juga perlu diperiksa. Di dalam bahasa akuntansi hal tersebut biasanya disebut dengan istilah audit. Dimana proses audit harus dilakukan secara rutin dan bersiklus. 

Finansial memang memerlukan laporan, terlebih untuk perusahaan dan pemerintahan. Semuanya wajib dilaporkan guna menawarkan adanya transparansi dalam penggunaan keuangan. 

Sumber : gramedia.com



Views:
3