Viral  

Pengertian Asuransi Syariah Jenis Dan Tujuannya

No ratings yet.

Immaku.com.com – Untuk menjawab kebutuhan nasabah terhadap jaminan asuransi berbasis syariah membuat para perusahaan hadir dengan menghadirkan produk syariah.

Akan tetapi, tentu saja akan muncul asuransi berbasis syariah di masyarakat, beberapa kontroversi muncul perihal hukum kehalalan asuransi jenis ini yang dianggap tidak sesuai dengan prinsip Islam.

Baiklah, disini kami akan menawarkan penjelasan secara detail perihal asuransi syariah dan seluk beluknya sampai kalian yakin dalam menginvestasikan penghasilanmu kedalam produk syariah.

Apa Itu Asuransi Syariah ?

Asuransi Syariah ialah sebuah sistem asuransi yang mana peserta saling menanggung risiko dengan menghibahkan sebagai atau seluruh kontribusi melalui dana terbaru.

Hal ini acapkali diistilahkan dengan sharing of risk. Dana tersebut akan digunakan untuk membayar klaim kalau suatu ketika peserta mengalami musibah atau kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam penerapannya, perusahaan bertindak sebagai pemegang amanah dalam mengelola dan menginvestasikan dana dari kontribusi peserta. Adalah, perusahaannya hanya bertindak dalam koridor operasional dan bukan sebagai penganggung.

Tujuan Asuransi Syariah

Asuransi syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan usaha umat dengan mengemban misi aqidah, misi ibadah, misi iqtishodi, dan misi keumatan. Jadi tujuan utamanya bukan menerima laba besar mirip asuransi konvensional.

Dengan demikian, berikut ini adalah konsep asuransi syariah yang harus kalian ketahui.

Ada beberapa hal yang mendasari konsep asuransi berbasis syariah yaitu unsur tolong menolong dengan dana terbaru, yang memungkinkan dana tersebut dipinjamkan kepada peserta tanpa adanya unsur paksaan.

Selain itu, dana yang disetorkan oleh peserta tidak akan hangus kalau masa tanggunan habis dan akan dikembalikan. Semua prosedur asuransi dilandasi oleh akad yang sesuai dengan syariat Islam.

Baca Juga :  Vidio Sexxxxyyyy Bokeh China Full Youtube Videomax 2022

Baca Juga: Software Tempo Pengantin Yang Sedang Viral Free Download

Jenis-Jenis Asuransi Syariah

Setiap perusahaan asuransi berbasis syari dalam agama Islam memebrikan berbagai pilihan perihal produk asuransi apa saja yang ditawarkan. Kalian perlu memahami jenis-jenis syariah sebagai berikut:

1. Takaful Individu

Takaful Individu ialah produk yang menawarkan perlindungan dan perencanaan yang bersifat eksklusif. Jenis ini pun dibagi lagi menjadi beberapa pilihan yaitu:

  • Takaful Dana Investasi Syariah: produk ini menjamin dan menawarkan perlindungan hari tua atau menjadi jaminan dana bagi ahli waris kalau nasabah meninggal dunia lebih awal; produk ini juga mencakup perlindungan untuk keluarga
  • Takaful Dana Haji: produk ini menawarkan perlindungan dana perorangan yang berencana untuk menunaikan ibadah haji

2. Takaful Kelompok

Takaful Kelompok ialah produk yang menawarkan perlindungan dan perencanaan yang bersifat kelompok dalam perusahaan. Jenis ini pun dibagi lagi menjadi beberapa pilihan yaitu:

  • Takaful al-Khairat dan Tabungan Haji: memberi perlindungan bagi karyawan yang ingin menunaikan ibadah haji dengan pendanaan melalui iuran bersama dengan keberangkatan bergilir
  • Takaful Kecelakaan Siswa: proteksi pelajar dari risiko kecelakaan berakibat cacat bahkan meninggal dunia

3. Takaful Generik

Takaful Generik ialah asuransi berbasis syariah yang menawarkan perlindungan dan perencanaan yang bersifat umum. Jenis ini pun dibagi lagi menjadi beberapa yaitu:

  • Takaful Kebakaran: perlindungan dari kerugian yang disebabkan api
  • Takaful Kendaraan Bermotor: perlindungan terhadap kerugian pada kendaraan bermotor
  • Takaful Rekayasa: pelindungan terhadap kerugian pada pekerjaan pembangunan

Nah, itulah yang mampu disamapiakn terkait Pengertian Asuransi Syariah Jenis Dan Tujuannya, semoga berita ini dapat bermanfaat buat Anda.

Sumber : qoala.app



Views:
27