Viral  

Pembuka Universe, Inilah Perbedaan Gundala dan Gatotkaca

Industri perfilman Indonesia memang semakin ramai dengan kehadiran film-film bertema pahlawan super. Sebut saja Gundala (2019) film bertema superhero yang berhasil mendapatkan animo cukup besar dari para penonton Indonesia.

Dua tahun berselang, Satria Dewa: Gatotkaca (2022) menjadi film bertema superhero lainnya yang menghiasi layar lebar Indonesia.

Sama-sama mengisahkan pahlawan super, banyak orang yang mengira kalau Gundala (2019) dan Satria Dewa: Gatotkaca (2022) saling berhubungan. Kenyataannya, kedua film ini justru datang dari dua universe yang berbeda lho.

Gundala (2019) menjadi pembuka untuk Jagat Sinema Bumilangit, sementara Satria Dewa: Gatotkaca (2022) adalah film pembuka untuk Satria Dewa Universe.

Karena banyak yang salah sangka dengan kedua film tadi. Kali ini, Bacaterus akan memberikan informasi mengenai perbedaan antara Gundala (2019) dan Satria Dewa: Gatotkaca (2022). Untuk kamu yang sudah penasaran, bisa cek informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Berasal dari Universe yang Berbeda

perbedaan gundala dan gatot kaca-2_

Seperti yang sudah disinggung di atas, Gundala dan Gatotkaca memang tidak memiliki hubungan satu sama lain. Alasannya, karena dua karakter pahlawan super ini berasal dari dua semesta yang sangat berbeda.

Fyi, Gundala adalah salah satu karakter pahlawan super yang diadaptasi dari komik tahun 60-an dan berada di bawah naungan Bumilangit Studio.

Semesta pahlawan super ini dikenal dengan nama Jagat Semesta Bumilangit  atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Gundala menjadi karakter utama yang diperkenalkan oleh Jagat Semesta Bumilangit pada tahun 2019.

Setelah Gundala, beberapa karakter pahlawan super lainnya juga sudah dijadwalkan untuk segera ditayangkan kepada para penggemar.

Sementara untuk Gatotkaca, karakter pahlawan super yang keren ini diadaptasi dari tokoh pewayangan. Karakter Gatotkaca ini diadaptasi oleh Satria Dewa Studio sebagai pembuka semestanya yaitu Satria Dewa Universe (SDU).

Baca Juga :  Original Link Video Concert Square Liverpool Girl On Twitter & Video Concert Square Liverpool Girl Viral

Adapun semesta ini akan mengisahkan mengenai keturunan dari Pandawa dan Kurawa di era modern. Titisan dari karakter pewayangan ini, akan menyuguhkan aksi yang bikin penontonnya deg-degan.  

2. Asal Usul Gundala dan Gatotkaca

perbedaan gundala dan gatot kaca-3_

Sudah tahu kalau Gundala dan Gatotkaca berasal dari semesta yang berbeda. Tentu saja kamu pasti penasaran mengenai asal usul dua pahlawan super ini.

Fyi, karakter Gundala ini diadaptasi dari tokoh pahlawan super yang berasal komik yang diciptakan oleh Hasmi. Karakter ini muncul pertama kali pada tahun 1969, Hasmi sendiri terinspirasi dari karakter The Flash dan tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo.

Sejak pertama kali diluncurkan, Gundala langsung populer hingga kisah dalam komik ini diadaptasi jadi sebuah film pada tahun 1981.

Di tahun 2019, Bumilangit Studio mengadaptasi sosok pahlawan super ini sebagai pembuka untuk semesta buatannya. Meski tidak terlalu memuaskan, setidaknya Gundala (2019) menjadi pembuka yang cukup menjanjikan untuk Jagat Sinema Bumilangit.

Sementara untuk Gatotkaca, sepertinya karakter pahlawan satu ini tidak terlalu asing di kalangan anak muda. Kisah mengenai sosok pelindung para Pandawa dalam peperangan Kurusetra ini, kerap dikisahkan dalam berbagai dongeng khas Tanah Jawa.

Gatotkaca adalah putra Bima dan Arimbi yang berasal dari bangsa rakshasa, makanya ia memiliki kekuatan yang luar biasa.

Dalam mitologi Mahabarata, sosok Gatotkaca ini menjadi kunci bagi Pandawa untuk memenangkan peperangan melawan Kurawa.

Sementara dalam filmnya, seorang pemuda bernama Yuda dikejutkan dengan kenyataan bahwa ia adalah titisan dari Gatotkaca sang penjaga Pandawa. Berbagai kesulitan yang dirasakan Yuda semasa kecilnya ini terjadi dikarenakan pria ini memiliki takdir untuk menghancurkan Kurawa.

3. Kekuatan Gundala dan Gatotkaca

perbedaan gundala dan gatot kaca-4_

Salah satu alasan yang membuat sosok Gundala dan Gatotkaca disebut mirip, karena keduanya terlihat berkawan dengan petir.

Baca Juga :  [Link 18 ++] Xnxubd film bokeh full bokeh lights bokeh video google earth 2021 new link com

Bagi kamu yang sudah menonton Satria Dewa: Gatotkaca (2022), di scene Yuda menemukan jati dirinya sebagai Gatotkaca, ada petir yang menyambar tubuhnya. Sementara untuk Gundala, seorang pria bernama Sancaka tiba-tiba jadi kuat pasca ia terkena sambaran petir.

Namun kekuatan dari kedua pahlawan super ini sebenarnya sangat berbeda. Gundala yang dikenal juga dengan nama “Gundolo”, menjadikan petir sebagai kekuatan dan ciri khasnya.

Gundala bisa berlari secepat taifun. Ia juga bisa mengendalikan dan mengeluarkan petir dari tangannya. Sumber kekuatan Gundala ini berasal dari petir dari Raja Kerajaan petir yang bergelar Kaisar Kronz.

Sementara untuk Gatotkaca, dalam kisah pewayangan pria raksasa ini adalah keturunan dari Bima dan seorang raksasa bernama Arimbi. Gatotkaca versi modern memiliki kekuatan yang luar biasa, salah satunya tubuhnya sangat kebal dari berbagai penyakit. Pria ini disebut sebagai “otot kawat tulang besi”, serta bisa terbang ke angkasa meski ia tidak memiliki sayap.

4. Punya Tim Superhero Tersendiri

perbedaan gundala dan gatot kaca-5_

Berasal dari semesta yang berbeda, Gundala dan Gatotkaca juga memiliki tim superhero yang berbeda. Bagi kamu yang masih awam dengan dunia komik Bumilangit, para pahlawan super dalam semesta ini akan berkumpul dalam sebuah grup bernama “Patriot”.

Dalam tim superhero ini, Gundala akan bekerjasama dengan Sri Asih, Godam, Aquanus dan karakter lainnya untuk memberantas kejahatan.