Komik  

One Piece: Mengapa Shanks Dijuluki “Pembunuh Observation Haki?”

Rasanya tidak perlu kita ragukan lagi bahwa Shanks adalah salah satu karakter terkuat dalam seri One Piece. Sebagai salah satu penguasa samudera, Shanks sudah menasbihkan dirinya sebagai sosok yang sangat dahsyat yang bahkan banyak bajak laut lain takuti. Meskipun kita tahu bahwa Shanks adalah sosok yang kuat, namun kemampuan aslinya sendiri masih Oda Sensei rahasiakan.

Bahkan, sejak pertama kali muncul di serinya pun Shanks sangat jarang untuk tampil bertarung. Sosoknya sendiri terkenal sebagai pengguna Haki Penguasa terkuat saat ini. Namun, terlepas dari hal tersebut tidak banyak yang kita ketahui tentang sosok Shanks. Sampai kemudian Oda memberikan informasi terbaru mengenai karakternya.

Bersamaan dengan One Piece yang akan segera berakhir, juga perilisan One Piece Film: Red, fokus para fans kini lebih tertuju pada Shanks dan kelompok bajak lautnya. Yang menarik adalah berdasarkan informasi terbaru di booklet ‘One Piece 4 Billion’ Shanks memiliki sebuah julukan yaitu “Killer of Observation Haki” atau “Pembunuh Haki Observasi”. Apa maksudnya? Mengapa Shanks mendapatkan julukan tersebut?

BACA JUGA: Perbedaan The Boys Komik dan Series!

Shanks Mampu Hentikan Musuh Melihat Masa Depan

Observation Haki adalah salah satu dari dua Haki yang umumnya ada di seri One Piece. Dengan menggunakan Haki ini, penggunanya akan memiliki kemampuan layaknya indra keenam. Mereka bisa merasakan emosi seseorang, ancaman, bahaya, dan level kekuatan orang lain. Menguasai Haki ini pun akan memberikan kelebihan kepada para penggunanya, apalagi saat mereka sedang bertarung.

Misalnya, mereka bisa merasakan serangan yang akan muncul atau dari arah mana serangan tersebut datang. Namun, ketika kemudian penggunanya berhasil membuka seluruh potensi Observation Haki, maka mereka akan mampu melakukan sesuatu yang sangat luar biasa yaitu melihat ke masa depan. Hal inilah yang pertama kali dipraktikan oleh Charlotte Katakuri dalam pertarungan melawan Luffy.

Baca Juga :  One Piece: Shiryu Jadi Musuh Zoro Selanjutnya?

Future Sight atau kemampuan untuk melihat ke masa depan selama beberapa saat adalah sebuah kemampuan yang sangat berbahaya. Penggunanya bisa mengetahui dan mengindari berbagai serangan yang bahkan belum terjadi. Inilah yang kemudian menjadi alasan bagaimana Katakuri tidak pernah kalah sekali pun dalam pertarungannya. Dia pun belum pernah terkena serangan atau pukulan.

BACA JUGA: Shanks Tahu Keberadaan One Piece?

Yang menarik adalah ternyata Shanks memiliki kemampuan untuk “membunuh” kemampuan tersebut. Menurut Oda Sensei dalam bookletnya, Shanks memiliki kemampuan untuk membuat pernafasan musuhnya tidak teratur. Kemungkinan dia melakukan hal tersebut dengan Conqueror Haki miliknya. Dengan begitu, musuh akan sulit atau bahkan tidak akan bisa melihat ke masa depan.

Menguasai Observation Haki dan menggunakan Future Sight memerlukan ketenangan pikiran. Wajar jika kemudian Shanks mampu mengganggu ketenangan pengguna Oservation Haki, artinya penggunanya tidak akan bisa memanfaatkan Future Sight mereka. Hal ini tentunya akan memberikan sebuah keuntungan yang sangat besar bagi Shanks dalam pertarungannya, di mana dia bisa dengan mudah menghancurkan musuh.

Selain itu, ini juga alasan mengapa kemudian Shanks mendapatkan julukan “Pembunuh Observation Haki.” Masih belum ada informasi apakah kemampuan Shanks tersebut juga mampu menghentikan penggunaan Observation Haki biasa. Namun, mengingat butuh ketenangan dalam penggunaan Observation Haki artinya teknik Shanks tersebut juga berlaku untuk mencegah penggunaan seperti biasa.

BACA JUGA: One Piece: Siapa Keluarga Fearland Shanks?

Musuh Shanks

Selama bertahun-tahun, Shanks tentunya sudah pernah berhadapan dengan banyak sosok kuat, misalnya Kaido. Namun, pertarungannya melawan Dracule Mihawk adalah yang paling banyak fans ingat. Yang menarik, Mihawk terkenal sebagai pengguna Observation Haki yang luar biasa. Hal ini bisa kita lihat dalam pertempuran besar di Marineford, di mana dia bisa melihat dan menyerang Luffy dari jarak jauh.

Baca Juga :  10 Cerita Kontroversial Marvel ini Dihapus dari Canon!

Kemampuannya sebagai ahli pedang tentu sudah tidak perlu lagi kita ragukan. Dalam salah satu edisi Vivre Card, terungkap bahwa Oda sempat berencana untuk memberikan julukan “Clairvoyant” atau “cenayang” yang mana hal tersebut memberikan petunjuk bahwa dia mungkin bisa juga melihat ke masa depan.

Jika kemudian memang hal tersebut benar, maka hal ini bisa menjadi penjelasan mengapa setiap kali mereka berduel Shanks tidak pernah kalah. Dan bahkan, mungkin ini juga yang pada akhirnya membuat Mihawk mengakui bahwa akan sangat sulit untuk menghadapi Shanks mengingat dia mampu untuk mengganggu kemampuan Observation Haki miliknya.

BACA JUGA: One Piece: Kid Sebut Sosok Misterius, Siapa?

Dengan One Piece yang sudah mulai memasuki babak akhir, Shanks akan menjadi perhatian utama para fans selain sosok Luffy dan kelompok Topi Jerami. Sedikit demi sedikit kemampuan asli Shanks mulai Oda ungkapkan. Menarik tentunya untuk melihat seperti apa kekuatan Shanks yang sebenarnya. Dan mungkin kita akan melihat bagaimana kekuatan Haki Shanks mampu “membunuh” pengguna Observation Haki.