Komik  

One Piece: Inikah Pemilik Pedang Kutukan Shodai Kitetsu?

Dalam cerita One Piece salah satu benda yang paling umum atau acapkali muncul dalam ceritanya ialah pedang. Pedang adalah salah satu senjata yang banyak dipilih oleh sebagian besar karakter, selain senjata lainnya mirip senjata api, panah atau senjata lainnya. Meskipun pedang menjadi senjata yang banyak digunakan oleh para karakter, tetapi tidak semua pedang memiliki daya tahan atau ketangguhan yang sama.

Mirip yang diperkenalkan dalam ceritanya, setiap pedang memiliki tingkat kekuatan masing-masing. Ada tiga kategori besar yang diperkenalkan dalam ceritanya: Meito (pedang populer), Kokuto (pedang hitam), dan Yoto (pedang kutukan). Mirip halnya buah iblis, pedang juga memiliki berbagai cerita dan misteri. Salah satu yang cukup banyak menjadi perbincangan ialah tiga pedang Kitetsu, yang masuk dalam kategori pedang kutukan.

Masih belum diketahui apa yang membuat sebuah pedang dikutuk. Tetapi, menurut informasinya pedang Kitetsu bisa membuat pemiliknya terbunuh. Sebab itulah, jarang ada orang yang mau menggunakan pedang Kitetsu. Bahkan, mereka yang memiliki pedang Kitetsu akan memutuskan untuk menjualnya. Tetapi, tidak semua orang percaya akan hal tersebut. Roronoa Zoro ialah salah satunya.

Zoro tidak peduli dengan kutukan atau apa pun itu. Selama menurutnya pedangnya rupawan, dia akan berusaha mendapatkannya. Inilah yang terjadi kepada salah satu pedang yang menjadi andalan Zoro hingga sekarang, Sandai Kitetsu. Bahkan, Zoro menggunakannya ketika melawan Kaido dan juga King. Shimotsuki Kozaburo sendiri pernah menawarkan penjelasan mengenai Kitetsu dan pedang kutukan.

Menurutnya, tidak ada yang namanya pedang kutukan. Semua pedang memang memiliki jiwanya masing-masing, sesuai dengan apa yang diinginkan atau karakter pembuatnya. Dan sudah seharusnya sebuah pedang menjadi sesuatu yang mengerikan atau seram, sebab tujuan dari pedang sendiri ialah untuk mengambil nyawa orang lain sebanyak mungkin.

Baca Juga :  Yoshihiro Togashi, Mangaka Hunter x Hunter, Memutuskan Menambah Staf

Kozaburo juga menyebutkan bahwa semuanya tergantung kepada kekuatan atau kemampuan dari si pengguna pedang. Mereka memang harus memiliki kemampuan atau kekuatan yang sangat dahsyat untuk mampu mengendalikan atau mengatur pedang kutukan, mirip halnya pedang Kitetsu. Sebab kalau tidak, maka pengguna pedang tersebut akan  menyangka bahwa pedangnya terkutuk.

Selain Roronoa Zoro yang memiliki Sandai Kitetsu, sang kapten, Monkey D. Luffy, ternyata menggunakan pedang kutukan lainnya yaitu Nidai Kitetsu. Luffy memang bukan sosok yang biasa dan mampu menggunakan pedang. Namun, di arc Wano Country ini Luffy memutuskan untuk menggunakan pedang agar mampu sesuai dengan para samurai lainnya.

Pertanyaanya kemudian, lalu siapa pemiliki Shodai Kitetsu? Pedang Shodai Kitetsu sendiri dianggap sebagai salah satu pedang legendaris. Meskipun masih sekedar spekulasi, banyak para fans meyakini bahwa pemiliki dari Shodai Kitetsu ialah salah satu dari Lima Tetua Bintang (Gorosei). Sosok Gorosei tersebut terlihat menggunakan pakaian putih dan dia selalu memegang pedangnya.

Ada kesamaan dari pedang yang dimiliki Gorosei tersebut dengan dua pedang lainnya, yang menjadi bukti bahwa pedang Gorosei tersebut kemungkinan besar ialah Shodai Kitetsu. Contohnya ialah bagian ujung pegangan atau cross-guard. Pedang yang dimiliki Gorosei tersebut memiliki bagian ujung pegangan yang sama dengan Nidai dan Sandai Kitetsu.

Kita memang masih belum tahu apakah para Gorosei ialah karakter yang kuat atau bisa bertarung dan memiliki kekuatan. Tetapi, banyak fans meyakini bahwa mereka ialah karakter yang kuat. Belum lagi, dia menggunakan pakaian tradisional mirip halnya para samurai, sehingga memunculkan spekulasi lainnya bahwa sosok Gorosei tersebut berasal dari Wano.

Dengan asumsi tersebut, ditambah lagi Gorosei ialah “pemimpin dunia”, rasanya wajar kalau sosok misterius tersebut memiliki pedang Shodai Kitetsu, salah satu pedang legendaris di seri One Piece. Shodai Kitetsu juga dikonfirmasi adalah salah satu dari 12 pedang Saijo o Wazamono atau pedang dengan level kesempurnaan yang tinggi. Sayangnya, hingga ketika ini Oda Sensei masih belum mau menawarkan berita apa pun mengenai para Gorosei, termasuk kemampuan mereka. Mudah-mudahan saja kedepannya kita mampu mengetahui siapa sosok tersebut dan sekuat apa kemampuan pedang Shodai Kitetsu

Baca Juga :  Remarried Empress Chapter 118 Bahasa Indonesia