Komik  

One Piece: Di Mana Lokasi Road Poneglyph Kaido?

Masing-masing Road Poneglyph yang ada di cerita One Piece menghadirkan secara detail lokasi spesifik dari pulau terakhir, Laugh Tale, kalau kemudian seluruh Road Poneglyph tersebut digabungkan. Jumlah Road Poneglyph sendiri diketahui ada empat, dua berita Road Poneglyph sudah dikantongi oleh kelompok Topi Jerami. Di akhir arc Wano, para fans meyakini bahwa Luffy akan menemukan Road Poneglyph yang ketiga.

Disebutkan bahwa Poneglyph ketiga milik Kaido ada di Wano. Namun, di mana pastinya Kaido menyembunyikan Road Poneglyph miliknya tersebut? Gol D. Roger diketahui menjadi orang pertama dalam 800 tahun terakhir yang berhasil mencapai pulau Laugh Tale. Roger berhasil mengumpulkan keempat berita Road Poneglyph mulai dari milik Big Mom, kemudian dari pulau insan ikan yang sekarang menghilang, dan dua lainnya berasal dari Zou dan Wano.

Kelompok bajak laut Topi Jerami sudah berhasil mengumpulkan dua Road Poneglyph yang berasal dari Zou dan milik Big Mom. Mereka sekarang berada di ujung kemenangan untuk mengalahkan Kaido, yang adalah hanya tinggal selangkah lagi untuk menemukan posisi Road Poneglyph ketiga yang diketahui ada di Wano. Adalah Luffy harus menemukannya terlebih dahulu.

Namun, sayangnya, lokasi absolut di mana Road Poneglyph tersebut tersimpan masih menjadi misteri besar semenjak pertama kali diketahui pada chapter 967. Kaido pun bahkan tidak memberi tahu di mana lokasi Road Poneglyph tersebut kepada Big Mom. Jawaban yang paling masuk nalar dari pertanyaan tersebut ialah Road Poneglyph ada di pulau Onigashima.

Pulau Onigashima ialah markas dari Kaido dan kelompoknya, dan logikanya ini menjadi kawasan yang paling aman di wilayah Wano. Trafalgar Law sempat menemukan sebuah Poneglyph di sebuah lantai di istana Kaido, mirip diperlihatkan dalam chapter 996 kemarin. Namun, sebagian fans sendiri ragu bahwa Poneglyph tersebut ialah Road Poneglyph.

Baca Juga :  Return Of The Legend Chapter 49 Bahasa Indonesia

Lagipula, reaksi yang diperlihatkan oleh Law nampak biasa saja yang adalah mampu jadi Poneglyph tersebut bukanlah Road Poneglyph. Serta, belum ada konfirmasi dari Oda Sensei bahwa itu ialah Road Poneglyph. Hingga chapter 1047 ini, kita mungkin sudah diperlihatkan hampir seluruh bagian dari istana Kaido.

Meskipun begitu, masih ada kecenderungan bahwa ada ruangan tersembunyi yang hingga ketika ini masih belum diperlihatkan dalam ceritanya. Di sisi lain, muncul sebuah spekulasi lainnya. Apakah mungkin kalau Road Poneglyph milik Kaido tersebut tidak berada di Onigashima? Apakah Kaido menyimpannya di suatu kawasan di wilayah Wano?

Saat Oden berpetualang bersama kelompok bajak laut Roger, dia kembali untuk menerima berita mengenai Road Poneglyph yang ada di Wano. Pada ketika itu, Kaido dan Orochi sedang berkuasa di Wano, merubah wilayah tenang ini menjadi sebuah kawasan mengerikan hingga sekarang. Meskipun begitu, Oden masih tetap mampu mengambil berita tersebut dan pergi tanpa persoalan.

Nir disebutkan adanya pertarungan atau persoalan apa pun ketika Oden berusaha untuk mengambil berita dari Road Poneglyph tersebut. Bahkan, saking mulusnya semua hal yang dilakukan oleh Oden, dia tidak menyadari bahwa sang ayah, Kozuki Sukiyaki, sudah tewas di tangan Orochi dan Orochi menjadi sosok Shogun yang baru.

Berdasarkan hal tersebut, terang bahwa akses untuk menuju Road Poneglyph yang ada di Wano tidaklah sulit. Ada kemungkinan bahwa Road Poneglyph tersebut tersimpan di wilayah Kuri, sebab ketika Oden kembali untuk mengambil Road Poneglyph tersebut dia mendarat di pantai, di mana terdapat kapal yang siap menunggunya.

Kemungkinan lainnya, Oda Sensei mungkin sengaja menyimpan Road Poneglyph tersebut di kawasan yang tidak terduga mirip desa Amigasa yang sudah hancur. Itu ialah kawasan di mana Luffy pertama kali bertemu dengan Tama. Kaido mungkin sudah mengetahui di mana lokasi Road Poneglyph tersebut dan memutuskan untuk memindahkannya ke lokasi lain.

Baca Juga :  Sirkulasi Manga SPYxFAMILY Capai 17 Juta Eksemplar – TITIP JEPANG

Namun, tentu akan sangat menarik juga kalau kemudian Poneglyph berwarna merah ini ditemukan di kawasan yang tidak diduga oleh banyak orang. Jadi, kesimpulannya, Onigashima mungkin ialah kawasan yang paling logis untuk menyimpan Road Poneglyph tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada lokasi lainnya untuk menyimpan Road Poneglyph ketiga ini. Mungkin, setelah pertarungan melawan Kaido selesai, akhirnya kita mampu mengetahui di mana lokasi pastinya.