Komik  

Mengenal Technopolis, Kota Para Iron Man di Marvel!

Iron Man ternyata pernah berkuasa di sebuah negara bernama Technopolis. Negara maju tersebut menjadi saingan dari negara Latveria, yang dipimpin oleh Victor von Doom alias Doctor Doom. Di negara Technopolis, Tony Stark merupakan pemimpinnya. Dan yang tidak kalah menarik, seluruh penduduk di negara ini merupakan “Iron Man.”

Nama Tony Stark dan Iron Man sudah menjadi sosok penting di abad ke 21 ini. Berawal dari seorang yang hanya peduli mengenai keuntungan dari peperangan, dia kemudian berubah menjadi sosok pahlawan yang peduli terhadap nasib semua orang. Namun, yang menarik adalah mungkin tidak semua orang tahu jika Tony pernah menjadi pemimpin di sebuah negara bernama Technopolis.

Mengenal Technopolis

Technopolis sendiri merupakan sebuah negara utopia yang memiliki teknologi dan ilmu pengetahuan sangat dahsyat. Mereka memiliki mobil terbang dan juga armor Iron Man yang digunakan seluruh penduduk. Dalam cerita Secret Wars yang muncul pada 2015 silam, Doctor Doom berhasil menyelamatkan multiverse Marvel. Namun, akibat dari hal ini muncul sebuah planet atau realita baru yang mana salah satunya adalah Technopolis.

Dalam realita ini, Howard Stark diperlihatkan sebagai penemu pertama armor Iron Man dan bukan anaknya, Tony Stark. Yang juga berbeda adalah bagaimana dia menciptakan armor tersebut. Jika Tony Stark membuat armor Iron Man akibat putus asa, Howard membuat armornya sebagai hobi di kala senggang. Sayangnya, Howard ternyata memiliki niat yang jahat yang tidak terduga.

Demi membuat dia tetap menjadi dominan di negara tersebut, Howard kemudian menciptakan sebuah wabah virus untuk menakut-nakuti para penduduk. Sayangnya, wabah tersebut justru menyebar dengan cepat dan menjadi tidak terkendali. Hal inilah yang kemudian membuat para penduduk akhirnya terpaksa membeli armor Iron Man buatan Howard, agar mereka bisa bertahan hidup di luar sana.

Baca Juga :  Mengapa Mihawk Miliki Advanced Conqueror Haki?

Rahasia ini terus dia simpan, bahkan anaknya pun tetap menjaga rahasia besar milik sang ayah ini saat dia berkuasa. Hal ini juga yang membuat Tony kemudian berubah menjadi sosok Iron Man di realita tersebut. Yang menarik adalah pasca kematian dari Howard Stark, Tony dan sang adik, Arno, justru bersaing satu sama lainnya. Arno sendiri memiliki perusahaan dan menjadi penyedia senjata bagi para kriminal di negara tersebut.

Berbagai Hal Menarik di Technopolis

Sebagai sebuah negara yang sangat maju teknologinya dan modern, tentunya ada banyak hal yang menarik di Technopolis. Selain mobil terbang dan armor Iron Man yang dikenakan oleh seluruh penduduk, negara ini memiliki hal menarik lain. Contohnya adalah negara ini memiliki Fisk Estate dan Fisk Industries. Wilson Fisk alias Kingping merupakan musuh bebuyutan dari Daredevil.

Namun, di negara ini Fisk begitu diterima baik oleh keluarga Stark. Mereka bahkan mengizinkan Fisk untuk membangun usahanya. Technopolis juga memiliki gedung surat kabar Daily Bugle.com, di mana ini menjadi tempat kerja dari Ben Ulrich. Ben menjadi salah satu korban pembunuhan Tony Stark akibat mencoba mencari tahu tentang kebenaran apa yang terjadi pada masa lalu.

Yang terakhir, tentunya adalah Stark Tower lokasi yang menjadi salah satu kediaman Tony Stark. Terdapat juga Hall of Armor di mana keluarga Stark menyimpan dan memajang semua armor Iron Man yang sudah mereka ciptakan mulai dari armor yang pertama sampai yang paling baru.

Technopolis Hancurkan Moral Iron Man?

Seperti yang disebutkan di atas, Tony Stark dalam realita ini benar-benar tidak memiliki moral. Dia tidak seperti sosok Tony Stark yang dikenal selama ini. Di Technopolis, Tony rela menghabisi nyawa siapa pun yang mencoba menguak masa lalu keluarganya. Semakin Tony berusaha menutup rapat konspirasi besar di keluarganya, semakin beringas dan mengerikan aksi yang dia lakukan.

Baca Juga :  Kono Light Novel Ga Sugoi! Ungkap Daftar Peringkat Seri 2023

Hal ini bahkan berakibat pada beragam kejadian yang muncul, termasuk hilangnya nyawa dari sosok James Rhodes. Sebelum kematiannya, Rhodes sempat mengunggah barang bukti berupa berbagai aksi dan tindakan jahat dari Tony. Keponakan Rhodes, Lila Rhodes, akhirnya mampu membentuk sebuah pergerakan untuk menghadapi Tony Stark dengan bantuan dari karakter lain seperti Kiri Oshiro.

Technopolis benar-benar sudah merubah Tony Stark menjadi sosok Iron Man tanpa rasa kemanusiaan. Dalam realita ini, Tony tidak pernah berubah menjadi pahlawan. Dia justru menjadi pembunuh dan penjahat kejam dan mengerikan demi menutupi jejak keluarganya. Untungnya, hal ini hanya terjadi di realita alternatif dan bukan di realita utama, meskipun tidak jarang juga dia melakukan hal jahat di realita utama Marvel.