Komik  

Mengenal Squadron Supreme, Parodi Justice League di Marvel!

Baik penggemar DC maupun Marvel, pasti tahu siapa Justice League? Mereka adalah tim superhero terbaik dari DC Universe yang anggotanya terdiri dari Superman, Batman, Wonder Woman, dan masih banyak lagi. Meskipun banyak orang yang mengira bahwa Avengers adalah counterpart Justice League di Marvel, sebenarnya ada yang lebih cocok untuk menyandang gelar tersebut. Mereka adalah Squadron Supreme, tim super yang beranggotakan para counterpart Superman, Batman, dan Wonder Woman di Marvel Universe. Untuk lebih mengenal siapa mereka? Simak pembahasan di bawah ini, Geeks.

Liga Superhero dari Earth-S

Squadron Supreme aslinya adalah tim superhero pelindung Bumi yang eksis di semesta alternatif Earth-S atau lebih sering disebut Earth-Squadron. Pertama kali diceritakan di komik Avengers #85 (1971), kemunculan Squadron Supreme sendiri bermula dari inisiatif Hyperion, karakter yang asal-usul, kekuatan, dan bahkan kelemahannya mirip dengan Superman. Ketika robot alien mengancam kedamaian Bumi, tanpa pikir panjang Hyperion langsung mengajak sahabatnya Nighthawk (Batman) untuk mendirikan tim super bersama Power Princess (Wonder Woman), Doctor Spectrum (Green Lantern), dan Whizzer (Flash).

Setelah mengalahkan musuh pertama mereka, Squadron Supreme banyak menghadapi villain lain yang lebih berbahaya. Termasuk Overmind, Imus Champion, dan Null the Living Darkness. Dalam beberapa kesempatan, mereka juga pernah berhadapan dengan Avengers. Misalnya saat Overmind mengendalikan pikiran mereka untuk bertarung dengan Avengers. Atau ketika Scarlet Centurion dan Grandmaster dengan sengaja melibatkan dua tim superhero tersebut dalam sebuah kompetisi. Walaupun begitu, pada akhirnya Squadron Supreme dan Avengers selalu bersekutu untuk mengalahkan para villain.

Seiring dengan berkembangnya kisah Squadron Supreme di Marvel Universe, Hyperion juga mulai merekrut sejumlah superhero lainnya di Earth-S. Seperti Skymax (Martian Manhunter), Amphibian (Aquaman), Golden Archer (Green Arrow), Blue Eagle (Hawkman), Arcanna (Zatanna), Lady Lark (Black Canary), Tom Thumb (Atom), Nuke (Firestorm), dan masih banyak lagi. Bahkan saat Bumi mereka sempat kacau akibat ulah para villain dan pemerintahan yang korup, Hyperion dan Power Princess terpaksa menjadi pemimpin tantanan dunia baru, di mana angka kriminalitas benar-benar menurun dengan drastis.

Baca Juga :  One Piece: Dua Kapten Bajak Laut ini Gabung Topi Jerami?

Sayangnya kedamaian mereka tidak bertahan lama, karena sebuah bencana misterius mirip incursion tiba-tiba meruntuhkan Earth-S, tepatnya di komik Squadron Supreme Vol. 4 (2016). Di mana banyak anggota Squadron Supreme yang akhirnya tewas saat mencoba menyelamatkan dunia. Hanya Hyperion dan Power Prince saja yang bisa bertahan sampai akhir, sebelum akhirnya Hyperion mengorbankan diri agar Power Prince bisa menyelamatkan diri ke universe lain.

Tim Super Paling Beragam di Multiverse

Dari sekian banyak tim super Marvel, Squadron Supreme bisa dibilang adalah tim yang variannya paling beragam di multiverse. Alasannya karena di multiverse terdapat berbagai macam varian Squadron Supreme, mulai dari yang baik sampai jahat. Salah satu varian jahat yang paling terkenal adalah Squadron Sinister, tim supervillain yang muncul lebih awal di komik Avengers #69 (1969). Pada kenyataannya, mereka adalah sekelompok makhluk dengan ingatan artificial ciptaan Grandmaster, yang terinspirasi dari tim Squadron Supreme asli di Earth-S.

Sedangkan versi baik lainnya, ternyata eksis juga di Prime Earth alias Earth-616. Di mana varian Squadron Supreme ini baru debut di komik Avengers Vol. 6 (2015), menjelang akhir kisah tim yang asli di Earth-S. Walaupun tidak ada hubungannya, tetapi anggota dari tim yang ada di semesta utama ini diceritakan berasal dari berbagai universe. Yang semuanya telah kehilangan semestanya sendiri karena bencana incursion. Hyperion, Power Princess, Blur, Doctor Spectrum, Nighthawk, dan Thundra akhirnya memutuskan untuk bersatu sebagai Squadron Supreme demi melindungi rumah baru mereka, Prime Earth.

Squadron Supreme Jahat atau Baik?

Dengan banyaknya varian Squadron Supreme di Marvel, sekarang pertanyaannya mereka sebenarnya jahat atau baik? Jawabannya tergantung dari perspektif kita melihat mereka, karena varian Squadron Supreme pertama yang muncul di Marvel Universe adalah versi jahat Squadron Sinister. Namun, jika kita mengacu pada versi asli dan versi di Prime Earth, cukup jelas bahwa mereka merupakan tim superhero yang akan melindungi Bumi dengan cara apa pun. Bedanya, mereka tidak seintens dan sepopuler Avengers, jadi jarang terlihat.

Baca Juga :  Inikah Peran Captain Carter di Doctor Strange 2?

Di kisah Secret Empire, Hyperion dan kawan-kawan versi Prime Earth sempat mencoba melindungi Bumi dari Hydra yang diam-diam berhasil menjadi penguasa dunia. Dalam prosesnya varian Captain America jahat, Hydra Supreme, berhasil menggunakan alat canggih untuk mengasingkan mereka ke luar orbit Bumi. Setelah memulihkan diri, Hyperion dan kawan-kawan kembali bekerja sama dengan Avengers, untuk menyerang pemerintahan Hydra di Washington D.C., sampai akhirnya berhasil mengalahkan mereka.

Itulah pembahasan tentang Squadron Supreme, parodi Justice League di Marvel Universe. Berdasarkan identitas anggota dan juga sejarah terbentuknya tim mereka, sangat masuk akal jika Squadron Supreme menyandang gelar sebagai counterpart Justice League. Yang lebih menariknya lagi, melalui mereka kita bisa melihat sejumlah kisah Justice League yang tidak mungkin diceritakan di DC Universe.