Komik  

Mengenal Kesaktian Helm Doctor Fate, The Helmet of Nabu!

Film Black Adam akan memperkenalkan sosok baru di DCEU, yaitu Kent Nelson alias Doctor Fate. Berbicara perihal karakter Doctor Fate, umumnya para penggemar absolut sudah mengetahui bahwa dia ialah sosok yang sangat sakti. Kesaktiannya berasal dari tiga artefak sihir yang terkenal sangat powerful di semesta DC. Yaitu Amulet of Anubis, Cloak of Destiny, dan Helmet of Nabu. Dari ketiga artefak ini, Helmet of Nabu (nama dari helm Doctor Fate) sendiri ialah artefak yang paling memegang peranan penting untuk kekuatan sihir Doctor Fate. Sebab tidak mungkin ada Doctor Fate kalau tidak ada Helmet of Nabu, maka alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu asal usul dari helm sakti ini, Geeks!

Helmet of Nabu, Benda Sihir Paling Kuat di DC Universe

Helmet of Nabu ialah artefak atau benda sihir kuno beyang pertama kali muncul di komik More Fun Comics #55 (1940). Tepatnya di kisah ‘The Menace of Wotan‘ karya Gardner Fox. Berdasarkan cerita aslinya, helm berwarna emas ini ialah ciptaan entitas kosmik bernama Nabu the Wise. Nabu sendiri ialah bagian dari kelompok penyihir Lord of Order, yang telah tiba di Bumi sekitar miliaran tahun yang lalu untuk bertarung melawan Lords of Chaos. Setelah menciptakan Helmet of Nabu, arwahnya lantas besemayam di helm tersebut sambil menunggu kemunculan Doctor Fate.

Mengenal Kesaktian Helm Doctor Fate, The Helmet of Nabu!, Greenscene

Di kisah lainnya yang berlangsung di Prime Earth, sempurna di komik Doctor Fate Vol. 4 (2014) karya Paul Levits, Helmet of Nabu mempunyai asal usul yang sedikit berbeda. Di mana dewa Mesir Osiris mengklaim bahwa helm sakti tersebut adalah ciptaannya bersama dewa Thoth, untuk memenjarakan Nabu di dalamnya. Hingga sekarang masih belum terungkap mana asal usul yang benar, yang terang Nabu memang bersemayam di dalam Helmet of Nabu sambil menunggu penerusnya. Dalam penantiannya tersebut, dia bahkan masih sempat bertarung melawan Lord of Chaos selama miliaran tahun.

Baca Juga :  Link Update Bad Thinking Diary Chapter 8 English

Cita-cita Nabu untuk menemukan penerus, akhirnya benar-benar tewujud setelah miliaran tahun berlalu. Yaitu pada ketika Nabu dan sekutunya yang berasal dari golongan dewa Mesir, menemukan dan menunjuk Kent Nelson sebagai pejuang baru mereka. Semenjak ketika itu Kent mau tidak mau harus bertempur melawan Lords of Chaos dan para agennya. Di mana dia menjadi Doctor Fate untuk waktu yang sangat lama.

Majemuk Berkah Dari Helmet of Nabu

Helmet of Nabu sejatinya ialah simbol bagi seorang Doctor Fate yang tidak mungkin  terpisahkan. Poly penyihir yang sepakat bahwa Helmet of Nabu ialah artefak sihir paling kuat di alam semesta. Pada dasarnya helm kawasan Nabu bersemayam ini memungkinkan kecerdasan penggunanya untuk meningkat berkali-kali lipat. Di sisi lain Nabu juga membuat helm ini tidak mampu digunakan oleh sembarang orang. Sebab Helmet of Nabu terbuat dari logam langka ‘Nth Metal’ yang tidak terpengaruh gravitasi, penggunanya juga dapat menggunakanya untuk terbang sesuka hati.

Mengenal Kesaktian Helm Doctor Fate, The Helmet of Nabu!, Greenscene

Dengan atau tanpa Nabu di dalamnya, Helmet of Nabu sendiri dapat menawarkan kekuatan sihir yang sangat dahsyat kepada penggunanya. Termasuk sihir untuk memanipulasi kekuatan elemen dasar, mirip api, air, tanah, dan udara, baik untuk kebutuhan efensif maupun defensif. Yang lebih kerennya lagi, Helmet of Nabu juga memungkinkan penggunanya untuk memiliki Pencerahan Kosmik, yang membuatnya mampu menyadari keadaan di sekitar. Untuk kasus yang lebih langka, pengguna Helmet of Fate bahkan mampu melakukan ‘Break 4th Wall’ untuk berbicara dengan pembaca komiknya.

Sosok Yang pernah ‘Merasakan’ Helmet of Nabu

Setelah Nabu dan Doctor Fate diceritakan tewas di kisah Infinite Crisis, ada sejumlah karakter beruntung lain yang pernah merasakan berkah Helmet of Nabu. Termasuk para penyihir bernama Black Alice, Ibis the Invincible, Sargon the Sorcerer, dan Zauriel. Ada juga seekor monyet bernama Bobo T. Chimpanzee alias Detective Chimp yang menjadi sangat cerdas ketika mengenakan Helmet of Nabu. Setelah melanglang buana di alam semesta untuk waktu yang lama, helm ini pernah jatuh juga ke tangan keturunan Kent yang bernama Kent V. Nelson, sebelum akhirnya kembali kepada Kent di Prime Earth.

Baca Juga :  Ryo Yoshizawa Akan Berperan Film Live Action Adaptasi dari Manga Black Night Parade

Mengenal Kesaktian Helm Doctor Fate, The Helmet of Nabu!, Greenscene

Sekarang, sosok beruntung yang tengah mengenakan Helmet of Nabu di DC Universe ialah Khalid Nassour. Para dewa Mesir yang tersisa memilih Khalid sebab dia ialah seorang keurunan firaun. Sebagai Doctor Fate baru, Khalid meminta tolong kepada paman buyutnya yang tidak lain ialah Kent, untuk menjadi mentornya. Bersama-sama mereka menjadi duo penyihir yang sangat berperngaruh bagi sejarah DC modern. Dalam beberapa kesempatan, Khalid dan Kent bahkan pernah bekerja sama dengan Justice League Dark. Untuk menumpas kejahatan dari dunia gaib, mirip ras monster Otherkind.

Helm of Nabu di DCEU, Berkah dan Kutukan

Mengenal Kesaktian Helm Doctor Fate, The Helmet of Nabu!, Greenscene

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer dan banyak sekali media promosi film Black Adam, Kent tampak sangat sakti ketika mengenakan Helmet of Nabu. Karakter dari Brosnan ini terlihat mampu menggandakan dirinya dan juga mampu mengeluarkan sihir hebat lainnya. Menariknya, dalam sesi wawancara terbarunya dengan GQ, Brosnan mengungkapkan bahwa Helmet of Nabu adalah berkah sekaligus kutukan bagi Doctor Fate. Sebab mau tidak mau Doctor Fate jadi harus terus bergantung dengan Helmet of Nabu. Brosnan bahkan menjelaskan bahwa Helmet of Nabu dapat menyebabkan efek ‘kecanduan’ terhadap penggunanya.

Itulah pembahasan mengenai asal-usul Helmet of Nabu beserta potensinya. Kemungkinan besar DCEU juga akan menghadirkan kisah asal usul yang tidak jauh berbeda dengan di komiknya. Masih ada berbagai misteri yang menyelimuti Doctor Fate dan Helmet of Nabu di DCEU. Kalau beruntung, mungkin kita akan segera menemukan jawabannya ketika film Black Adam tayang pada tanggal 21 Oktober nanti. Selain Doctor Fate, kita juga nantinya akan mampu melihat aksi dari anggota JSA lain. Mirip Hawkman (Aldis Hodge), Atom Smasher (Noah Centineo), dan Cyclone (Quintessa Swindell).