Komik  

Mengenal Adik Moon Knight yang Jadi Supervillain!

Dari sekian banyak superhero yang debut di Marvel Comics pada tahun 70-an, mampu dibilang Moon Knight ialah superhero yang akhir-akhir ini namanya makin populer di kalangan penggemar. Hal itu mampu terjadi sebab pada ketika ini Disney bersama Marvel Studios tengah menayangkan serial live action-nya di saluran streaming Disney+. Sebagai bagian dari Fase 4 Marvel Cinematic Universe, ketika ini serial Moon Knight sendiri telah memasuki minggu kelima penayangannya dengan cerita yang mengungkap masa lalu kelam Marc Spector.

Dalam salah satu adegannya, terungkap bahwa Marc secara tidak sengaja telah membuat adiknya meninggal, setelah mengajaknya ke sebuah gua yang terendam banjir. Meskipun tidak diceritakan secara detail siapa identitas asli saudara termuda Marc tersebut, ternyata di Marvel Comics nama lengkap saudara termuda kandung Marc tersebut ialah Randall Spector. Bedanya, di Marvel Comics dia tidak diceritakan mati semenjak kecil, melainkan tumbuh dewasa sebagai seorang pembunuh berantai yang kemudian menjadi supervillain bernama Shadowknight. Mirip apa kisah Randall Spector di Marvel Comics, mari kita bahas lebih lanjut, Geeks!

Sangat Membenci Kakaknya

Pertama kali muncul di komik Hulk! (1979) karya Doug Moench, masa kecil Randall Spector diceritakan mempunyai relasi yang sangat dekat dengan kakaknya, yaitu Marc Spector. Namun, acapkali berjalannya waktu, Rand justru tumbuh sebagai remaja yang selalu iri kepada kakaknya tersebut. Itulah mengapa saat mereka berdua dewasa dan menjadi tentara Amerika, Rand sengaja membuat Marc marah dengan mengkhianatinya dalam sebuah misi, di mana hal tersebut pada akhirnya memaksa Marc untuk melukai Rand dengan melemparkan granat kepadanya dalam sebuah pertarungan.

Alih-alih bertobat, setelah peristiwa tersebut Rand malah makin menggila dengan menjadi seorang pembunuh berantai. Beberapa bulan kemudian, ketika Marc terbunuh dan dihidupkan kembali oleh Khonshu sebagai avatarnya yang bernama Moon Knight, pada ketika yang bersamaan Rand juga menemukan Makan Firaun Seti. Di dalam makam tersebut, Rand menemukan sebuah gulungan Mesir kuno yang menyatakan bahwa sebenarnya ada dua Khonshu yang harus saling membunuh agar menjadi lebih tepat, di mana itu dia terjemahkan bahwa dia harus membunuh Marc agar mampu menjadi Moon Knight.

Baca Juga :  5 ANIME BARU YANG DIPREDIKSI BAKAL HIT DI 2022

Semenjak ketika itulah Rand mulai memburu abang kandungnya tersebut, dari mulai mengambil identitas supervillain sebagai Nepthys, kemudian Hatchet-Man, hingga akhirnya menjadi Shadowknight yang jauh lebih tangguh dan brutal. Saat menjadi Shadowknight inilah dia mulai menjadi ancaman yang serius bagi Marc sebagai Moon Knight. Shadowknight tidak segan-segan menyerang kekasih Moon Knight bernama Marlene yang pada ketika itu sedang hamil. Dan pada titik inilah Moon Knight hilang kesabaran dengan mengejarnya dan memenggal Shadowknight menggunakan senjata Sapphire Crescent.

Tekadnya Membuat Sulit Mati

Saat memulai perjalanannya sebagai seorang pembunuh berantai, Rand memutuskan untuk menggunakan topeng halloween dan juga kapak saat beraksi. Dan kemudian setelah menemukan identitas baru sebagai Shadowknight, barulah dia berbagi sebuah kostum penuh yang sulit ditembus, baik oleh senjata fisik maupun sihir. Meskipun dia mempunyai tubuh seorang insan biasa, tetapi tekadnya telah membuat Shadowknight sangat sulit untuk mati. Sebelum dibunuh menggunakan Sapphire Crescent, dia selalu berhasil kembali untuk membalas dendam kepada Moon Knight.

Salah satu rahasia mengapa dia seakan-akan mampu hidup kembali ialah sebab sihir ‘lunar treatment’ yang dia dapatkan dari dewi Mesir kuno bernama Nepthys. Itulah mengapa, selain mampu cepat pulih dari setiap lukanya, Shadowknight juga dikenal sebagai supervillain yang mempunyai kekuatan dan daya tahan tubuh super. Dengan banyak sekali kekuatan super yang dimilikinya ini, ditambah lagi dengan keahliannya dalam pertarungan jarak dekat, Shadowknight hampir selalu berhasil mengimbangi Moon Knight yang pada dasarnya ialah avatar dari Dewa Bulan Khonshu.

Sebab kemunculan Shadowknight di Marvel Comics masih belum begitu banyak, tidak dijelaskan apa sebenarnya yang menjadi kelemahan Shadowknight, bahkan hingga dirinya diperlihatkan tewas di tangan kakaknya sendiri, yaitu Moon Knight. Apakah kisah Marvel Comics ini akan disesuaikan juga di MCU? Kemungkinan besar hal tersebut tidak akan terjadi di MCU, sebab saudara termuda Marc sudah diceritakan tewas semenjak mereka berdua masih kecil. Namun, siapa yang tahu ya, Geeks. Jangan lewatkan episode terakhir serial Moon Knight yang akan tayang pada hari Rabu depan hanya di Disney+.