Viral  

Mengapa Semua Siswa Harus Mempelajari Fitur Aksesibilitas Teknologi

Secara tradisional, fitur aksesibilitas dianggap sebagai alat yang hanya bermanfaat bagi pembelajar tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki siswa yang menderita disleksia, Anda dapat membantu siswa tersebut mempelajari cara menggunakan fitur text-to-speech dan speech-to-text pada perangkat mereka saat membaca dan menulis. Namun, fitur aksesibilitas (walaupun penting bagi sebagian pelajar) juga dapat bermanfaat bagi pelajar lain.

Jika kita melihat fitur aksesibilitas melalui lensa Desain Universal untuk Pembelajaran, maka kita menyadari bahwa fitur aksesibilitas adalah salah satu cara untuk mempromosikan akses dan meminimalkan hambatan bagi berbagai macam peserta didik di kelas kami.

Misalnya, alat text-to-speech bermanfaat tidak hanya untuk siswa dengan disleksia tetapi juga untuk siswa yang sedang belajar bahasa baru, siswa yang mengoreksi esai mereka dan ingin menangkap kesalahan dengan mudah, dan siswa dengan waktu terbatas yang ingin menyelesaikannya. bacaan saat mereka dalam perjalanan. Selain itu, alat text-to-speech memungkinkan kesempatan belajar multimodal.

Fitur Aksesibilitas iPad

Dalam pekerjaan saya dengan sekolah dan universitas K–12, area fokus utama adalah membantu pendidik mengeksplorasi bagaimana mereka dapat meningkatkan pengajaran dan pembelajaran dengan iPad. Ada lusinan fitur aksesibilitas luar biasa yang terpasang di perangkat Apple, beberapa di antaranya tercantum dalam pengaturan aksesibilitas dan lainnya merupakan fitur tersemat dari aplikasi tertentu. Di bawah ini adalah tujuh fitur iPad yang menurut saya bermanfaat bagi siswa.

  • Konten yang Diucapkan: Konten Lisan adalah fitur text-to-speech iPad, dan dapat membaca pilihan teks atau layar penuh. Siswa juga dapat menyesuaikan kecepatan bicara dan menyesuaikan tampilan teks saat dibaca. Misalnya, kata dan kalimat dapat disorot dengan warna berbeda untuk memudahkan pelacakan. Konten Lisan juga menyertakan fitur umpan balik pengetikan di mana iPad dapat membacakan teks dengan lantang saat siswa mengetik.
  • AssistiveTouch: AssistiveTouch mempermudah navigasi dan kontrol iPad, dan siswa dapat menyesuaikan tindakan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, siswa dapat menambahkan tindakan tangkapan layar yang membuatnya lebih mudah untuk mengambil tangkapan layar di perangkat.
  • Pembaca Safari: Dengan Pembaca Safari, siswa dapat menghilangkan konten yang mengganggu dari halaman web (seperti iklan, bilah menu, dan spanduk). Mereka juga dapat menyesuaikan tampilan halaman web, termasuk font, ukuran font, dan warna latar belakang.
  • Kaca pembesar: Magnifier memungkinkan siswa untuk memperbesar objek yang berbeda di lingkungan mereka. Misalnya, siswa dapat memperbesar halaman di buku, artefak sejarah di kelas, objek di alam, atau apa pun di lingkungan mereka yang ingin mereka amati dari dekat.
  • Dikte: Dikte adalah fitur ucapan-ke-teks iPad. Saat siswa berbicara, iPad akan secara otomatis mengubah ucapan mereka menjadi teks.
  • Menerjemahkan: IPad memiliki kemampuan terjemahan bawaan yang berfungsi di berbagai aplikasi. Misalnya, siswa dapat menyorot teks di halaman web dan menerjemahkannya ke bahasa lain. Ada juga aplikasi Terjemahan di iPadOS 14 dan lebih tinggi yang memungkinkan siswa menerjemahkan teks, suara, percakapan, dan bahkan teks pada objek di lingkungan mereka!
  • Teks Otomatis: Teks Otomatis adalah fitur baru di iPadOS 16 yang memungkinkan siswa memberi teks pada konten lisan. Misalnya, siswa dapat mengaktifkan Teks Otomatis selama pelajaran sehingga mereka dapat dengan mudah mengikuti apa yang dikatakan guru, atau mereka dapat mengaktifkan Teks Otomatis saat mendengarkan podcast.
Baca Juga :  Video De Adriana Barrientos And Adriana Barrientos Portalnet

Fitur Aksesibilitas Google dan Microsoft

Ada fitur aksesibilitas bermanfaat yang dibangun di dalam alat Google dan Microsoft juga. Di bawah ini adalah beberapa contoh.

  • Siswa dapat menggunakan Dikte di Google Dokumen dan Google Slide untuk mengonversi ucapan mereka menjadi teks.
  • Mereka dapat menerjemahkan Google Documents dari satu bahasa ke bahasa lain.
  • Siswa juga dapat mengaktifkan teks saat melakukan presentasi di Google Slide.
  • Siswa dapat menggunakan dikte di Word dan PowerPoint untuk mengubah ucapan mereka menjadi teks.
  • Mereka dapat mengaktifkan keterangan langsung atau subtitel dalam bahasa yang berbeda saat memberikan presentasi di PowerPoint.
  • Siswa dapat menggunakan Pembaca Imersif untuk melakukan berbagai tugas bermanfaat. Mereka dapat membacakan teks dengan lantang saat kata dan kalimat disorot di layar, mengeklik kata untuk mendengar pengucapan atau melihat gambar dari Kamus Gambar, menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain, dan kata kode warna berdasarkan bagiannya pidato. Immersive Reader juga memiliki banyak opsi penyesuaian. Misalnya, siswa dapat mengatur tampilan teks (misalnya, ukuran teks, spasi, font, warna latar belakang) dan berapa banyak baris teks yang mereka fokuskan dalam satu waktu. Pembaca Imersif dibangun ke dalam Office 365. Selain itu, ada ekstensi Chrome “Gunakan Pembaca Imersif di Situs Web” yang akan membaca teks pilihan di situs web.

Mengajar Siswa Tentang Fitur Aksesibilitas

Ada tiga pertanyaan penting yang harus kita jawab saat mengajar siswa tentang fitur aksesibilitas:

  • Apa saja fitur aksesibilitas perangkat/alat ini?
  • Bagaimana cara menggunakannya?
  • Kapan saya harus menggunakannya?

Siswa juga membutuhkan kesempatan untuk berlatih menggunakan fitur aksesibilitas dalam konteks yang berbeda; ini tidak hanya dapat membantu mereka mengembangkan kefasihan yang lebih baik dengan fitur-fitur tersebut, tetapi juga membantu mereka mentransfer pengetahuan mereka ke situasi baru.

Baca Juga :  Oppo Reno 7A Price In Bangladesh Harga dan Spesifikasi Terbaru 2022

Mengajar siswa tentang fitur aksesibilitas tidak perlu menjadi proses yang memakan waktu atau rumit. Dalam bukunya Ubah Pengajaran Anda dengan Desain Universal untuk PembelajaranJennifer L. Pusateri menyarankan strategi yang disebut “Fitur 5 Menit”, di mana setiap minggu, Anda membutuhkan waktu lima menit untuk berbagi fitur yang bermanfaat.

Saat kami bekerja untuk membantu siswa menjadi pencipta, bukan hanya konsumen teknologi, mengajari mereka tentang fitur aksesibilitas juga dapat membantu mereka memastikan bahwa konten yang mereka buat dapat diakses oleh orang lain. Misalnya, dengan mempelajari tentang pentingnya teks, siswa dapat memastikan bahwa presentasi yang mereka sampaikan dan video yang mereka buat dirancang secara proaktif dengan mempertimbangkan aksesibilitas.

Dengan meluangkan waktu untuk secara eksplisit mengajari siswa tentang fitur aksesibilitas, kami dapat memastikan bahwa siswa kami memiliki kesempatan untuk mempersonalisasi pembelajaran mereka dan menunjukkan pemahaman mereka dengan cara yang mengakui variabilitas siswa dan mendorong perwakilan siswa. Kami juga dapat membekali mereka dengan alat untuk membuat konten yang mereka buat lebih mudah diakses oleh orang lain.