Anime  

Inilah 5 Manfaat Penting Sunscreen Untuk Wajah Kamu!

Bentuk dan cara perawatan wajah memang berbeda-beda dan perlu dilakukan secara rutin. Mulai dari menggunakan facial wash, make up remover, toner, dan juga sunscreen. Semua mampu kau lakukan dan diadaptasi dengan kebutuhan kulit wajah. Ada berbagai produk perawatan wajah yang wajib digunakan, satu di antaranya ialah sunscreen.

Sunscreen ialah salah satu skincare yang wajib digunakan sehari-hari. Dikatakan wajib sebab sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dalam jangka panjang. Manfaat sunscreen untuk wajah memang tidak eksklusif dirasakan secara instan, namun sangat menawarkan efek untuk kulit di hari tua nanti. Berbentuk losion, spray, gel, foam, atau stick, Sunscreen dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB.

Meski UVA dan UVB sama-sama buruk bagi kulit, sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah sebab mampu menembus bagian terdalam kulit Kau. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam. Sedangkan sinar UVB radiasinya jauh lebih kuat daripada UVA Terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar.

Sebelum memutuskan untuk membeli produk sunscreen, ada baiknya kau ketahui betul apa itu sunscreen dan apa fungsinya. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan perihal kegunaan sunscreen untuk wajah berikut ini!

Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Kalau kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari mampu memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. Untuk jangka pendeknya, efek buruk yang mampu dirasakan ialah kulit menjadi memerah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih. Ad interim untuk jangka panjangnya mampu menyebabkan proses penuaan dini yang mengarah pada kerutan, flek, bahkan yang lebih parah ialah kanker kulit.

Sinar matahari sendiri terbagi beberapa jenis, yang paling dikenal ialah sinar UVA dan UVB. Sinar UVA bisa merusak kulit dengan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul. Ad interim sinar UVB memicu sensasi perih terbakar, menciptakan efek belang sekaligus gelap di kulit, dan efek panjangnya mampu memicu terjadinya kanker kulit

Mencegah Komedo

Komedo absolut menjadi salah satu persoalan kulit yang sangat mengganggu. Penyebab munculnya komedo, salah satunya di latar belakangi oleh paparan sinar matahari. Adanya komedo di wajah absolut mampu jadi persoalan kurangnya percaya diri. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, kau mampu meminimalisir timbulnya komedo di wajah. Timbulnya komedo di wajah ialah paparan sinar matahari secara eksklusif.

 Maka dari itu, penting bagi kau, yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat untuk memakai sunscreen. Ketika membeli sunscreen pilihlah produk yang cocok dengan jenis kulit wajah kau.

Baca juga: Tunjangan Hari Raya (THR), Dari Mana Asal Usulnya?

Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat

Salah satu protein dalam tubuh yaitu kolagen memiliki peran besar dalam menjaga kulit tetap kenyal, halus, dan sehat. Namun sayangnya, paparan sinar UV mampu merusak produksi kolagen di dalam tubuh sehingga kulit dapat kehilangan kekenyalannya. 

Saat kulit terpapar oleh sinar UV, kolagen dan elastin dalam tubuh yang terletak dalam lapisan dermis dan  berperan sebagai jaringan penopang dapat terpecah dan rusak. Hal ini diakibatkan oleh sinar UVA yang bisa menembus sampai ke lapisan kulit terdalam. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan muncul kerutan-kerutan halus. Itulah sebabnya dengan menggunakan sunscreen, kau mampu melindungi kulitmu tetap sehat dan kenyal sebab produksi kolagen yang tetap terjaga. 

Menjaga dan Memperkuat Skin Barrier

Gambaran sinar UV yang terus menerus dan intens juga dapat merusak skin barrier yang adalah lapisan penting yang dimiliki oleh kulit, termasuk kulit wajah untuk melindunginya dari banyak sekali persoalan kulit mirip jerawat, kulit sensitif, kemerahan, bruntusan, dan masih banyak lagi. 

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, sinar UVB yang dipancarkan oleh matahari bisa mencapai lapisan bernama Stratum Corneum (SC) yang terletak pada lapisan epidermis kulit. Sinar UVB yang mencapai lapisan Stratum Corneum ini, kemudian akan mengganggu penghalang kulit yang menyebabkan kulit menjadi dehidrasi yang akan terjadi pengurangan tingkat air pada lapisan tersebut.

Saat hal ini terjadi, kemampuan perlindungan alami yang dimiliki oleh kulit akan menurun dan mengakibatkan persoalan kulit muncul. Untuk menghindari rusaknya skin barrier, kau mampu menggunakan sunscreen setiap hari apapun aktivitas yang kau lakukan.

Mencegah Kanker Kulit

Salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker kulit ialah paparan sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan di kulit dapat menyebabkan radiasi di kulit yang dapat merusak DNA pada sel kulit. Diketahui, sinar UVA yang dipancarkan oleh matahari bisa menembus sampai ke dalam lapisan kulit dan dapat merusak jaringan kolagen serta DNA kulit dalam jangka waktu panjang. perubahan genetik DNA inilah yang menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Kau mampu sesuaikan kandungan SPF pada sunscreen dengan kebutuhan, memilih merk sunscreen yang sesuai kebutuhan dan budget, dan lain sebagainya, dan jangan hingga tertinggal menggunakan sunscreen ketika memulai aktivitas, ya!

Kalau sudah terlanjur muncul efek buruk dari paparan matahari, sunscreen tetap diperlukan untuk mencegah kerusakan bertambah banyak atau meluas. Guna memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi maka perlu penanganan-penanganan khusus yang akan diadaptasi dengan kondisi kerusakan masing-masing.

Kau mampu berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Seorang ahli Kulit dan Kelamin terdekat guna menerima penanganan terbaik sesuai kondisi Kau.