Komik  

Inikah Tempat Asal Dewa Mesir di Moon Knight?

Dari sekian banyak tayangan superhero pada tahun 2022 ini, mampu dibilang Moon Knight ialah salah satu serial Marvel Cinematic Universe yang berhasil menyajikan tayangan unik dengan tema dewa-dewa Mesir kuno. Dibintangi oleh Oscar Isaac, serial MCU ke-6 ini bercerita perihal petualangan Marc Spector / Steven Grant sebagai avatar dari Dewa Bulan bernama Khonshu. Berbekal kekuatan dari dewa Mesir kuno tersebut, Marc dan Steven mampu menjelma sosok insan super yang biasa dipanggil Moon Knight dan Mr. Knight.

Menjelang minggu kelima penayangan serial Moon Knight, pada akhirnya terungkap bahwa ada berbagai dewa Mesir kuno selain Khonshu. Adapun nama-nama dewa Mesir yang telah disinggung di serialnya di antara lain ialah Khonshu, Ammit, Isis, Osiris, Horus, Hathor, Tefnut, dan Taweret yang baru saja muncul di akhir episode 4 pada hari Rabu lalu. Menariknya, para dewa yang disebut sebagai Ennead ini ternyata sudah ada semenjak lama di MCU, sebab mereka ialah sosok yang sangat berperan penting dalam mengendalikan Bumi. Kalau mirip itu kasusnya, lantas dari mana asal para dewa Mesir kuno ini?

Mirip yang kita tahu bahwa semua dewa yang telah diperkenalkan di MCU absolut mempunyai ‘planet’ asalnya masing-masing, mirip planet Asgard yang adalah kawasan asal para dewa Nordik, begitu juga dengan World Forge yang adalah kawasan kelahiran para Dewa Ruang Angkasa alias Celestial. Sedangkan untuk dewa Mesir di MCU, hingga ketika ini masih belum dijelaskan secara detail dari mana sebenarnya mereka berasal. Namun, di serial Moon Knight episode 3, Khonshu pernah diperlihatkan marah kepada para Ennead lain, sebab menurutnya mereka terlalu lama bersantai di ‘Overvoid’.

Baca Juga :  Spoiler One Piece 1059: Pertarungan Mantan Shichibukai!

Di Marvel Comics sendiri, Overvoid atau Othervoid ialah sebutan untuk kawasan asal para dewa Mesir yang mempunyai nama asli Celestial Heliopolis. Diceritakan pertama kali pada tahun 1975 melalui komik Thor #240, C. Heliopolis ialah sebuah dimensi yang letaknya berada di dunia lain. Alih-alih berada di semesta yang sama dengan Bumi, sepertin Asgard dan World Forge, C. Heliopolis justru lebih seperti mirip Dark Dimension yang muncul di film Doctor Strange. Itulah mengapa para Ennead memilih avatarnya sendiri di Bumi, seperti mirip Dormammu yang menjadikan Kaecilius sebagai salah satu avatarnya.

Sebenarnya jauh sebelum para Firaun berkuasa di Mesir, para Ennead ialah entitas kosmik yang menduduki Bumi. Namun, sebab insan meninggalkan mereka, pada akhirnya para Ennead memutuskan untuk tinggal di C. Heliopolis. Meskipun berada di dunia lain, tetapi lokasi C. Heliopolis cukup berdekatan dengan ‘eksistensi’ Bumi, sehingga nexus dari kedua lokasi ini akhirnya bertemu di Kota Mesir. Itulah mengapa para Ennead lebih acapkali disebut sebagai dewa-dewa Mesir kuno, sebab mereka dapat melihat eksklusif keadaan Bumi dari C. Heliopolis hanya dengan melalui nexus antar dimensi tersebut.

Walaupun sebagian besar Ennead berada di Overvoid atau Celestial Heliopolis, tetapi mereka masih cukup berkuasa di Bumi melalui para avatarnya. Osiris sebagai para pemimpin Ennead bahkan mengatakan bahwa mereka masih tetap mengawasi Bumi dan sebisa mungkin untuk tidak terlalu mencampuri urusan insan, mirip yang dilakukan oleh Khonshu dengan avatarnya, Moon Knight. Itulah pembahasan mengenai kawasan asal dewa Mesir kuno di serial Moon Knight. Semoga saja di dua episode terakhirnya nanti, kita mampu melihat mirip apa penampakan asli Celestial Heliopolis versi MCU ya, Geeks.

Baca Juga :  http / / tập tin. catbox. moe / eorzbx. mp4