Komik  

Inikah Nasib Film Reboot Spawn?

Penggemar veteran komik superhero Amerika pasti setidaknya pernah mendengar judul komik Spawn. Komik ciptaan Todd McFarlane yang rilis perdana pada tahun 1992 ini berfokus pada seorang pembunuh bayaran Albert Francis Simmons yang akhirnya dibunuh oleh bosnya sendiri. Merasa belum siap mati, Al yang masuk ke neraka lantas memutuskan untuk membuat perjanjian dengan iblis Malebolgia agar bisa hidup kembali. Sebagai gantinya, Al harus bersedia untuk menjadi pasukan neraka yang dikenal sebagia Spawn.

Kesuksesan komik Spawn sendiri pada akhirnya menelurkan sebuah film adaptasi Hollywood pada tahun 1997. Meskipun filmnya menuai banyak kritik, tetapi sejak saat itu Spawn menjadi ikon pop kultur yang cukup populer di kalangan penggemar superhero. Hal inilah yang kemudian membuat kabar tentang film reboot Spawn mulai mengemuka. Tepatnya pada tahun 2013, saat Marvel dan DC berhasil membuat industri perfilman superhero kembali bergairah.

Sekarang, setelah hampir satu dekade berlalu, tampaknya pengembangan film reboot Spawn masih berada dalam tahap development hell. Apa yang sebenarnya terjadi? Untuk menjawab hal tersebut, kali ini kita akan coba merangkum setiap informasi resmi terkait film reboot Spawn, sehingga ada sedikit kejelasan terkait nasib proyeknya. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: 10 Film Berbudget Produksi Termahal!

Jajaran Bintang yang Terlibat

Sejak kabar reboot Spawn pertama kali mengemuka pada tahun 2013, Jamie Foxx adalah aktor yang aktif mengkampanyekan perannya sebagai Al Simmons. Menurutnya, Spawn adalah salah satu proyek yang sangat membuatnya bersemangat. Pada tahun 2020, Foxx sempat berbicara kepada CinemaBlend bahwa dia terus menyemangati sutradara Todd McFarlane agar mewujudkan filmnya. “Saya mengatakan kepadanya ‘Bro, saya percaya bahwa suatu hari nanti kau akan bisa mewujudkannya’. Spawn adalah karakter menarik yang tentunya akan bisa menghasilkan sesuatu yang sangat spesial,” ungkap Foxx.

Baca Juga :  Spoiler Raw Shuumatsu no Valkyrie 65 Indonesia

Selain Foxx, pada tahun 2018, aktor Jeremy Renner juga sempat dirumorkan bergabung dengan proyek reboot Spawn. Di mana rencananya dia akan berperan sebagai karakter Maximilion Steven Percival ‘Twitch’ Williams III. Di komiknya, Twitch Williams adalah seorang detektif dari NYPD yang cukup sering membantu Spawn dalam setiap misinya. McFarlane pernah meminta tolong kepada Foxx untuk meyakinkan Renner agar mau terlibat dalam proyeknya. Sejak saat itu masih belum terungkap apakah Renner menerima tawarannya atau tidak.

Memiliki Rating Dewasa

Sebagai pencipta komik Spawn sekaligus sutradara film reboot Spawn, Todd McFarlane sempat mengungkapkan bahwa dia ingin filmnya nanti mempunyai rating dewasa. Dalam acara ACE Comic-Con pada tahun 2018, McFarlane bahkan sempat menjelaskan bahwa dia ingin filmnya lebih brutal dari Deadpool, yang terkenal sukses karena rating dewasanya. Gagasan tentang rating dewasa ini kemudian makin digaungkan oleh McFarlane, setelah dia melihat kesuksesan film superhero ‘dewasa’ lain, seperti Logan dan Joker yang sangat diterima dengan baik oleh pasar.

Dalam sesi wawancaranya dengan media Phoenix New Times pada tahun 2020, McFarlane mengatakan bahwa elemen dewasa dari komik superhero sangat mungkin untuk terwujud. Selain itu dia juga merasa bahwa pada saat yang bersamaan film seperti itu juga dapat menguntungkan secara finansial. McFarlane bahkan mengungkapkan bahwa setelah film Joker sukses, dia mendapatkan banyak panggilan yang mendorongnya untuk mewujudkan film reboot Spawn.

Blumhouse Productions Produksi Film Spawn

Meskipun kabar reboot Spawn sudah mulai mengemuka sejak tahun 2013, tetapi McFarlane baru secara resmi mengumumkannya pada tahun 2015. Di mana dia terlibat langsung sebagai pencipta sekaligus sutradaranya. Dua tahun kemudian, pada tahun 2017, barulah ada studio yang tertarik untuk memproduksi film, yaitu Blumhouse Productions. Pada tahun 2020, Jason Blum selaku CEO Blumhouse Productions dan juga produser eksekutif filmnya, pernah berbicara kepada Comicbook.com bahwa proyeknya masih dalam keadaan aktif dan ada banyak perkembangan besar yang telah mereka lakukan.

Baca Juga :  Seberapa Cepat Sonic Berlari? | Immaku.com

Optimis Film Spawn Terwujud

Memang tidak banyak informasi resmi yang mengungkap secara pasti akan seperti apa nasib dari proyek reboot Spawn ini. Walaupun begitu, setidaknya tidak pernah ada laporan yang mengungkap bahwa filmnya batal. Apalagi pada bulan April lalu, McFarlane sempat memberikan kabar pembaruan yang cukup meredakan kekhawatiran dan rasa penasaran penggemar. Di mana dia berbicara kepada Bleeding Cool bahwa sampai detik ini dia masih sangat optimis dengan proyek reboot Spawn. “Saya akan mengatakan bahwa sekarang adalah saatnya [proyek Spawn terwujud] atau tidak sama sekali,” kata McFarlane.

BACA JUGA: Deretan Film Superhero Baru Non Marvel & DC!

Berdasarkan pernyataan terbaru McFarlane ini seperti sudah cukup jelas bahwa proyek Spawn masih berjalan sampai Sekarang. Meskipun penuh dengan lika-liku dan perjuangan, sampai saat ini tidak ada satu pun pihak yang berani mengatakan bahwa filmnya tidak jadi dibuat. Bahkan setelah hampir sepuluh tahun berlalu, McFarlane, Foxx, dan Blum tampaknya masih cukup bersemangat dengan proyek reboot Spawn. Setidaknya semangat merekalah yang sampai sekarang bisa penggemar jadikan pegangan, sampai akhirnya film baru Spawn benar-benar tayang di bioskop pada masa yang akan datang.