Viral  

Dana BOS Kemenag Cair, Ini Besaran Yang Diterima Sekolah

Tahun 2023 dana BOS dari Kementerian Agama (Kemenag) untuk madrasah swasta akan segera cair, anggarannya tidak main-main mencapai Rp 4 triliun dan saat ini sudah masuk ke rekening bank penyalur (RPL).

Madrasah swasta sudah dapat memproses pencairan dana BOS dari Kementerian Agama sesuai dengan juknis yang dikeluarkan Ditjen Pendis.

M Ali Ramdhani selaku Dirjen Pendidikan Islam mengatakan, saat ini proses tersebut merupakan tahap pertama dari proses pencairan dana BOS Kementerian Agama.

Anggaran sebesar itu nantinya akan dialokasikan untuk 49.074 madrasah swasta di seluruh Indonesia.

Ali Ramdhani juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu telah menyetujui pencairan dan sesuai prosedur hari ini (18 Januari 2023) dana telah dicairkan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) ke rekening bank penyalur BOS milik Kementerian Keuangan RI. Pendis Agama.

M Isom Yusqi selaku Direktur Kurikulum, Fasilitas, Kelembagaan, dan Kemahasiswaan (KSKK) memberikan penjelasan bahwa anggaran BOS Kemenag yang akan dicairkan adalah untuk 24.034 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 16.667 Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 8.373.

Masing-masing madrasah akan menerima anggaran BOS Kemenag dengan besaran yang berbeda-beda, dengan perincian sebagai berikut:

  1. 24.034 Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 1.722.236.140.000
  2. 16.667 Madrasah Tsanawiyah (MTS) akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 1.446.216.940.000
  3. 8.373 Madrasah Aliyah (MA) akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 801.145.035.000

Isom menjelaskan, tahun ini penerapan kebijakan pendanaan BOS tidak sama dengan tahun sebelumnya. Mulai tahun 2023, kebijakan pendanaan BOS majemuk untuk madrasah diterapkan.

BOS majemuk adalah kebijakan pendanaan dana BOS dengan nilai yang bervariasi sesuai dengan tingkat kemahalan daerah tempat madrasah yang bersangkutan berada.

Anggaran BOS yang diberikan ke masing-masing daerah tidak lagi sama, misalnya besaran BOS MI sampai MA di Jawa tidak sama dengan madrasah di Papua.

Baca Juga :  Download Granny Mod Apk Versi Terbaru 2023

Lebih lanjut, Isom menegaskan, dana BOS majemuk ini diharapkan dapat membuat madrasah lebih meningkatkan kualitas pendidikannya dan memenuhi kebutuhan operasional.

Halaman selanjutnya

Ia juga menambahkan, pihaknya telah menyiapkan aplikasi EDM ERKAM V.2