Viral  

Curug Sirawe, Hidden Gem Unik Di Banjarnegara

Curug Sirawe merupakan salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Banjarnegara tepatnya di Kecamatan Batur. Dengan memiliki daya tarik yang sangat unik, serta lokasinya yang berada di kawasan lembah.

Hidden Gem atau surga tersembunyi memang pantas melekat di Curug Sirawe, air terjun selalu mendapat perhatian khusus di hati para penikmat wisata alam.

Kabupaten Banjarnegara memiliki cukup banyak wisata curug atau air terjun yang bisa anda kunjungi, hampir semuanya berada di lokasi yang tersembunyi.

air terjun
peta google air terjun. sumber: Doel Klawu

baca juga : air terjun pitu

Meski membutuhkan tenaga yang melelahkan, keindahan air yang turun dari tebing tinggi adalah obatnya.

Berikut ulasan Air Terjun Curug Sirawe sebagai bahan referensi awal tempat wisata alam tersembunyi di Banjarnegara untuk dijelajahi akhir pekan ini.

Lokasi Air Terjun Sirawe

Lokasi Air Terjun Sirawe berada di alamat Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Rute menuju Curug Sirawe dari pusat kota Banjarnegara cukup jauh memakan waktu lebih dari 1 jam dengan jarak tempuh sekitar 48 km. Yaitu dengan mengarahkan kendaraan Anda ke Jl. Raya Wanayasa – Dieng.

Jika Anda berada di sekitar D’Qiano Waterpark atau Kawah Sileri, jarak menuju Curug Sirawe sangat dekat yaitu sekitar 2 km. Tidak semua akses jalan diaspal, mendingan pakai motor biar bisa duduk sat set….

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. peta google. sumber: kota putrabatang ahmad

baca juga: kawah sikidang

Jam Buka Air Terjun Sirawe

  • Jam buka Curug Sirawe setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 jam nonstop

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sirawe

  • Tiket masuk Air Terjun Curug Sirawe gratis

Fasilitas Air Terjun Sirawe

Fasilitas yang tersedia di sekitar Curug Sirawe masih minim, namun kebutuhan akan lahan parkir tetap ada.

kolam air panas sirawe
kolam air panas sirawe. peta google. sumber: Ahmadiyah 82

baca juga: air terjun sikopel

Daya Tarik Air Terjun Sirawe

1. Mendaki Curug Sirawe

Trekking ke Curug Sirawe sangat indah, dimana anda akan menyusuri jalan setapak diantara perkebunan milik warga ditambah pemandangan perbukitan yang menyejukkan mata.

Hal inilah yang menjadi daya tarik trekking Curug Sirawe ini, meski jauh dan cukup melelahkan lukisan alam yang disajikan seakan menyemangati kita untuk tidak menyerah.

Akses ke Curug Sirawe tidak ada penunjuk arah, jadi sebaiknya berangkat dengan yang pernah berkunjung atau minta ditemani warga sekitar.

Datanglah pada pagi hari saat cuaca cerah, karena jalan setapak ditutupi tanaman tinggi dan ilalang. Oleh karena itu Curug Sirawe disebut sebagai air terjun tersembunyi.

Di tengah trekking, Anda akan menemukan sebuah gazebo sederhana yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Di pos ini terlihat dua Air Terjun Sirawe.

lebih dari 1 air terjun
lebih dari 1 air terjun. peta google. sumber: Afif Riyan

lihat juga: taman air panas d’qiano

Anda akan melalui jalur trekking berupa jalan setapak, menurun dan menanjak. Selain itu, sebelum sampai di depan Curug Sirawe, Anda harus melewati sungai terlebih dahulu.

Estimasi perjalanan atau trekking ke Curug Sirawe dari lokasi parkir sekitar 1 sampai 1,5 jam tergantung pengunjung masing-masing, bisa kurang bahkan bisa lebih.

2. Permata Tersembunyi Unik

Air Terjun Curug Sirawe bisa dikatakan sebagai anugerah Tuhan yang luar biasa, selain keindahan alam disekitarnya, kondisi airnya terdiri dari air terjun yang hangat dan air terjun yang dingin.

Air terjun hangat tentu jarang kita jumpai, apalagi letaknya berdampingan, meski tidak berdekatan. Banyak pengunjung menjadikan air terjun panas sebagai spot pertama yang dikunjungi.

Kondisi aliran airnya deras, sehingga Anda bisa merasakan dampak air dan anginnya. Di bawahnya terdapat kolam alami yang tidak begitu besar namun bisa digunakan untuk bermain air.

Airnya hangat dan berasal dari mata air alami. Alam di sekitarnya dihiasi dengan pepohonan yang rindang. Berendam dalam suasana seperti ini sepertinya tidak bisa Anda rasakan setiap saat.

bermain di Air Terjun Sirawe
bermain di Air Terjun Sirawe. peta google. sumber: krpe Rifq

Lihat juga: Museum Kaliasa

Lelah trekking terbayar lunas, self healing di air terjun yang hangat bisa menghilangkan penat di jiwa dan raga.

Ada tiga air terjun yang bisa Anda nikmati di sekitar Curug Sirawe, dua air terjun terletak di bagian atas dan satu lagi berada di bagian bawah.

3. Pemandian Air Panas Toya Bira

Di sekitar Curug Sirawe terdapat pemandian air panas, tepatnya di puncak air terjun. Tiket masuknya sekitar Rp. 5.000,- Per orang.

Terdiri dari dua kolam dengan kedalaman relatif dangkal, fasilitas di sekitar Pemandian Air Panas Sirawe juga lengkap.

Lokasinya cukup luas, sebelum atau sesudah mandi jangan lewatkan untuk bersantai sambil melihat pemandangan. Jika Anda menggunakan drone, Anda akan melihat Curug Sirawe dengan pesonanya.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Oppo A31 dengan Spesifikasi Terlengkap