Komik  

Berbagai Alter Ego Tommy Oliver di Power Rangers!

Baru-baru ini sebuah kabar duka datang dari keluarga besar Power Rangers, yang melaporkan bahwa aktor Jason David Frank telah meninggal dunia pada tanggal 19 November kemarin. Frank sendiri dikenal sebagai pemeran Tommy Oliver di waralaba Power Rangers. Sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada mendiang Frank, kali ini kita akan membahas berbagai penampilannya sebagai Power Ranger. Di mana karakter Tommy sendiri adalah pemilik alter ego terbanyak dalam sejarah waralabanya. Apa saja? Berikut ini 7 identitas Power Ranger yang pernah disandang oleh karakter Frank, Tommy!

Green Mighty Morphin

Frank pertama kali memerankan sosok Tommy di serial Mighty Morphin Power Rangers (1993). Awalnya Tommy muncul sebagai Green Ranger yang merupakan musuh bagi Mighty Morphin sekaligus antek dari Rita Repulsa. Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya terungkap bahwa selama ini Rita telah mencuci otak Green Ranger yang sebenarnya baik. Setelah sadar, dia lantas menggunakan kekuatannya untuk membantu Mighty Morphin. Termasuk membagi Dragon Shield dengan Mighty Moprhin lain, serta menggunakan Dragon Dagger untuk memanggil robot keren yang disebut Dragonzord.

White Mighty Morphin

Setelah tampil di 14 episode Mighty Morphin Power Rangers, karakter Tommy diceritakan harus kehilangan kekuatannya dan sempat menghilang. Namun, karena popularitasnya, Tommy akhirnya kembali sebagai White Mighty Morphin yang mendapatkan kekuatan khusus dari Zordon. Sama seperti Green Mighty Moprhin, alter ego kedua Tommy ini juga mempunyai armor yang membuatnya terlihat keren. Bedanya, kekuatan White Mighty Morphin sudah tidak lagi menjadi personifikasi Naga alias Dragonzord, melainkan macan putih. Di mana dia bisa memanggil Tiger Zord dengan pisau belati Saba andalannya.

White Ninja

Pada suatu titik di serial Mighty Morphin Power Rangers Season 3, para Ranger pernah diceritakan mendapatkan kekuatan spesial Mighty Morphin dan menjadi Ninja Ranger. Semuanya bermula saat para Mighty Morphin pergi ke Desert of Despair dan bertemu dengan robot raksasa Ninjor, yang memberi mereka kekuatan ninja dan kostum baru. Sebagai pemimpinnya, tentu saja Tommy juga berubah menjadi White Ninja yang mengenakan kostum layaknya ninja tradisional dari Jepang. Untungnya penampilan buruk ini hanya bertahan sebentar, sebelum akhirnya dia kembali menjadi White Mighty Morphin.

Baca Juga :  Spy X Family: Ini Alasan Twilight Jadi Mata-mata!

Red Zeo

Ketika para Power Ranger Mighty Morphin diceritakan kehilangan semua kekuatannya, mereka mau tidak mau harus mencari sumber kekuatan baru agar tetap bisa melindungi Bumi. Dalam prosesnya, mereka akhirnya mendapatkan kekuatan baru dari kristal Zeo di serial Power Rangers Zeo (1996). Di mana Tommy sendiri kali ini menjadi Red Zeo yang kostumnya sama seperti Zeo lain. Bedanya dia mempunyai lambang bintang yang cukup menonjol di helmnya. Hal keren lainnya dari Red Zeo adalah Zord-nya yang bisa terbang, yaitu Sky Phoenix.

Red Turbo

Tidak menyerah dengan kegagalan serial Power Rangers Zeo, waralabanya mencoba kembali dengan format baru berjudul Power Rangers Turbo (1997), yang cukup populer di Indonesia. Di serial baru ini Tommy kembali menjadi Red Ranger, setelah para Ranger menukar semua kekuatan kristal Zeo dengan teknologi Turbo untuk melawan Divatox. Sebagai Red Turbo, dia mengendalikan Zord mobil balap yang bisa bersatu dengan Zord mobil lain untuk membentuk Turbo Megazord.

Black Dino Thunder

Setelah waralabanya mengganti Power Rangers Turbo dengan berbagai serial lain, pada saat itu penggemar mengira karakter Tommy dari Frank tidak akan kembali lagi. Faktanya, 7 tahun kemudian akhirnya Tommy kembali sebagai Black Dino Thunder di Power Rangers Dino Thunder. Kali ini dia diceritakan sudah mendapatkan gelar doktor dan menjadi dosen, bersama ketiga muridnya yang menjadi Dino Thunder, dia berjuang melawan Mesogog. Dia kembali dengan armor dan helm yang lebih menonjol dari Ranger lain. Untuk Zord-nya Black Dino Thunder bisa memanggil Brachiosaurus Zord yang ukurannya sangat besar.

Lord Drakkon

Lord Drakkon adalah versi alternatif Tommy yang eksis sebagai villain Power Rangers di dimensi lain. Dia hanya muncul di komik Mighty Morphin Power Rangers yang dirilis oleh BOOM Studios. Di komiknya diceritakan bagaimana jadinya jika Tommy tetap menjadi penjahat yang mengambil alih kekuasaan dunia dari Rita Repulsa. Penampilannya mirip seperti gabungan antara Green dan White Mighty Morphin. Di mana dia mempunyai Zord jahat yang disebut Black Dragon Zord. Meskipun tidak tampil di serial live actionnya, tetap mendiang Frank pernah melakukan sesi foto sambil menggunakan kostum Lord Drakkon.

Baca Juga :  5 ANIME SLICE OF LIFE UNDERRATED YANG HARUS BANGET DITONTON (PART 2)

Itulah 7 alter ego karakter Tommy, yang diperankan oleh mendiang Frank di waralaba Power Rangers. Melihatnya banyaknya alter ego Ranger yang diperankan oleh Frank, cukup jelas bahwa karakter Tommy mempunyai tempat khusus di hati penggemar setia Power Rangers. Rest in Peace dan selamat jalan Jason David Frank! Dari semua alter egonya ini, mana yang paling berkesan bagi kalian, Geeks?