Komik  

8 Keluarga Pahlawan dari DC Universe!

Di universe DC Comics terdapat beberapa keluarga pahlawan yang siap untuk menjaga kedamaian dan keutuhan alam semesta. Sebagian dari mereka ada yang memang terlahir dari keluarga pahlawan, namun ada juga yang berusaha untuk menghapus sejarah kelam masa lalu keluarga mereka. Dengan DC Comics yang sudah ada hampir satu abad, rasanya wajar jika kemudian mereka memunculkan banyak keluarga pahlawan.

Keluarga pahlawan menjadi salah satu elemen lain yang menarik yang muncul dalam dunia komik. Meskipun pada dasarnya mereka tidak berbeda dengan keluarga pada umumnya di dunia nyata, namun mereka memang sering memberikan kontribusi besar terutama untuk kedamaian dan keutuhan alam raya DC. Dan ada banyak keluarga superhero yang muncul dalam ceritanya. Siapa saja?

Brainiac

Banyak dari Geeks yang mungkin tidak menyangka jika Brainiac masuk dalam daftar ini. Namun, hal tersebut memang tidak bisa disalahkan mengingat Brainiac terkenal sebagai salah satu musuh bebuyutan dari Superman. Banyak kehancuran dan kerusakan yang sudah dia hadirkan di sepanjang kemunculannya. Namun, keturunannya berusaha untuk mengubah semua itu.

Coluan-leaders-introducing-Brainiac-5-to-Mon-El

Jauh di timeline masa depan, para keturunan dari Brainiac mendedikasikan diri mereka untuk membersihkan nama keluarganya. Mereka berusaha untuk melakukan berbagai hal baik, membantu semampu dan sebisa mereka. Salah satu keturunan yang paling menonjol adalah Brainiac 5, yang jadi salah satu sanggota penting dari League of Superheroes. Superman pun mengetahui jika ada keturunan musuhnya yang masih memiliki kebaikan.

Arrow Family

Di universe DC, Bruce Wayne memang bukan jadi satu-satunya bilyuner playboy yang memiliki keturunan cemerlang. Rekan sekaligus rivalnya, Oliver Queen, alias Green Arrow juga memiliki keturunan yang luar biasa. Contohnya, dia memiliki sosok istri yang tangguh yaitu Black Canary. Anaknya Connow Hawke dan adik angkatnya, Emiko Queen, juga jadi bagian dari keluarga Arrow.

Baca Juga :  Chainsaw Man: 10 fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang Power!

Meskipun pada awalnya keluarga tersebut kurang begitu harmonis, mengingat sering terjadi konflik dan juga perselisihan, namun perlahan akhirnya perbedaan tersebut mulai tersingkirkan atas nama keadilan. Hal tersebut wajar mengingat mereka kurang begitu dekat satu sama lain. Menarik tentunya untuk melihat aksi dari keluarga ini lebih sering di komiknya.

Knight Family

Knight Family adalah salah satu keluarga pahlawan yang penting di universe DC, di mana keluarga ini menjadi salah satu pilar inti terbentuknya Justice Society of America. Theodore Knight merupakan sosok pertama dari karakter Starman. Kemudian, sepupunya, Sandra Knight, adalah karakter yang kemudian menjadi sosok di balik titel Phantom Lady. Sejak saat itulah, keluarga Knight banyak berperan di dunia keadilan DC.

Starman

Saat ini, titel Starman sendiri menjadi milik anak termuda dari Ted, yaitu Jack Knight. Sementara, titel dari Phantom Lady dipegang oleh Jennifer Knight. Yang menarik adalah dalam tradisi keluarga Knight, ketika ada satu anggota keluarga mereka yang memutuskan pensiun maka artinya mereka akan tetap pensiun dan tidak lagi kembali beraksi.

Hall Family

Jika Knight Family adalah salah satu keluarga yang penting, maka keluarga Hall jadi keluarga pahlawan yang paling kuat terutama dalam hal kekuatan magis. Keluarga Hall terkenal sebagai keluarga pahlawan yang memiliki keahlian dalam kemampuan magis atau sihir. Hector Hall adalah anak dari Carter Hall dan Shiera Hall, yang merupakan Hawkman dan Hawkgirl.

Daniel-Hall-001

Hector Hall sendiri merupakan karakter yang mengisi mantel Doctor Fate keempat. Hector sendiri memiliki seorang istri, Lyta Trevor, yang merupakan pahlawan hebat dari Amazon dengan kekuatan seperti halnya Wonder Woman. Anak mereka, Daniel Hall, lahir di dimensi mimpi (Dream Realm) saat bersembunyi dari Death. Daniel sendiri diprediksi akan jadi sosok Dream of the Endless selanjutnya.

Shazam Family

Mungkin Geeks sudah tidak asing dengan keluarga Shazam, mengingat penampilan mereka di film layar lebal Shazam! pada 2019 silam. Keluarga Shazam sendiri semuanya merupakan saudara angkat, yang berada di bawah pengawasan Victor dan Rosa Vasquez. Sosok yang paling menonjol dari keluarga ini tidak lain adalah Billy Batson, sang juara dari penyihir Shazam.

Baca Juga :  Sadako DX Rilis Trailer dan Visual, serta Umumkan Pemeran Baru – TITIP JEPANG

Shazam-Marvel-Family

Sebenarnya, hanya Billy Batson yang memiliki kekuatan super sihir dahsyat berkat gabungan tujuh kekuatan penyihir. Namun, Billy sendiri kemudian bisa membagi kekuatan tersebut ke semua saudaranya. Di komiknya sendiri, hal ini terjadi setelah Black Adam menculik keluarga Billy. Dan sejak saat itu, Shazam Family pun lahir. Dari semua anggota keluarga Shazam, Mary Bromfield alias Lady Shazam, dianggap sebagai salah satu kekuatan yang dahsyat di mana level kekuatannya mirip dengan Wonder Woman dan Supergirl.

West-Allen Family

Jika keluarga Hall dan Shazam terkenal karena kekuatan sihir mereka, lain lagi dengan keluarga West Allen. Keluarga ini erat kaitannya dengan kekuatan kecepatan alias speedforce. Keluarga West-Allen merupakan salah satu keluarga pahlawan yang sangat populer di kalangan para fans. Hal ini karena Barry Allen dan juga Iris West-Allen melahirkan keturunan yang semuanya memiliki kecepatan.

the-flash-family

Bahkan, masing-masing keturunan memiliki peran penting pada masa yang akan datang. Contoh nyatanya adalah Impluse dan Kid Flash. Barry sendiri bertanggung jawab atas terciptanya dua universe di DC Comics, dengan cara berlari menggunakan speedforce. Dengan semua keturunan Barry menjadi seorang speedster, wajar jika mereka dianggap sebagai salah satu keluarga terkuat di universe DC.

House Of El

Rasanya tidak ada yang tidak mengenal keluarga superhero yang satu ini, yaitu House of El. Bangsa Krypton jadi salah satu makhluk paling kuat di DC Universe, sehingga tidak heran jika keturunan dari Jor-El kemudian menjadi pahlawan besar pada masa selanjutnya. Geeks tentunya mengenal Kal-El alias Clark Kent yang kemudian lebih sering disebut Superman. Dialah wajah dari keluarga ini.

Superman-and-his-family-in-DC-Rebirth

Namun, Clark kemudian sadar bahwa dia bukanlah satu-satunya yang selamat dari planet Krypton. Dia memiliki sepupu bernama Kara Zor-El, yang tiba di bumi dan kemudian menjadi sosok Supergirl. Clark sendiri menikah dengan Loin Lane, dan mereka melahirkan seorang anak laki-laki, Jon Kent, yang kemudian menjadi penerus ayahnya sebagai Superman. Clark juga sebenarnya memiliki keluarga lainnya yang ada di realita lain, yaitu Power Girl dan Kara Zor-El dari Earth-Two.

Baca Juga :  NieR: Automata Ver.1.1a Episode 1 Rekap & Penjelasan Akhir: Mengapa Android Bunuh Diri pada Akhirnya?

Bat Family

Ketika berbicara mengenai keluarga pahlawan di DC Universe, rasanya tidak ada yang lebih ikonik dan populer dari Bat Family. Kepopuleran Batman di dunia rasanya tidak perlu lagi diragukan. Menyadari bahwa dia tidak ingin melahirkan “Bruce Wayne” yang lain, Bruce pun kemudian merawat beberapa anak seperti Dick Grayson, yang kemudian dia latih dan jadikan rekannya, Robin. Ada beberapa karakter yang pernah mengisi mantel tersebut, dan masing-masing Robin pun berkembang dengan menarik.

Bat-Family1

Contohnya, Dick yang berkembang dari Robin menjadi Nightwing. Selain Nightwing dan Robin, Bat Family memiliki anggota lain seperti Red Hood yaitu Jason Todd dan Batgirl. Keluarga ini tidak pernah lepas dari drama dan ketegangan. Mereka terkadang tidak pernah bisa bekerja sama karena perbedaan yang ada. Namun, terlepas dari hal itu Bat Family tetap dianggap sebagai salah satu kelurga pahlawan ikonik dan kuat di DC Universe.

Keluarga pahlawan di DC Universe menjadi salah satu tambahan yang menarik, di tengah banyaknya konflik, pertarungan, atau hal mengerikan lainnya. Garis keturunan dari para karakter ini juga terkadang memiliki pengaruh untuk meneruskan warisan yang ada dari sang karakter sebelumnya. Bagaimana menurut kalian tentang keluarga pahlawan ini Geeks?