Komik  

6 Karakter Marvel yang Pernah Jadi Daredevil!

Selain Matt Murdock ternyata ada beberapa nama karakter Marvel lain yang pernah mengisi peran Matt sebagai Daredevil. Sebagian dari mereka memang memiliki niat baik, namun ada juga yang terbukti menyalahgunakan titel milik Matt tersebut. Daredevil merupakan salah satu karakter yang cukup populer sekarang, berkat kemunculannya di TV series dan juga film layar lebar.

Namun, kepopuleran Matt sendiri sudah cukup lama muncul apalagi yang mengikuti perjalanan Matt di cerita komiknya. Di cerita komiknya sendiri, terdapat beberapa momen di mana Matt Murdock tidak bisa melindungi Hell’s Kitchen entah karena berbagai alasan. Absennya Matt membuat sebagian karakter Marvel akhirnya mengambil alih tugas tersebut. Berikut adalah para karakter Marvel yang pernah jadi Daredevil.

Elektra

Elektra Natchios adalah salah satu karakter yang pernah jadi sosok Daredevil. Sosok Elektra memang sering kali terkoneksi dengan Daredevil, di mana terkadang dia menjadi rival dari Matt. Dalam komik Daredevil #25, Elektra kemudian mengisi peran Matt Murdock menjadi Daredevil. Bahkan, dia menciptakan kostum Daredevil miliknya sendiri sebagai bentuk penghormatannya terhadap Matt dan Daredevil.

Elektra-Daredevil-1

Hal ini bermula ketika sosok Matt harus berurusan dengan keluarga Stormwyns, sebuah keluarga sosialita yang mendanai berbagai serangan yang terjadi di Hell’s Kitchen. Tujuannya adalah agar para penduduk mau meninggalkan rumah mereka, karena wilayah itu hendak mereka jadikan sebagai perumahan. Matt sendiri tidak bisa berbuat banyak, bahkan dia akhirnya harus menerima kesepakatan dengan keluarga itu. Namun, Elektra kemudian diam-diam membeli perumahan itu dalam sebuah lelang dan meyakinkan Matt bahwa Hell’s Kitchen berada dalam pengawasannya.

Spider-Man

Selain Elektra, sosok karakter yang juga sering terkoneksi dengan Daredevil adalah Spider-Man. Hal ini wajar karena keduanya merupakan pahlawan level jalanan (street-level heroes) yang sangat populer. Mereka berdua juga sering terlibat dalam berbagai kejadian, serta Peter dan Matt merupakan sahabat dekat.

Baca Juga :  Resmi, Wolverine Hugh Jackman Kembali di Deadpool 3!

peter-parker

Berbeda dengan Elektra, Peter tidak membantu Matt dalam memberantas kejahatan di jalan. Peter membantu Matt dalam sebuah sidang di komik Daredevil #25 yang ditulis oleh Rob Gale dan David Ross serta Mark Pennington. Daredevil mendapatkan tuntutan karena dianggap merusak properti. Matt pun meminta Peter untuk menjadi Daredevil dalam persidangan itu. Namun, setelah keputusan sidangnya menyatakan bahwa itu semua tidak terbukti, Matt Murdock pun kembali menjadi sosok Daredevil dan Peter kembali jadi Spider-Man.

Black Panther

Black Panther memang tidak terlalu memiliki sejarah cerita dengan Daredevil seperti halnya Spider-Man atau Elektra. Namun, T’Challa pernah membantu menggantikan posisi Matt Murdock, bahkan lebih dari sekali. Dalam komik Daredevil #92 yang ditulis oleh Gerry Conway dan Gene Colan, T’Challa sempat menyamar sebagai Daredevil bersama Matt Murdock di depan media. Tujuannya adalah untuk membuktikan jika Matt bukanlah sosok dibalik topeng Daredevil.

Black-Panther-Man-Without-Fear

Puluhan tahun kemudian, T’Challa benar-benar pernah menggantikan posisi Matt sebagai pelindung Hell’s Kitchen. Di akhir cerita crossover Shadowland yang rilis pada 2010 silam, Matt Murdock memutuskan untuk mengasingkan diri akibat rasa bersalahnya. Dia merasa bertanggung jawab atas peristiwa mengerikan ketika sosoknya dikuasai oleh The Beast. Iron Fist dan Luke Cage kemudian menyadari jika pelindung Hell’s Kitchen saat itu bukanlah Matt Murdock melainkan T’Challa, berdasarkan modifikasi kostumnya.

T’Challa bahkan memiliki identitas palsu saat dia tinggal di Hell’s Kitchen. Nama palsunya sendiri adalah Mr. Okonkwo. Dia kemudian menjalin koneksi dengan berbagai penduduk di wilayah tersebut. T’Challa juga berpura-pura memiliki usaha kedai sambil bertugas menjadi Daredevil. Setelah Matt kembali, T’Challa kemudian mengembalikan identitas tersebut dan dia pulang ke Wakanda.

Baca Juga :  Video Que Se Hizo Viral De La Chica 2022 And Video De La Niña Que Se Hizo Viral

Iron Fist

Banyak orang yang berusaha menjatuhkan Matt Murdock dan Daredevil, di mana salah satu caranya adalah dengan menggiring atau melakukan framing agar Matt bisa dipenjara. Hal ini juga terjadi dalam komik Daredevil #82 yang ditulis oleh Ed Brubaker dan Michael Lark. Saat Matt Murdock dipenjara, Iron Fist setuju untuk menggantikan posisinya sebagai Daredevil untuk menjaga agar wilayah Hell’s Kitchen tetap aman.

Daredevil-Iron-Fist-fight-2

Danny Rand alias Iron Fist juga sempat mengisi posisi Matt Murdock sebagai Daredevil dalam peristiwa Civil War pada 2006 lalu. Saat itu, Matt Murdock sedang pergi ke Eropa untuk membersihkan namanya. Setelah tuduhan tersebut tidak terbukti dan Matt kembali ke Hell’s Kitchen, Danny kemudian mengembalikan titel tersebut kepada Matt dan dia sendiri kembali menjadi sosok Iron Fist.

Bullseye

Seperti yang disebutkan di atas, banyak pihak yang mencoba untuk menjatuhkan Daredevil, salah satunya adalah Bullseye. Dia adalah musuh bebuyutan dari Daredevil, dan sebagai upaya untuk menjatuhkan namanya, Bullseye pun menyusun sebuah rencana di mana dia berpura-pura menjadi Daredevil. Cerita ini terjadi dalam komik Daredevil #284-290 yang rilis pada 1991 silam.

DAREDEVIL-169-His-Name-is-Bullseye-Marvel-Comic

Dalam ceritanya, Bullseye berencana menghancurkan citra Daredevil di mata publik di mana dia kemudian menyamar menjadi Daredevil. Kemudian, Bullseye yang menyamar tersebut melakukan berbagai tindakan kriminal mengerikan. Namun, akibat kondisi mental yang tidak stabil, perlahan tapi pasti justru Bullseye meyakini dirinya sendiri adalah Daredevil dan bukan Bullseye.

Matt yang mengalami amnesia kemudian menemukan kostum lama Bullseye. Dia pun kemudian berhasil mengalahkan Bullseye dan mengambil kembali titel dan kostum Daredevil. Yang menarik adalah alur cerita ini sempat juga diadaptasi dalam seri Daredevil di platform Netflix pada musim ketiga. Bullseye menyamar menjadi Daredevil, menyerang kantor New York Bulletin dan membunuh banyak staff.

Baca Juga :  Inikah Peran Penting Sakazuki di Arc Terakhir One Piece?

The Beast

Dalam alur cerita Shadowland yang rilis pada 2010 lalu, Matt Murdock akhirnya dengan terpaksa menerima tawaran untuk menjadi pemimpin kelompok ninja jahat, The Hand. Mereka pun kemudian membangun markas baru di bekas reruntuhan gedung yang sebelumnya diledakan oleh Bullseye. Dalam masa ini, Matt menggunakan identitas The Hand. Sayangnya, perlahan Matt mulai dirusak oleh kepribadian mengerikan The Hand.

Daredevil-Shadowland-1

Hal itu pun membuat Matt memiliki nama lain yaitu The Hand of The Beast, di mana Matt benar-benar berubah menjadi sosok yang brutal dan mengerikan. The Beast juga bahkan mengenakan kostum dari Daredevil dan membuatnya mengisi peran tersebut, hanya saja caranya yang jauh lebih brutal. Namun, di akhir cerita, Matt berhasil kembali mendapatkan kendali tubuhnya dari The Beast setelah Danny Rand menggunakan kekuatan penyembuhan dari chi miliknya untuk menghapus sang iblis dari tubuh Matt. Hal ini juga yang jadi awal mula Danny menggantikan posisi Matt sebagai Daredevil.

Daredevil sudah memiliki sejarah panjang sebagai pelindung dari Hell’s Kitchen. Dan sejarah panjang tersebut juga membuatnya banyak bertemu dengan karakter lain. Hubungan baik dengan para karakter tersebut berhasil membuatnya tertolong ketika dia sedang menghadapi masalah. Salah satunya adalah dengan bersedia menggantikan posisinya sebagai Daredevil.