Komik  

5 Fakta Bridgehead, Markas Baru di Avatar 2!

Setelah melalui tahap pengembangan yang menghabiskan waktu sekitar 13 tahun, sebentar lagi waralaba Avatar akan merilis film keduanya yang berjudul The Way of Water. Film garapan sutradara James Cameron ini akan kembali menceritakan perjuangan berbagai suku Na’vi dalam melawan RDA, bangsa manusia yang menjajah planet Pandora. Setelah sebelumnya diusir di ending film pertamanya, ternyata sekarang manusia telah kembali dengan markas baru yang lebih kuat, Bridgehead. Sebelum menonton filmnya, mari kita kenali terlebih dahulu berbagai fakta menarik dari Bridgehead di film Avatar 2.

Koloni Pertama Manusia di Pandora

Di film Avatar pertama kita sudah diperkenalkan pada markas manusia, RDA ESC 01 alias Hell’s Gate, yang berlokasi di wilayah hutan Pandora. Setelah suku Na’vi Omaticaya, Tayrangi, dan Olangi berhasil mengalahkan RDA, eksploitasi tambang Unobtanium akhirnya bisa dihentikan, sementara sebagian besar manusia diusir dari Pandora. Di film keduanya nanti, ternyata diam-diam manusia mempunyai markas yang jauh lebih besar yang disebut Bridgehead. Menariknya, meskipun baru muncul di film Avatar 2, faktanya Bridgehead adalah koloni awal manusia di planet Pandora, jauh sebelum Hell’s Gate.

Mengeruk Sumber Daya Laut Pandora

Jika Hell’s Gate digambarkan sebagai markas yang menambang mineral superkonduktor dari dalam tanah dan bebatuan, Bridgehead di Avatar 2 justru mengeruk sumber daya dari laut Pandora. Itulah mengapa lokasi dari markas berbentuk kota ini terletak di sepanjang pantai Pandora. Karena memang sejak awal sasaran mereka adalah sumber daya yang ada di dalam lautan dan sekitarnya. Untuk saat ini masih belum terungkap apa yang mereka cari di lautan, yang jelas kali ini mereka dilengkapi dengan berbagai kendaraan dan robot hybrid yang bisa masuk ke dalam samudra.

Baca Juga :  Read Zatanna & the Ripper Chapter 20 English Indonesia Subbed Webtoon (Spoiler)

Dilengkapi Pabrik 3D Print Canggih

Kunci peradaban Bridgehead yang lebih maju dari Hell’s Gate terletak pada pabrik khusus yang difungsikan untuk mencetak benda-benda tiga dimensi. Mungkin konsepnya sama seperti 3D printer yang sekarang tengah marak di dunia nyata. Bedanya, skala dan kualitas pabrik 3D print di Bridgehead tampaknya jauh lebih besar dan canggih. Karena yang mereka cetak sepertinya sebagian besar adalah komponen teknologi canggih yang mereka gunakan. Mulai dari komponen kendaraan, peralatan, senjata, sampai komponen untuk merakit robot tempur, seperti Amplified Mobility Platform, Crab Suit, dan Skel-Suit.

Wilayahnya Lebih Besar dari Bandung

Sebagai markas yang terbentang di pesisir Pandora, konon keseluruhan wilayah Bridgehead di Avatar 2 hampir sama besarnya dengan Kota Long Beach, California. Jika mengacu pada luas Long Beach yang sekitar 208 km persegi, artinya Bridgehead jauh lebih besar dari Kota Bandung yang luasnya hanya 167 km persegi. Bisa kita bayangkan betapa besarnya Bridgehead, di mana dengan ukuran yang sangat masif ini cukup masuk akal jika bangsa manusia melihatnya sebagai sebuah kota. Walaupun begitu, wilayah pusat dari markas Bridgehead ternyata luasnya tidak lebih dari 80 km persegi.

Dikelilingi Tembok Raksasa

Selain mempunyai luas yang sangat besar dan juga dilengkapi dengan berbagai teknoligi canggih, ternyata Bridgehead juga dikelilingi oleh tembok raksasa. Tembok ini sengaja manusia bangun untuk memisahkan wilayah mereka dengan bangsa asli Pandora, Na’vi. Dan tentunya untuk mengantisipasi masalah yang tidak diinginkan, misalnya perlawana dari suku-suku Na’vi di sekitar Bridgehead. Yang lebih parahnya lagi, Bridgehead juga dilengkapi dengan artileri, meriam, dan sistem rudal canggih. Berdasarkan hal tersebut bisa dibilang, selain kota, Bridgehead juga bisa disebut sebagai benteng raksasa.

Baca Juga :  Dragon Ball: 5 Transformasi Paling Sulit!

Itulah 5 fakta menarik sekaligus mengerikan Bridgehead di film Avatar 2. Apa yang sudah kita bahas kali ini mungkin baru kulit luarnya saja, di mana informasinya masih sangat terbatas. Bukan tidak mungkin saat filmnya tayang nanti, kita akan melihat lebih banyak lagi fakta mencengangkan dari Bridgehead yang secara tidak langsung menggambarkan betapa berkuasanya manusia di planet Pandora. Kita lihat saja nanti ya, Geeks, saat film Avatar 2 alias Avatar: The Way of Water tayang di pada tanggal 16 Desember besok.