Viral  

4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

Immaku.com – Hallo sobat berjumpa kembali bersama admin yang dimana pada kesempatan kali ini, admin disini akan berbagi informasi tentang 4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Telinga Tersumbat.

Sama seperti orang yang sering mengalami hidung tersumbat, telinga juga dapat mengalami penyumbatan. Penyebabnya ini bisa bermacam-macam, mulai dari penumpukan kotoran, masuknya air, perubahan ketinggian, infeksi sinus, infeksi telinga sampai alergi.

Nah, untuk anak-anak maupun orang dewasa pastinya sering kali mengalami penyumbatan telinga saat pilek. Lantas, bagaimana mengatasi kondisi ini? Simak penjelasan berikut ini. 

Cara Sederhana Mengatasi Telinga Tersumbat

Pasalnya, telinga yang tersumbat biasanya dapat mereda dengan sendirinya atau mereda saat kamu menguap, menelan, mengunyah, dan meniup hidung. Namun jika telinga yang tersumbat tak kunjung mereda, ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk melegakannya. Berikut ini adalah beberapa metode rumahan yang bisa kamu coba:

1. Berkumur Air Garam

Larutan air garam dinilai juga mampu mengurangi lendir di hidung dan telinga. Untuk melakukan kumur air asin, kamu disini perlu menambahkan sedikit garam ke dalam air dan mencampurnya. Setelah tercampur, kumur-kumur selama beberapa detik lalu memuntahkannya.

2. Gunakan Uap

Uap bisa membantu membuka telinga yang tersumbat jika penyebabnya adalah infeksi atau alergi. Pertama-tama, disini kamu bisa memanaskan air dalam panci sampai mendidih. Kemudian angkat panci dan letakkan handuk di atasnya. Tarik napas dalam-dalam untuk menghirup uapnya. Kamu juga bisa mandi air hangat untuk mendapatkan manfaat yang sama. 

3. Gunakan Kompres Hangat untuk Mengatasi Telinga Tersumbat

Kompres hangat juga bisa kamu coba untuk mengeringkan saluran hidung dan mengurangi jumlah lendir di telinga. Caranya, kamu tuangkan air panas ke waslap bersih lalu diperas dan tempatkan di bawah telinga yang sakit selama sekitar 5 hingga 10 menit.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Otomotif Beserta Ilmunya?

4. Coba Minyak Esensial

Banyak sekali minyak dianggap memiliki sifat antibiotik, antiseptik, atau anti-inflamasi. Beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk membantu membersihkan lendir, mengurangi peradangan, atau mengobati infeksi meliputi tea tree oil, minyak kayu putih, dan minyak ppermint.

selain itu, jenis minyak ini umumhya dapat dihirup sebagai uap atau ditempatkan di dekat hidung sehingga uapnya terhirup.

Akhir Kata

Itulah informasi tentang 4 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Telinga Tersumbat yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua. Semoga informasi yang admin berikan diatas dapat bermanfaat dan membantu kalian sekian dan terimakasih.

Baca Juga :