Viral  

3 Penyebab Mulut Kucing Bau dan 5 Cara Untuk Mengatasinya

Penyebab Mulut Kucing Bau: Kucing dikenal sebagai hewan yang sangat bersih. Kucing dapat membersihkan dirinya sendiri.

Ini dikarenakan oleh naluri alaminya, yaitu untuk menetralkan bau yang membuat kehadirannya terdeteksi oleh pemangsa atau mangsanya.

Namun tak jarang kebiasaan dekat dengan kucing kesayangan terganggu karena bau mulut dan mulut. Apa penyebabnya?

Penyebab Mulut Kucing Bau

Penyebab Mulut Kucing Bau

Jika Anda memperhatikan bahwa napas kucing Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap, ini tidak normal dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gangguan ini, yang dikenal sebagai halitosis, bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan Anda. Bau mulut yang tidak kunjung hilang bisa disebabkan oleh masalah kesehatan.

Faktanya, ada kurang lebih 75 persen kucing di atas usia dua tahun mengidap penyakit gigi yang gejala pertamanya iyalah bau pada mulut.

Hal tersebut wajib diperhatikan oleh para majikan. Tapi, ada banyak masalah lain yang bisa menyebabkan kucing memiliki bau mulut. Bagaimana dengan? Inilah jawabannya:

1. Gingivitis dan Stomatitis

Bau mulut pada kucing juga bisa disebabkan oleh gingivitis dan stomatitis. Gingivitis iyalah peradangan di gusi, sedangkan stomatitis iyalah peradangan di lapisan mukosa mulut.

Ini dapat dikarenakan oleh penyakit gigi, atau bakteri dan virus. Pengujian lebih lanjut mungkin diperlukan jika kucing memiliki infeksi seperti FIV dan Calicivirus.

2. Penyakit Gigi

Salah satu penyebab bau mulut pada kucing adalah penyakit gigi. Ini bisa disebabkan oleh bakteri penghasil bau yang menumpuk di mulut kucing.

Selain itu, air liur dan bakteri yang ada dapat membentuk plak yang akhirnya termineralisasi dan akhirnya menyebabkan karang gigi jika tidak ditangani.

Ini juga dapat menyebabkan penyakit periodontal, yang merupakan infeksi pada jaringan pendukung gigi.

Baca Juga :  Maxtube Apk Mod Download the Latest & Complete Version 2022 for Free!

Selain itu, tanda-tanda lain yang dapat dilihat jika kucing memiliki penyakit gigi adalah karang gigi yang berwarna coklat tua, ngiler, sulit makan, dan gusi yang meradang.

Segera konsultasikan ke dokter jika kucing Anda mengalami masalah ini.

3. Penyakit Metabolik

Penyakit metabolik juga bisa menjadi penyebab lain bau mulut pada kucing. Gangguan ini dapat terjadi karena masalah internal yang lebih serius seperti penyakit ginjal, biasanya terjadi pada kucing yang lebih tua.

Penumpukan racun dalam darah juga bisa menyebabkan bau mulut karena ginjal tidak berfungsi maksimal dan tidak bisa menghilangkan racun secara efektif.

Selain itu, kondisi lain yang dapat menyebabkan masalah ini adalah diabetes dan penyakit hati.

Nah, jika kucing Anda sering mengeluarkan bau yang tidak sedap dan terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya segera periksakan ke dokter hewan.

Jika disebabkan oleh penyakit metabolik, pengobatan dini tentu bisa segera dilakukan. Sekarang Anda tahu masalah apa yang dapat menyebabkan bau mulut pada kucing.

Selain harus rutin mengontrol kesehatan gigi serta mulut kucing, Anda juga harus rutin mengecek kesehatannya. Dengan cara itu, segala masalah yang bisa membahayakan kesehatannya bisa segera diatasi.

Cara Mengatasi Mulut Kucing Bau

Penyebab Mulut Kucing Bau dan 5 Cara Untuk Mengatasinya

1. Hindari Memberi Makan Daging Mentah

Salah satu penyebab bau tak sedap pada kucing adalah seringnya memakan daging mentah saat berkeliaran.

Nah, cara paling efektif untuk menghilangkan bau mulut kucing adalah dengan memberikan makanan daging matang atau makanan kucing khusus yang bisa dibeli di pet shop.

2. Beri Air Mineral

Bau tidak sedap dari mulut kucing juga bisa terjadi karena terlalu sering minum susu.

Pasalnya, meski bukan penyebab bau mulut, kandungan susu tidak cukup untuk membersihkan bagian dalam mulut.

Baca Juga :  Link El Video se volvió viral en Dayana Castro en Facebook Spider Girl o Spider Girl 2022

Nah, cara mengatasinya adalah dengan menyeimbangkan asupan susu dengan air mineral.

Fungsi air untuk kucing adalah untuk membersihkan kotoran yang ada di mulutnya.

3. Gunakan Obat Tetes

Untuk mengatasi bau tidak sedap pada kucing, biasanya dokter hewan akan menganjurkan pemberian obat yang diteteskan ke dalam mulut.

Anda bisa mendapatkan obat tetes mulut ini dengan mudah di banyak toko hewan peliharaan.

4. Menggosok gigi

Cara paling efektif untuk mengatasi mulut kucing yang bau adalah dengan mengajak kucing peliharaan Anda menyikat giginya.

Ya, tentunya kamu harus membantu menyikat giginya, dong! Namun, Anda harus berhati-hati saat menyikat gigi kucing.

Pasalnya, meski jinak, kucing Anda bisa berkelahi dan menggigit jari Anda.

5. Antibiotik

Jika obat tetes tidak berhasil menghilangkan bau tak sedap di mulut kucing, coba berikan antibiotik.

Mengapa Anda membutuhkan antibiotik? Pasalnya, bau tak sedap yang dikeluarkan oleh hewan peliharaan kesayangan Anda bisa jadi disebabkan oleh penyakit pada hewan kesayangan Anda.

Namun, sebelum memberikan antibiotik, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan!

Cari Tau Juga:

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat kami yang berjudul Penyebab Mulut Kucing Bau dan 5 Cara Untuk Mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.