Viral  

20 Drama Korea Bertema Sekolah yang Seru Buat Ditonton

Drama Korea sepertinya tak pernah kehabisan tema cerita, tema sekolah pun berhasil diangkat ke layar televisi. Drama-dramanya bercerita tentang kehidupan sekolah dan kisah romansanya.

Drama tentang sekolah selalu menarik perhatian penonton, terutama remaja, karena tak tak melulu bercerita tentang sekolah, tapi juga drama percintaannya.

Drama bertema sekolah juga membahas isu-isu penting yang terjadi di lingkungan sekolah, seperti bullying atau perundungan, kebobrokan sistem sekolah, atau kekerasan di sekolah. Nah, inilah drama Korea bertema sekolah yang paling populer.

Baca juga: 17 Drama Korea tentang Kisah Kehidupan Pekerja Kantoran

1. Weak Hero Class 1

Weak Hero Class 1

Bicara mengenai drama Korea tentang sekolah, isu-isu sensitif seperti perilaku bullying di antara siswa masih menjadi premis yang kuat.

Salah satu drama terbaik mengenai anak sekolah dan bullying adalah Weak Hero Class 1 (2022). Berangkat dari webtoon berjudul sama, drama ini menyuguhkan fenomena perisakan dari sisi yang berbeda.

Yeon Si Eun hanya tinggal berdua dengan sang ayah pasca perceraian kedua orangtuanya. Dia murid yang cerdas dan pendiam, cenderung tidak ingin bersosialisasi dengan siswa lain.

Sikapnya yang seperti itu membuat siswa lainnya bernama Young Bin mulai tertarik untuk mengganggunya, apalagi setelah Si Eun lebih unggul dalam ujian matematika.

Young Bin yang semakin dendam, meminta bantuan orang lain untuk memberi Si Eun pelajaran. Walau mampu melawan, Si Eun tetap kewalahan karena harus menghadapi beberapa orang sekaligus.

Untungnya tenaga bantuan yang tidak diduga segera datang. Mereka adalah Soo Ho dan Bum Seok; dua orang teman sekelasnya yang tidak terlalu dekat. Sejak itu hubungan mereka pun bertambah erat.

2. Sky Castle

drama korea bertema sekolah_Sky Castle_

Drama Sky Castle (2018) menorehkan banyak prestasi dan apresiasi karena cerita yang dimuatnya. Drama ini memperoleh rating yang sangat tinggi, bahkan termasuk acara paling tinggi yang dimiliki tv kabel.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid – Immaku.com

Sky Castle (2019) bercerita tentang ambisi para orang tua golongan elite untuk memasukkan anak-anaknya ke universitas bergengsi. Sejak duduk di bangku SMA, anak-anak mereka dituntut untuk selalu mendapat nilai bagus.

Para orang tua tidak peduli jika nilai tersebut didapat dari cara-cara curang. Memanfaatkan keserakahan mereka, seorang wanita yang berprofesi sebagai tutor mengubah segalanya.   

3. Twenty Five Twenty One

drama korea bertema sekolah_Twenty Five Twenty One_

Drama Korea bertema sekolah yang pertama bisa kamu tonton adalah Twenty Five Twenty One (2022). Ia memotret masa-masa indah para siswa SMA Taeyang yang terdiri atas Na Hee Do, Koo Yu Rim, Ji Seung Wan dan Moon Ji Woong.

Sebagai murid baru yang mengincar klub anggar di SMA Taeyang, Na Hee Do jarang berada di kelas. Prestasinya di bidang akademis jadi cukup buruk. 

Selain Na Hee Do, Koo Yu Rim yang merupakan atlet anggar nasional juga punya nilai yang buruk. Rangking keduanya tak beda jauh dengan Moon Ji Woong, siswa yang modis dan slengekan.

Meski begitu mereka dapat bersahabat dengan Ji Seung Wan, yaitu siswi paling pintar sekaligus ketua kelas. Mereka kompak dan saling menyayangi dengan berbagai perbedaan yang ada.

4. Racket Boys

drama korea bertema sekolah_Racket Boys_

Yoon Hyun Jong pernah menjadi pemain bulu tangkis yang paling diperhitungkan. Namun, saat ini dia kesulitan dan harus berjuang untuk menghidupi keluarganya.

Hyun Jong lantas memboyong mereka pindah ke pedesaan karena di sanalah Hyun Jong mendapat pekerjaan baru sebagai pelatih bulu tangkis di sebuah sekolah.

Tim bulu tangkis sekolah tersebut tidak pernah berprestasi. Anggotanya pun hanya tiga siswa, yaitu Bang Yoon Dam, Na Woo Chan dan Lee Yong Tae. Ketiganya mulai mendapat semangat baru setelah putra Hyun Hing, Yoon Hae Kang, masuk ke dalam tim.

Baca Juga :  4 Rekomendasi Mata Uang Kripto Asal Indonesia

Hae Kang yang terkenal saat kecil sebagai pebulu tangkis hebat tentu memberi motivasi. Perjuangan mereka yang sesungguhnya pun dimulai.  

5. Our Beloved Summer

drama korea bertema sekolah_Our Beloved Summer_

Drama yang mempertemukan kembali Choi Woo Shik dan Kim Da Mi setelah film The Witch: Part 1 The Subversion (2018) ini juga memuat cerita mengenai masa-masa di sekolah.

Kook Yeon Su sebagai murid paling pintar di sekolah terlibat dalam proyek film dokumenter bersama Choi Ung, murid berperingkat paling akhir. Keduanya tak pernah cocok karena mereka berbeda dalam banyak hal.

Kook Yeon Su fokus pada pelajaran dan punya cita-cita tinggi, sementara Choi Ung hanya ingin hidup tenang, membaca buku di bawah pohon. Siapa sangka, perbedaan yang mendasar itu tidak bisa menghalangi keduanya dari perasaan romantis.

Yeon Su yang terkenal galak dan tegas, menunjukkan sisi baiknya hanya pada Choi Ung. Ketika Yeon Su dianggap buruk oleh orang lain, Ung pun membelanya.   

6. The King of Pigs

drama korea bertema sekolah_King of Pigs_

Drama Korea bertema sekolah selanjutnya memberikan tema yang berbeda. Jika umumnya drama tentang sekolah selalu bercerita tentang persahabatan dan cinta, King of Pigs (2022) menyuguhkan tema bullying dan balas dendam.

Hwang Kyung Min, mengalami trauma akibat perisakan yang dia terima di sekolah. Kejadian tersebut terjadi dua puluh tahun lalu, tetapi luka dan dendamnya masih menyala hingga kini. Kyung Min menyembunyikan hal tersebut dan terlihat sebagai orang yang bahagia bersama istrinya.

Siapa sangka di balik kepura-puraannya, tersimpan hasrat membalas dendam yang sangat besar. Nyawa orang-orang pun menjadi incarannya.