Viral  

17 Cara Memperkecil Ukuran PDF Online & Tanpa/Pakai Aplikasi

Bagi kau yang acapkali bersentuhan dengan dokumen atau file PDF maka penting kiranya untuk mengetahui cara memperkecil ukuran PDF itu sendiri, sebab dengan kau mengetahuinya tidak akan hingga ada lagi kejadian pengiriman file dokumen yang over size, atau melebihi batas ketentuan ukuran.

PDF adalah akronim dari Portable Arsip Document yang adalah bentuk format dokumen yang acapkali digunakan untuk banyak sekali macam kepentingan, misalnya untuk keperluan berkas lamaran kerja, sekolah, dan masih banyak lagi. Dengan format PDF maka isi file dan tampilannya terkesan rapih dan sangat formal.

Namun, pernahkan kau mengunduh file PDF dengan durasi lama?, atau bahkan tidak mampu mengirimkan berkas file PDF yang diminta untuk kepentingan tertentu yang disebabkan ukurannya yang terlalu besar? Nah, disini kami akan menawarkan solusi untuk memperkecil ukuran PDF itu sendiri tanpa software dan hanya menggunakan situs website saja. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Lewat Situs Web Online

Sekarang kau tidak perlu khawatir, sebab ada cara memperkecil ukuran PDF dengan mudah, cepat, dan praktis pastinya. Untuk itu silahkan kau simak berikut nama-nama situs web online untuk memperkecil ukuran file PDF lengkap dengan cara-caranya, sebagai berikut ini:

1. Adobe Acrobat

Adobe-Acrobat

  • Poin pertama silahkan ketikan alamat adobe acrobat di browser masing-masing.
  • Klik Select PDF Arsip untuk mengunggah file PDF yang akan diperkecil ukurannya.
  • Kalau sudah terunggah kau akan dihadapkan dengan tiga opsi kompresi.
  • Silahkan nantinya pilih sesuai kebutuhan saja.
  • Lanjutkan dengan klik Compres PDF, dan tunggulah prosesnya.
  • Sekarang lihat hasilnya, dan selamat mencoba.

2. CleverPDF

CleverPDF

  • Pastikan kau akses di browser cleverpdf.com.
  • Klik Choose Arsip / Drop Arsip.
  • Kalau dokumen yang akan kau perkecil sudah diunggah klik Start Conversion guna melanjutkan proses kompresinya.
  • Tunggulah prosesnya dan klik Download untuk mengunduh filenya.
  • Kau juga mampu membagikannya ke orang lain lewat fitur yang tersedia di dalamnya.

3. iLovePDF

iLovePDF

  • Buka alamat situs ilovepdf.com.
  • Pilih menu Compress PDF.
  • Kemudian klik Select PDF Arsip untuk mengunggah dokumen yang akan dikurangi ukurannya.
  • Kalau sudah terunggah maka kau akan melihat tiga opsi kompresi, kompresi kualitas rendah dan kualitas tinggi, dan pilih sesuai kebutuhan yang diinginkan.
  • Lalu klik goresan pena Compress PDF dan tunggulah prosesnya sampai benar-benar berhasil.
  • Apabila sudah kau lakukan maka akibat akhirnya mampu terlihat sendiri.
  • Di situs iLovePDF file yang sudah berhasil diproses akan eksklusif otomatis terunduh dan tersimpan di folder Download masing-masing.
  • Kemudian kau juga dapat merubah format dokumen tersebut ke format lainnya, atau menggabungkan file PDF yang satu dengan lainnya.

4. FreePDFConvert

FreePDFConvert

  • Silahkan buka situs freepdfconvert.com.
  • Lalu lanjutkan klik opsi Choose Arsip untuk memilih dokumen yang tersedia di perangkat masing-masing.
  • Kalau kau ingin mengecilkan ukuran file PDF dari Dropbox maupun Google Drive maka silahkan klik icon dari kedua aplikasinya yang ada di bawah pilihan Choose Arsip
  • Kalau sudah lanjutkan dengan memilih Compress sehingga akan muncul tiga opsi kompresi.
  • Pilihlah sesuai dengan yang kau inginkan.
  • Klik Compress PDF.
  • Tunggulah prosesnya hingga berhasil dan klik Download untuk mengunduh file PDF tersebut supaya tersimpan di folder penyimpanan perangkat.

5. SmallPDF

SmallPDF

  • Mirip biasa silahkan kau buka situs dengan alamat smallpdf.com pada browser perangkat masing-masing.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Pilih Arsip untuk proses pengunggahan dokumen file PDF yang akan kau perkecil ukurannya.
  • Tunggulah prosesnya hingga benar-benar berhasil dilakukan.
  • Kalau sudah berhasil silahkan kau eksklusif memilih opsi Unduh Arsip Sekarang.
  • Lihat hasilnya, dan selamat mencoba.
Baca Juga :  1111.90 l50 204 Full Video Bokeh Viral (Barat, Korea)

6. PDFCompressor

PDFCompressor

  • Langkah pertama pastikan terlebih dahulu kau membuka situs website dengan alamat pdfcompressor.com.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Unggah Arsip untuk memilih dokumen PDF yang akan dikecilkan.
  • Tunggulah prosesnya hingga berhasil.
  • Nantinya kau mampu dengan eksklusif mengunduh file tersebut dengan cara klik opsi Unduh.

 

Cara Memperkecil Ukuran PDF dengan Software/Aplikasi

Kemudian juga disini selain kau mampu memperkecil ukuran PDF tanpa software, kami juga sudah merangkum beberapa software yang sempurna untuk kau gunakan agar mampu membatasi kiriman file supaya tidak melebihi standar ukuran file yang sudah ditetapkan. Cara memperkecil ukuran PDF dengan software tentu akan jauh lebih mudah dan terkesan praktis sebab memanfaatkan genggaman perangkat pintar.

Pada poin dibawah ini kami akan menawarkan penjelasan terkait software terbaik untuk kompres PDF yang dapat kau pasangkan di perangkat masin-masing, entah itu Smartphone maupun PC dengan caranya yang sangat mudah, biaya gratis, dan hasilnya tidak melebihi batas maksimal pengiriman.

Maka dari itu silahkan kau simak berikut Cara memperkecil ukuran PDF dengan 11 software terbaik, sebagai poin dibawah ini:

1. All PDF Reader

All-PDF-Reader

Kemudian, Cara Memperkecil Ukuran PDF selanjutnya kau mampu memanfaatkan software All PDF Reader, dan jangan hingga tertipu dengan nama aplikasinya. Software tersebut tidak hanya dibekali fitur untuk membaca file PDF mirip e-book saja, namun lebih dari itu berbagai fitur menarik lainnya.

Software All PDF Reader ini mampu dikatakan paling sempurna dan ideal untuk kau gunakan, sebab mampu mengkompres PDF sampai ukuran 100 KB lho. Makanya kalau kau menginginkan file PDF dengan ukuran seringan-ringannya maka silahkan gunakan software ini. Untuk fitur-fitur yang mirip tersedia pada versi premium dapat kau gunakan disini, mulai dari PDF Split, PDF Editor, PDF Converter, PDF Edit Metadata, dan lain-lain.

Kelebihan yang dimilikinya lagi bahwa dalam penggunaannya sangat mudah atau user interface untuk semua pengguna, sehingga tidak akan hingga kebingungan dalam prosesnya.

Nama Software All PDF Reader – PDF Converter & PDF Tools
Ukuran Bervariasi dan menyesuaikan
Jumlah Download 500.000 +
Minimal OS Android 5.0 +
Rating 4.3/5 di Play Store Google
Developer Robert Londo

Klik link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=tz.co.wadau.allpdf&hl=in&gl=US

2. Compress PDF

Compress-PDF

Cara memperkecil ukuran PDF dengan software yang pertama yaitu Compres PDF. Selaras dengan namanya bahwa software tersebut khusus digunakan untuk mengkompres ukuran file PDF saja, dari ukuran yang terkesan besar sampai menjadi lebih ringan, sehingga sangat kami rekomendasikan.

Menariknya software kompres yang satu ini selain dapat mengimpor dokumen dari  internal memori mampu juga untuk dihubungkan pada layanan cloud mirip Dropbox, Google, Drive, dan lainnya. Dari segi ukuran file software Compress PDF ini terbilang ringan, sebab hanya memiliki ukuran sebesar 3.5 MB saja.

Namun sangat disayangkan bahwa software kompres tersebut tidak dapat mendukung semua jenis file PDF untuk mampu dikompres sesuai dengan cita-cita. Namun selama dalam penggunaannya hingga sekarang ini semua file yang di coba dapat dikompres dalam waktu yang relatif cepat. Berikut kami sampaikan spesifikasi beserta link downloadnya.

Nama Software Compress PDF – PDF Compressor
Ukuran Variatif sesuai perangkat
Minimal Os Berdasarkan perangkat
Jumlah Download 500.000 +
Rating 3.4/5 pada Google Play Store
Developer Cometdocs.com Inc.

Klik link download : https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf

3. iLovePDF

iLovePDF-1

Nah, selanjutnya iLovePDF ini selain tersedia dalam versi online atau website kini kau juga mampu menikmati versi mobile-nya  yang mampu kau unduh secara mudah dan pastinya gratis tanpa dikenakan bayaran apapun. Software ini dibekali banyak sekali tools menarik, salah satunya mampu memperkecil ukuran file dari FDP itu sendiri sesuai cita-cita.

Baca Juga :  Film Adegan Sesungguhnya China Terbaru Full HD 2022

Bagi kau nantinya yang tertarik untuk menikmati semua fitur-fiturnya maka harus membayar lisensinya yang sudah disediakan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau untuk semua orang. Bagaimana tidak bahwa iLovePDF menawarkan dukungan terkait user interface dengan 25 opsi bahasa yang ada di dunia, khususnya tersedia juga bahasa Indonesia. Bagaimana, keren bukan?.

Maka setiap penggunanya tidak akan kebingungan, sebab sudah disediakan pilihan bahasa tersebut yang nantinya mampu diadaptasi dan memilih dengan bahasa masing-masing yang dipahami.

Nama Software iLovePDF – PDF Editor & Reader
Ukuran 59 MB
Jumlah Download 500.000 +
Minimal OS Android 5.0 +
Rating 4.2/5 pada Google Play Store
Developer iLovePDF

Klik link download : https://www.ilovepdf.com/desktop

4. PDF Tools

PDF-Tools

Tersedia 20 lebih fitur menarik yang akan menemani setiap penggunanya dalam software PDF Tools tersebut selain digunakan untuk memperkecil ukuran PDF. Diantara fiturnya mirip mampu untuk membagi atau memisahkan file PDF menjadi lebih banyak halamannya, menambahkan watermark, hingga dengan mampu untuk menggabungkan beberapa file PDF hanya dalam satu file saja.

Ukuran aplikasinya berkisar di 6.4 MB saja berikut dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat lengkap, sehingga sayang rasanya kalau kau tidak menggunakan software PDF Tools ini yang dapat kau instal dan pasang di perangkat Smartphone.

Nama Software PDF Tools – PDF Utilities
Ukuran 6.4 MB
Jumlah Download 10.000 +
Minimal OS Android 4.1 +
Rating 3.3/5 (Google Play Store)
Developer Neno Tech

Klik link download : https://pdf-tools.softonic-id.com/

5. PDF Utils (Software Terbaik Kompres PDF di Android)

PDF-Utils-Aplikasi-Terbaik-Kompres-PDF-di-Android

Untuk rekomendasi software kompresi file PDF bagi pengguna Android yang terakhir ialah PDF Utils. Kau mampu menggunakannya untuk memperkecil file dokumen PDF sesuai ukuran yang diinginkan. Selain mudah dalam penggunaannya software ini juga mampu kau download di Play Store dengan gratis.

Namun dengan begitu kau nantinya akan disuguhkan dengan banyak sekali kemunculan iklan, dan mampu kau hilangkan kalau sudah beralih ke versi yang premium. Dari sejumlah penggunanya yang sudah mencoba software kompres file PDF maka software tersebut paling ideal untuk segera kau download.

Di dalamnya tersedia sekitar 10 fitur yang dapat membantu kau memperkecil ukuran file PDF itu sendiri, diantaranya untuk menambahkan goresan pena atau gambar, melakukan rotasi, hingga dengan menghapus halaman PDF nya.

Nama Software PDF Utils: Merge, Record, Split, Extract and Delete
Ukuran 3.1 MB
Jumlah Download 100.000 +
Minimal OS Android 0.5 +
Rating 4.5/5 pada Google Play
Developer Shash9989

Klik link download :

https://play.google.com/store/apps/details?id=pdf.shash.com.pdfutility&hl=in&gl=US

6. Smallpdf

Smallpdf-1

Walaupun memiliki ukuran file yang sangat besar namun sangat sesuai dengan keunggulannya, sebab mampu mengkompres file PDF secara cepat dan pastinya mudah. Terlebih aplikasinya memiliki fitur-fitur lengkap, sehingga cukup membantu kau dalam pengerjaannya. Diantara fiturnya mirip mengatur ukuran file PDF, mengurangi ukuran file tanpa sedikitpun menghipnotis kualitas bawaannya.

Dalam prosesnya kau nantinya mampu melakukan scanning banyak dokumen penting lewat software tersebut. Hanya lewat potretan sederhana saja kau sudah bisa menghasilkan scan yang eksklusif jadi.

Nama Software Smallpdf: PDF Scanner & Editor
Ukuran 321 MB
Jumlah Download 1.000.000 +
Minimal OS Android 5.0 +
Rating 4.7/5 pada Google Play
Developer Smallpdf

Klik link download : https://smallpdf.com/id/download/windows

7. Free PDF Compressor

Free-PDF-Compressor

Disini, cara memperkecil ukuran PDF kau juga mampu memanfaatkan aplikasi dari Free PDF Compressor yang dapat kau pasang di perangkat Laptop maupun PC. Untuk ukurannya sendiri hanya berkisar di 7.3 MB saja. Kemudian untuk kelebihan yang dimilikinya tentu tidak kalah dengan software kompresor PDF lainnya.

Baca Juga :  Photo Lab Picture Editor & Art

Selain mudah untuk digunakan, tampilan dalam aplikasinya sangatlah sederhana atau user interface, sehingga tidak akan membingungkan setiap penggunanya. Hanya saja kekurangan yang ada dalam software tersebut adalah kau tidak akan mampu memperkecil ukuran file PDF yang di dalamnya tersimpan banyak gambar.

Nama Software  Free PDF Compressor
Minimal OS Windows XP SP2/Vista/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Storage 7.3 MB

Klik link download : https://www.pdfcompressor.net/download.html

8. ORPALIS PDF Reducer (Software Terbaik Kompres PDF di  PC)

ORPALIS-PDF-Reducer-Aplikasi-Terbaik-Kompres-PDF-di-PC

ORPALIS PDF Reducer salah satu aplikasi kompresor file PDF untuk perangkat Laptop dan PC yang mampu kau jadikan pilihan alternatif untuk memperkecil ukuran dokumen dengan biaya download yang gratis. Selain dari itu software ini juga mampu kau gunakan untuk mengedit file PDF untuk akibat yang jauh lebih ringan, mengatur ukuran gambar, hingga dengan menghapus konten itu sendiri.

Fitur unggulannya bahwa software ORPALIS PDF Reducer mampu kau manfaatkan untuk mengkompres beberapa file secara menyeluruh bersamaan. Untuk spesifikasi dan link downloadnya mampu kau lihat di bawah ini.

Nama Software ORPALIS PDF Reducer
Minimal OS Windows XP SP2/Vista/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Storage 3 MB

Klik link download : https://pdfreducer.orpalis.com/

9. Free PDF Utilities

Free-PDF-Utilities

Saat kau ingin mengirim sebuah file dokumen PDF untuk kepentingan tertentu namun memiliki batas ukuran yang melewati ketentuan standarisasi pengiriman, maka mampu kau menggunakan software Free PDF Utilities ini yang secara gratis dapat kau download dan instal pada perangkat PC atau Laptop.

Kami rasa bahwa software yang satu ini sangat sempurna kau pilih kalau kau suka mengoleksi banyak sekali jenis e-book dengan kapasitas ukuran besar, namun tidak mau menyita banyak ruang penyimpanan internal memori. Keunggulan software Free PDF Utilities ialah ukurannya sangat ringan dan memiliki tampilan yang sederhana namun elegan, terlebih sangat mudah dalam penggunaannya.

Nama Software Free PDF Utilities
Minimal OS Windows XP SP2/Vista/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Storage 17.4 MB

Klik link download : https://free-pdf-utilities-pdf-compressor.en.softonic.com/

10. Reduce PDF Size

Reduce-PDF-Size

Berikutnya kau juga mampu mencoba software Reduce PDF Size untuk merubah format ukuran dari file PDF tersebut yang dirasa terlalu over size dengan caranya yang sangat praktis dan tidak membingungkan. Nantinya kau juga dapat melakukan kompresi file PDF secara bersamaan dalam jumlah banyak.

Kemudian juga software Reduce PDF Size ini memungkinkan setiap penggunanya untuk mengatur ukuran file PDF mulai dari, Screen View, Default Quality, Low Quality (e-book), High Quality Prepress, dan High Quality Printer.

Nama Software Reduce PDF Size
Minimal OS Windows XP SP2/Vista/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Storage 7.04 MB

Klik link download : https://download.cnet.com/Reduce-PDF-Size/3000-18497_4-76084985.html

11. PDF Compressor

PDF-Compressor

Selanjutnya cara memperkecil ukuran PDF yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi PDF Compressor yang memiliki ukuran file terbilang ringan, sehingga tidak akan membuat perangkat PC terasa bug. Disini nantinya kau dapat dengan mudah mengatur dan merubah ukuran dari file PDF tersebut yang akan kau kompres. Untuk fitur bawaan yang mampu kau manfaatkan nantinya mirip Fastest, Default, None, dan Maximum.

Nama Software PDF Compressor
OS Minimal Windows XP SP2/Vista/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
Storage 15 MB

Klik link download : https://pdf-compressor-v3.id.uptodown.com/windows

Itulah beberapa situs dan software cara memperkecil ukuran PDF yang mampu kau gunakan untuk mengurangi ukuran file PDF yang kau rasa terlalu besar. Selain mudah dalam penggunaannya tentunya mampu menawarkan akibat yang maksimal tanpa mengurangi kualitas asli bawaan dari PDF itu sendiri.

 

Lihat Juga :