Viral  

10+ Film Komedi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Lagi sedih atau galau? Anda tidak perlu mencari hiburan pada hal-hal yang negatif. Nonton saja film komedi untuk menghibur hati yang sedang susah. Ada sejumlah film komedi Indonesia terbaik dari tahun ke tahun. Bahkan, Anda bisa menjadi lebih rileks dan bahagia setelah menonton film-film komedi Indonesia berikut ini.

“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang” Masih ingat dengan jargon ini? Jargon ini diambil dari film Warkop DKI yang selalu diminati meskipun sudah berganti masa. Nah, oleh karena itu Bacaterus ingin memberikan rekomendasi 36 film komedi terbaik dari Indonesia yang bisa membuat Anda tertawa.

2020 – Sekarang

Ada banyak film komedi Indonesia yang tayang dari tahun 2020 sampai kini. Sebagian tayang di bioskop dan yang lain lagi di beberapa kanal streaming, seperti Netflix dan Disney Hotstar. Berikut adalah daftar film komedi Indonesia terbaik yang tayang dari tahun 2020.

1. Ali & Ratu-Ratu Queens

ali & ratu ratu queens_

Meski gagal tayang di bioskop Indonesia, hal ini ternyata tidak mengurangi keseruan saat menonton Ali & Ratu Ratu Queens (2021). Pasalnya film ini berhasil meraih kesuksesan besar, setelah melakukan penayangan secara global di Netflix pada 17 Juni 2021. Filmnya mengisahkan perjalanan Ali (Iqbaal Ramadhan) untuk mencari keberadaan ibu kandungnya di New York.

Bermodalkan informasi di secarik kertas, Ali malah bertemu dengan sekumpulan ibu-ibu Indonesia rempong dan kocak di Queens.

Sejak hari itu Ali tinggal bersama mereka, sambil mencari informasi tambahan soal keberadaan ibunya. Sayangnya ketika sudah bertemu dengan sang ibu, Ali malah mendapatkan penolakan yang membuatnya sangat sakit hati.

2. Sobat Ambyar

sobat ambyar_

Sobat Ambyar (2021) adalah film yang dipersembahkan untuk maestro campursari, Almarhum Didi Kempot. Pasalnya film ini menjadi film pertama dan terakhir bagi Didi Kempot di sepanjang perjalanan karirnya.

Film yang disutradarai oleh Charles Gozali dan Bagus Bramanti ini juga mengambil kisah kehidupan para Sobat Ambyar (nama fans Didi Kempot), lho.

Adapun ceritanya bermula ketika Jatmiko (Bhisma Mulia) yang jatuh cinta pada Saras (Denira Wiraguna), pelanggan terakhir sebelum kafenya tutup.

Sudah cinta banget, sayangnya Saras malah mengkhianatinya dan memilih berpacaran dengan pria lain. Dalam keadaan patah hati, Jatmiko makin ambyar hingga pingsan saat menonton konser Lord Didi Kempot.

3. Gara-Gara Warisan

Gara-gara Warisan

Dari judul filmnya saja sudah bisa dipastikan, kalau film garapan Muhadkly Acho ini pasti terasa kocak dan sangat menghibur. Gara-gara Warisan (2022) adalah film komedi yang mengisahkan pertarungan para anak untuk merebutkan warisan dari sang ayah.

Film ini akan diperankan oleh Oka Antara, Indah Permatasari, Ge Pamungkas, Yayu Unru dan Ira Wibowo sebagai pemeran utamanya. Kisah ini bermula ketika Bapak Dahlan berniat untuk memberikan warisan berupa wisma tamu pada anaknya.

Namun hal ini membuahkan perseteruan sengit diantara ketiga anaknya, pasalnya hubungan Adam, Laras dan Dicky memang kurang baik. Tapi yang membuat Pak Dahlan merasa sedih, anak-anaknya memperebutkan warisan ini saat dirinya masih hidup.

4. Yowis Ben 3

yowis ben 3_

Menjadi angsuran ketiga dari film Yowis Ben, akhirnya para penonton bisa melihat berbagai aksi lucu dari Bayu, Doni, Nando dan Yayan. Apalagi ceritanya lebih dramatis lho, pasalnya kali ini grup Yowis Ben hampir hancur karena kehilangan satu personel dan manajernya.

Nando (Brandon Salim) sudah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, sementara Cak Jon (Arief Didu) sibuk mengejar cintanya.

Hal ini semakin dipersulit saat Bayu (Bayu Skak) terlibat cinta lama belum kelar dengan Susan (Cut Meyriska), mantan pacarnya waktu SMA. Padahal sekarang Bayu sedang berpacaran dengan Asih (Anya Geraldine), gadis yang selalu mendukung setiap cita-citanya. Kira-kira bagaimana cara Bayu untuk mempertahankan keutuhan grup yang dirintisnya dari bawah ini?

Baca Juga :  MDC Marketing Apk Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaru 2021

5. Baby Blues

Baby Blues

Baby Blues (2022) tidak hanya kocak, tapi memiliki premis cerita yang sangat unik lho. Film garapan Andibachtiar Yusuf ini menyatukan unsur supernatural soal body switch dan sindrom baby blues.

Filmnya akan dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Aurélie Moeremans sebagai pasangan suami istri. Meski baru pertama kali dipasangkan, ternyata kemistri keduanya terlihat sangat baik dan enjoyable.

Film ini mengisahkan pasangan muda bernama Andika dan Dinda yang sedang excited menantikan kelahiran anak pertama. Namun semua ini berubah ketika Dinda mengalami sindrom baby blues, sementara sang suami tidak memiliki pengertian sama sekali. Hingga suatu ketika, Andika dan Dinda mengalami kejadian aneh, saat tubuh mereka tertukar.

6. Devil on Top

devil on top_

Dibintangi oleh Angga Yunanda dan Cinta Laura Kiehl, Devil on Top (2021) wajib banget masuk list film komedi terbaik di tahun 2021. Pasalnya film ini akan membuat penontonnya terhibur, apalagi ada Lolox dan Joshua Suherman yang tidak pernah gagal bikin penonton tertawa.

Adapun kisahnya mengenai empat sekawan yang berusaha mengusir bos barunya yang galak dari perusahaan. Agar bisa mengusir Sarah (Cinta Laura) dari perusahaan, Angga (Angga Yunanda) dan rekan kerjanya bertarung mencari rahasia untuk memecat bosnya.

Tapi bukan hanya rahasia Sarah yang diketahuinya, Angga dan Sarah malah berakhir saling jatuh cinta. Merasa dikhianati, rekan-rekan Angga berpikir untuk tetap mengeluarkan Sarah dari kantor dengan mengorbankan Angga. 

7. Mendarat Darurat

Mendarat Darurat

Mendarat Darurat (2022) adalah film yang mengisahkan perselingkuhan berakhir jadi bencana yang bikin ngakak para penontonnya. Film yang digarap oleh komika Pandji Pragiwaksono ini diproduksi oleh MD Entertainment.

Sementara Reza Rahadian, Luna Maya dan Marissa Anita akan didapuk sebagai pemeran utamanya. Film ini mengisahkan Glenn yang merasa sangat tertekan karena dituduh berselingkuh oleh sang istri.

Saking muaknya, Glen yang awalnya jujur malah benar-benar berselingkuh dengan rekan kerjanya. Namun perselingkuhan ini berakhir jadi kesialan, ketika Maya mengira bahwa suaminya meninggal dalam kecelakaan pesawat. Kira-kira apa yang akan dilakukan oleh Glen?

8. Ghost Writer

ghost writer_

Bekerjasama dengan ghostwriter memang sudah biasa, tapi gimana kalau penulis yang kamu pekerjakan ini beneran hantu asli?

Inilah yang dilakukan oleh Naya (Tatjana Saphira) yang terpaksa mengajak hantu bernama Galih (Ge Pamungkas) untuk bekerjasama di film Ghost Writer (2021). Sebenarnya hal ini terjadi karena Naya terdesak situasi, karena perempuan itu kehabisan biaya hidup.

Kerjasama Naya dan Galih ini berjalan cukup lancar, apalagi Galih berharap buku ini bisa mengatasi semua kesalahpahaman di masa lalu. Sayangnya demi membuat novelnya naik cetak, Naya malah mendramatisir isi novelnya yang membuat Galih marah. Apakah ini akhir dari kerjasama antara Naya dan hantu Galih?

9. Gendut Siapa Takut?!

Gendut Siapa Takut?!

Diadaptasi dari novel karya Alnira, Gendut Siapa Takut (2022) memang wajib masuk dalam salah satu film komedi terbaik. Film yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara ini menyuguhkan kisah mengenai seorang gadis bertubuh gempal dan kehidupannya.

Film ini akan dibintangi oleh Marshanda, Wafda Saifan Lubis, Marthino Lio, Cut Mini hingga Tora Sudiro sebagai pemeran utamanya. Marshanda akan memerankan karakter bernama Moza Aphrodite, seorang penulis novel yang dituntut untuk menikah oleh sang ibu.

Sudah berusia 30-an, Moza berpikir menikah bukanlah hal penting. Suatu hari, Moza tiba-tiba dipertemukan lagi dengan Nares yang dulunya pernah menghina tubuhnya. Kisah cinta pun muncul diantara keduanya, namun Moza dibuat bingung karena kehadiran Dafi di hidupnya.

Baca Juga :  Turbo VPN Premium Gratis Download Terbaru 2022

10. Yowis Ben Finale

yo wis ben finale_

Yowis Ben Finale (2021) menjadi akhir kisah dari Bayu (Bayu Skak), Doni (Joshua Suherman), Nando (Brandon Salim) dan Yayan (Tutus Thomson).

Selain itu, film ini dirilis hanya satu bulan setelah Yowis Ben 3 (2021) tayang di bioskop. Pasalnya, film ini akan menjawab semua masalah dan masa depan mereka, mulai dari keputusan akhir Nando soal kuliah di luar negeri dan manajer mereka yang patah hati.

Film ini juga menyorot konflik paling besar dalam hidup Bayu, ketika ia harus benar-benar memilih antara kekasihnya yang sekarang atau mantan pacar. Pasalnya, kedua perempuan ini sangat penting dalam hidup Bayu. Makannya pria ini merasa galau untuk memilih. 

11. The Watcher

the watcher_

Film yang tayang secara eksklusif di Disney+ Hotstar ini menjadi kolaborasi MD Entertainment dan Umbara Brothers Films. Makannya kualitas filmnya tidak perlu diragukan lagi.

Pasanya, kolaborasi keduanya menghasilkan film sukses seperti Devil on Top (2021) dan Till Death Do Us Part (2021). The Watcher (2021) mengisahkan seorang pria yang berusaha memecahkan kasus penculikan misterius.

Awalnya Krishna (Angga Yunanda) melihat Tiara (Caitlin Halderman) ketika gadis itu menjenguknya yang sedang melakukan pemulihan dari cedera. Hingga suatu hari, Khrisna tidak sengaja melihat Tiara disergap dan diculik oleh sekelompok orang tidak dikenal.

Tidak ingin tinggal diam, Khrisna berusaha keras untuk mencari kelompok orang yang menculik gadis yang dicintainya itu.

12. Lara Ati

Lara Ati

Lara Ati (2022) adalah film komedi yang disutradarai dan dibintangi oleh Bayu Skak. Menggunakan Bahasa Jawa di sebagian besar dialognya, film garapannya ini tidak pernah gagal menghibur penontonnya.

Apalagi kemistri antara Bayu Skak dan Tatjana Saphira terlihat sangat luar biasa dan bikin penonton tidak henti-hentinya tertawa. Adapun film ini mengisahkan Joko dan Ayu, dua sahabat yang sedang dilanda patah hati.

Keduanya harus menerima kenyataan, bahwa mereka telah dicampakkan oleh orang yang paling dicintai. Tak ingin menyerah begitu saja, Joko dan Ayu berusaha untuk mendapatkan cinta masing-masing. Lalu bagaimana usaha dua sahabat ini mengejar cinta mereka?

13. Warkop DKI Reborn 4

warkop dki 4_

Mengganti para pemerannya dengan aktor muda, totalitas Aliando Syarief, Adipati Dolken, Randy Nidji memang tidak ada duanya.

Menjadi karakter Dono, Kasino dan Indro dalam Warkop DKI Reborn 4 (2021), ketiganya tampil manglingi persis anggota aslinya. Meski tidak bisa melakukan penayangan pertamanya di bioskop, film ini sukses ditayangkan secara global di Disney+ Hotstar.

Filmnya sendiri mengisahkan petualangan Dono (Aliando Syarief), Kasino (Adipati Dolken) dan Indro (Randy Nidji) yang kabur ke Maroko.

Berharap bisa hidup nyaman, mereka malah bertemu dengan Bos mafia bernama Amita Bacem. Sejak saat itu, Warkop DKI selalu dihadapkan dengan para musuh dan berbagi rintangan yang menghalangi jalan mereka.

14. Toko Barang Mantan

Toko Barang Mantan
*

Tristan (Reza Rahadian) meninggalkan kuliahnya untuk membangun sebuah bisnis yang diberi nama Toko Barang Mantan. Toko ini ia dirikan untuk membantu orang-orang yang ingin move on dari mantannya. Toko ini seolah menjadi wadah bagi banyak orang untuk menjual barang yang mengingatkan mereka kepada mantannya.

Setiap barang yang dijual di Toko Barang Mantan selalu memiliki cerita tersendiri. Usaha yang didirikan Tristan dan dua sahabatnya, Amel (Dea Panendra) dan Rio (Iedil Putra), ini semakin berkembang.

Suatu hari Laras (Marsha Timothy), mantan pacar Tristan, datang ke Toko Barang Mantan. Laras datang untuk menjual cincin tunangannya. Kedatangan Laras ternyata cukup mengguncang hidup Tristan yang semula tenang. Tak dapat dipungkiri bahwa jauh di lubuk hatinya Tristan masih menyayangi mantannya itu.

Baca Juga :  Bocoran Harga Dan Spesifikasi Hp Vivo S1 Keluaran Terbaru

15. Mangga Muda

Mangga Muda

Agil (Tora Sudiro) berprofesi sebagai sopir taksi, sedangkan istrinya, Luli (Alexandra Gottardo), bekerja di salon kecantikan. Meskipun sudah menikah lama, mereka berdua belum dikaruniai momongan.

Suatu hari, Agil bernazar jika Luli hamil, maka ia akan menuruti semua keinginan istrinya itu. Tak disangka-sangka, Luli akhirnya hamil. Agil berusaha menuruti semua keinginan Luli. Namun, ketika Luli ngidam sebuah mobil berwarna merah, mau tak mau Agil kelimpungan untuk mewujudkannya.

16. Madu Murni

Madu Murni

Masih soal pernikahan, kali ini penonton diajak untuk melihat rumah tangga antara Irish Bella, Ammar Zoni, dan Aulia Sarah. Film komedi berjudul Madu Murni (2022) menjadi salah satu film garapan sutradara Monty Tiwa yang wajib banget ditonton.

Film produksi Starvision Plus ini mengisahkan seorang pria bernama Mustaqim bersama dengan kedua istrinya. Awalnya, Mustaqim dikenal sebagai guru ngaji yang memiliki penghasilan tidak tetap. Untuk menghidupi keluarganya, pria ini nekat bekerja sebagai penagih utang dan membuat sang istri Murni marah.

Merasa bingung, Mustaqim malah menerima usulan temannya untuk menikah lagi dengan Yati. Memiliki madu, rumah tangga Mustaqim bersama Murni dan Yati diterpa berbagai masalah yang kocak tapi relate.

17. Temen Kondangan

Temen Kondangan
*

Berani datang ke pernikahan mantan nggak? Sebagian orang mungkin ada yang berjiwa besar dan berani menghadiri pernikahan mantannya. Namun, tak sedikit pula yang lebih memilih skip dengan alasan apapun.

Kebimbangan untuk datang ke pernikahan mantan juga dialami oleh Putri (Prisia Nasution). Gadis yang masih melajang itu mendapat undangan dari mantan terindahnya, Dheni (Samuel Rizal). Teman-teman Putri mendorongnya untuk datang. Namun, Putri harus datang dengan ‘gandengan’ agar tidak malu. Pertanyaannya, siapa laki-laki yang akan menemani Putri kondangan ke pernikahan Dheni? 

18. Guru-Guru Gokil

Guru-Guru Gokil
*

Taat Pribadi (Gading Marten) mempunyai impian untuk jadi orang kaya. Definisi sukses bagi Taat adalah punya harta banyak. Atas prinsip tersebut Taat enggan meneruskan profesi ayahnya sebagai guru. Taat lebih memilih merantau ke kota agar bisa menjadi orang sukses.

Bertahun-tahun di kota ternyata Taat belum juga menjadi orang sukses. Ketika pulang ke kampungnya, Taat terpaksa harus menjadi guru di sekolah tempat ayahnya mengajar.

Taat yang sebetulnya membenci profesi guru kini harus mengabdikan diri menjadi guru. Yuk, tonton “Guru-Guru Gokil” untuk mengetahui nasib Taat selanjutnya!

19. Sabar Ini Ujian

Sabar Ini Ujian
*

Sabar (Vino G. Bastian) selalu terbangun di hari yang sama, yakni hari di mana mantan kekasihnya menikah. Pria itu benar-benar ‘terpenjara’ pada hari tersebut, tepatnya tanggal 11 April 2020.

Awalnya Sabar mengira dirinya hanya bermimpi atau sekedar mendapat prank dari teman-temannya. Namun setelah dicermati ia memang pure selalu terbangun di hari yang sama. Agar bisa keluar dari hari tersebut Sabar akhirnya mencari tahu penyebab mengapa dirinya harus mengalami hal ini.

20. Bucin

Bucin
*

Empat orang sahabat – Andovi, Jovi, Chandra, dan Tommy – merasa bahwa dirinya bucin alias budak cinta. Untuk menjadi orang yang tidak bucin, mereka berinisiatif untuk mengikuti sebuah kelas anti-bucin.

Kelas anti-bucin digagas oleh Vania (Susan Sameh), lulusan S2 psikologi dengan spesialisasi cinta. Metode yang dipakai di kelas tersebut ternyata tidak lazim. Konsep yang dipakai di kelas anti-bucin adalah konsep escape room yang membuat para pesertanya ingin berhenti karena merasa tidak sanggup.